kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45908,54   -10,97   -1.19%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Catat 7 Manfaat Bunga Melati untuk Kesehatan, Apa Saja?


Senin, 16 Oktober 2023 / 12:06 WIB
Catat 7 Manfaat Bunga Melati untuk Kesehatan, Apa Saja?
ILUSTRASI. Manfaat bunga melati untuk kesehatan.


Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Ada sejumlah manfaat bunga melati untuk kesehatan tubuh yang jarang diketahui. Padahal, manfaat bunga melati untuk kesehatan telah terbukti khasiatnya.

Bunga melati, atau yang sering disebut sebagai Jasminum sambac, adalah salah satu jenis bunga yang memiliki keindahan dan keharuman yang memikat. 

Bunga ini telah lama digunakan dalam berbagai budaya sebagai lambang kecantikan, cinta, dan kesuburan. Namun, selain nilai estetisnya yang mempesona, bunga melati juga memiliki manfaat kesehatan yang luar biasa.

Baca Juga: Catat 7 Manfaat Daun Sirsak untuk Kesehatan yang Luar Biasa

Merangkum dari WebMD, berikut beberapa manfaat bunga melati untuk kesehatan tubuh:

1. Mengurangi Stres dan Kecemasan

Bau harum bunga melati telah lama diketahui memiliki efek menenangkan pada pikiran dan tubuh manusia. Aroma bunga melati dapat merangsang sistem saraf parasympathetic, yang mempromosikan perasaan relaksasi dan ketenangan. Oleh karena itu, minyak esensial bunga melati sering digunakan dalam aromaterapi untuk meredakan stres, kecemasan, dan depresi. Menghirup aroma bunga melati juga dapat membantu memperbaiki kualitas tidur.

Baca Juga: 10 Manfaat Teh Hitam untuk Kesehatan Tubuh yang Tidak Terduga

2. Meredakan Masalah Tidur

Salah satu manfaat kesehatan bunga melati yang paling terkenal adalah kemampuannya untuk membantu tidur yang lebih baik. Baunya yang harum dan menenangkan dapat membantu merilekskan pikiran dan mengurangi stres, yang seringkali menjadi penyebab gangguan tidur. Sebuah cangkir teh bunga melati sebelum tidur dapat membantu mengatasi insomnia dan meningkatkan kualitas tidur.

3. Mengurangi Rasa Sakit

Minyak esensial bunga melati juga memiliki sifat anti-inflamasi dan analgesik yang dapat membantu mengurangi rasa sakit. Minyak bunga melati dapat dioleskan pada kulit untuk meredakan nyeri otot, nyeri sendi, atau sakit kepala. Penggunaan topikal ini dapat memberikan perasaan lega dan kenyamanan.

Baca Juga: 6 Manfaat Bunga Telang untuk Kesehatan dan Cara Mengkonsumsinya

4. Memperbaiki Sirkulasi Darah

Bunga melati juga dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah. Dengan meningkatkan aliran darah, bunga melati dapat membantu mengurangi tekanan darah tinggi dan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular. Minum teh bunga melati secara teratur dapat membantu menjaga kesehatan jantung.

5. Antioksidan Alami

Bunga melati mengandung senyawa antioksidan, seperti flavonoid, yang membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Antioksidan ini dapat membantu mengurangi risiko penyakit kronis, termasuk kanker, diabetes, dan penyakit jantung.

Baca Juga: Kenali 6 Manfaat Lengkuas Untuk Kesehatan yang Menarik Perhatian Diketahui

6. Meredakan Gangguan Pencernaan

Bunga melati telah digunakan dalam pengobatan tradisional untuk meredakan gangguan pencernaan, seperti sakit perut, kembung, dan diare. Minum teh bunga melati dapat membantu meredakan gejala tersebut dan mempromosikan pencernaan yang sehat.

Baca Juga: Kenali 6 Manfaat Waluh Hijau Untuk Kesehatan dan Khasiat yang Luar Biasa

7. Meningkatkan Kesehatan Kulit

Ekstrak bunga melati sering digunakan dalam produk perawatan kulit karena sifat anti-inflamasi dan antimikroba. Bunga melati dapat membantu mengurangi jerawat, peradangan kulit, dan infeksi. Selain itu, bunga melati juga dapat membantu menjaga kulit tetap lembut dan segar.

Bunga melati adalah salah satu bunga yang indah dan harum yang memberikan manfaat kesehatan yang beragam. Dengan mengintegrasikan bunga melati ke dalam gaya hidup sehari-hari, baik melalui minum teh, aromaterapi, atau perawatan kulit, kita dapat merasakan manfaat kesehatan dan kesejahteraan yang diberikan oleh bunga yang memikat ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×