kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45908,54   -10,97   -1.19%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

10 Manfaat Buah Stoberi untuk Kesehatan dan Khasiat yang Luar Biasa


Senin, 16 Oktober 2023 / 12:06 WIB
10 Manfaat Buah Stoberi untuk Kesehatan dan Khasiat yang Luar Biasa
ILUSTRASI. Manfaat buah stroberi untuk kesehatan.


Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Banyak manfaat buah stroberi untuk kesehatan tubuh dan khasiat yang luar biasa. Tidak hanya itu, manfat buah stroberi juga telah terbukti oleh berbagai uji klinis.

Buah stroberi adalah buah yang lezat dan berwarna merah cerah, yang seringkali menjadi pilihan favorit di berbagai hidangan penutup, salad, atau sebagai camilan sehat. 

Tapi selain rasanya yang enak, stroberi juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh.

Baca Juga: Catat 7 Manfaat Daun Sirsak untuk Kesehatan yang Luar Biasa

Melansir dari BBC Good Food, berikut beragam manfaat buah stroberi untuk kesehatan tubuh:

1. Sumber Antioksidan yang Kuat

Stroberi adalah sumber antioksidan yang sangat baik, terutama mengandung vitamin C, flavonoid, dan asam elagik. Antioksidan ini membantu melindungi tubuh dari kerusakan oksidatif yang disebabkan oleh radikal bebas. Dengan mengonsumsi stroberi secara teratur, Anda dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mengurangi risiko penyakit kronis seperti kanker, penyakit jantung, dan diabetes.

Baca Juga: 10 Manfaat Teh Hitam untuk Kesehatan Tubuh yang Tidak Terduga

2. Mendukung Kesehatan Jantung

Kandungan serat, kalium, dan antioksidan dalam stroberi membantu menjaga kesehatan jantung. Serat membantu mengurangi kadar kolesterol dalam darah, sedangkan kalium membantu mengatur tekanan darah. Selain itu, zat-zat alami dalam stroberi juga dapat membantu mengurangi peradangan dalam arteri, yang merupakan faktor risiko penyakit jantung.

3. Menyehatkan Kulit

Vitamin C dalam stroberi membantu memproduksi kolagen, yang penting untuk kesehatan kulit. Kolagen adalah protein yang menjaga kulit tetap kencang dan elastis. Dengan mengonsumsi stroberi, Anda dapat membantu menjaga kulit tetap muda, mencegah kerutan, dan mengatasi masalah kulit seperti jerawat.

Baca Juga: 6 Manfaat Bunga Telang untuk Kesehatan dan Cara Mengkonsumsinya

4. Menjaga Berat Badan yang Sehat

Stroberi adalah buah rendah kalori dan kaya serat, sehingga dapat membantu Anda merasa kenyang lebih lama. Ini bisa membantu dalam pengendalian berat badan dan mengurangi keinginan untuk makan makanan ringan yang tidak sehat.

5. Meningkatkan Fungsi Otak

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa antioksidan dalam stroberi dapat membantu meningkatkan kognisi dan melindungi otak dari kerusakan oksidatif. Ini dapat membantu mengurangi risiko penyakit neurodegeneratif seperti Alzheimer.

Baca Juga: Kenali 6 Manfaat Lengkuas Untuk Kesehatan yang Menarik Perhatian Diketahui

6. Menjaga Kesehatan Mata

Kandungan vitamin C dan antioksidan lainnya dalam stroberi juga dapat membantu menjaga kesehatan mata. Mereka dapat membantu mengurangi risiko penyakit mata seperti katarak dan degenerasi makula.

7. Mendukung Sistem Pencernaan

Serat dalam stroberi membantu meningkatkan kesehatan pencernaan dengan mencegah sembelit dan menjaga keseimbangan bakteri baik dalam usus.

Baca Juga: Kenali 6 Manfaat Waluh Hijau Untuk Kesehatan dan Khasiat yang Luar Biasa

8. Mengurangi Peradangan

Antioksidan dan senyawa anti-inflamasi dalam stroberi dapat membantu mengurangi peradangan dalam tubuh, yang dapat menjadi penyebab berbagai masalah kesehatan kronis.

9. Menyehatkan Gigi

Asam malat dalam stroberi dapat membantu menghilangkan noda pada gigi dan memutihkan gigi secara alami. Namun, perlu diingat untuk tidak mengonsumsi stroberi berlebihan, karena asamnya dapat merusak enamel gigi.

Baca Juga: Catat 10 Manfaat Jeruk Bali Untuk Kesehatan yang Luar Biasa

10. Menyediakan Nutrisi Penting

Selain vitamin C, stroberi juga mengandung vitamin A, vitamin K, folat, dan mineral seperti kalium, mangan, dan magnesium. Semua nutrisi ini penting untuk menjaga tubuh berfungsi dengan baik.

Dengan berbagai manfaat kesehatan ini, stroberi adalah buah yang patut dimasukkan ke dalam diet sehari-hari. Namun, pastikan untuk memasukkannya dalam kerangka diet seimbang, dan jika Anda memiliki alergi atau masalah kesehatan tertentu, konsultasikan dengan dokter sebelum mengonsumsinya secara berlebihan. Selalu penting untuk menjaga keseimbangan dalam konsumsi makanan untuk mendapatkan manfaat terbaik bagi kesehatan Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×