kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45892,58   -2,96   -0.33%
  • EMAS1.324.000 -0,68%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Manfaat Bawang Putih untuk Kolesterol, Cek Juga Jus Penurun Kolesterol,


Selasa, 17 Oktober 2023 / 06:33 WIB
Manfaat Bawang Putih untuk Kolesterol, Cek Juga Jus Penurun Kolesterol,
ILUSTRASI. Manfaat Bawang Putih untuk Kolesterol, Cek Juga Jus Penurun Kolesterol,


Reporter: Adi Wikanto | Editor: Adi Wikanto

Jus Penurun Kolesterol - Jakarta. Selain minum obat-obatan, cara menurunkan kolesterol dapat dilakukan dengan alami. Cara alami menurunkan kolesterol antara lain dengan konsumsi bawang putih dan minum jus penurun kolesterol.

Bawang putih adalah rempah-rempah di dapur yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Diberitakan Kompas.com, salah satu manfaat bawang putih untuk kesehatan adalah membantu menurunkan darah tinggi dan kolesterol.

Menurut Healthline, salah satu penelitian menemukan bahwa mengonsumsi bawang putih selama 1 hingga 3 bulan, dapat membantu menurunkan kadar kolesterol darah. Meski demikian, ada juga penelitian yang menunjukkan bawang putih tidak berpengaruh dalam menurunkan kolesterol.

Manfaat bawang putih untuk menurunkan kolesterol

Bawang putih mentah mengandung zat yang disebut alliin, yang akan berubah menjadi senyawa berbasis belerang yang disebut allicin ketika terkena udara. Penelitian telah mengaitkan allicin dengan banyak manfaat kesehatan, termasuk pengurangan kolesterol jahat, peningkatan kekebalan, dan menurunkan tekanan darah.

Baca Juga: 3 Jenis Teh Ini Merontokkan Kolesterol Jahat dan Tekanan Darah Tinggi

Dilansir dari laman Medical News Today, ekstrak bawang putih kyolic, sejenis ekstrak bawang putih tua, memberikan manfaat paling konsisten dalam menurunkan kadar kolesterol total dibandingkan jenis bawang putih lainnya. Ada kemungkinan bubuk dan minyak bawang putih masih memiliki efek menguntungkan pada kadar kolesterol.

Ulasan tahun 2020 menyebutkan beberapa penelitian yang menunjukkan ekstrak bawang putih hitam tua mengurangi kolesterol jahat dan peningkatan kadar kolesterol baik. Penelitian lain menunjukkan bahwa bubuk bawang putih yang dihancurkan tidak efektif dalam menurunkan kadar kolesterol darah.

Hal tersebut bisa menyebabkan hilangnya allicin selama pemrosesan. Oleh karena itu, para peneliti lebih memilih bawang putih mentah selama penelitian kadar kolesterol.

Dosis dan cara konsumsi bawang putih untuk menurunkan kolesterol

Dikutip dari laman Verywell Health, sebagian besar penelitian yang meneliti efektivitas bawang putih dalam menurunkan kolesterol melibatkan dosis antara 500 hingga 1.000 miligram per hari. Bawang putih mentah umumnya diresepkan satu hingga dua siung per hari. Dan bawang putih dapat dikonsumsi dengan atau tanpa makanan.

Sebagai aturan umum, jangan pernah mengonsumsi suplemen lebih dari dosis yang dianjurkan pada label produk. Selain itu, pilihlah merek yang telah diuji secara independen oleh badan sertifikasi seperti untuk membantu memastikan suplemen tidak tercemar dan aman dikonsumsi.

Baca Juga: Ciri-Ciri Kolesterol Telah Memicu Jantung Koroner & Makanan Baik Untuk Penderita

Sebuah penelitian kecil selama 8 minggu menunjukkan bahwa mengonsumsi 20 gram bawang putih dan 1 sendok makan jus lemon setiap hari menurunkan kadar kolesterol darah dan tekanan darah. Penelitian menunjukkan bahwa setengah hingga 1 siung (3–6 gram) bawang putih per hari dapat menurunkan kadar kolesterol seseorang sekitar 10 persen.

Sebuah studi tahun 2018 menemukan bahwa mengonsumsi tablet yang setara dengan 2 gram bawang putih mentah yang dihancurkan dapat memberikan manfaat. Namun, kemampuan allicin dalam bawang putih untuk masuk ke aliran darah seseorang dapat berbeda-beda tergantung suplemen yang digunakan dan dengan cara apa seseorang mengonsumsinya.

Jus penurun kolesterol

Sejumlah buah-buahan bisa dibuat jus sebagai penurun kolesterol. Tak hanya buah, ada cara lain untuk menurunkan kolesterol tinggi tanpa obat.

Jus penurun kolesterol bisa dibuat sendiri dari buah-buahan tertentu. Jus penurun kolesterol ini bisa menjadi alternatif untuk mengatasi kolesterol tinggi selain konsumsi obat dokter.

Kompas.com, memberitakan, kolesterol tinggi wajib diturunkan untuk mencegah sejumlah gangguan kesehatan. Menurut WebMD, contoh penyakit yang dapat Anda derita akibat kolesterol tinggi:

  • Tekanan darah tinggi: karena kolesterol tinggi bisa memicu peradangan dan pelepasan hormon tertentu.
  • Penyakit jantung: kolesterol tinggi menumpuk menjadi plak di dinding arteri koroner di jantung.
  • Stroke: plak kolesterol menumpuk dan mempersempit arteri sekitar otak, menyebabkan aliran darahnya terhambat.
  • Penyakit vaskular perifer: efek kolesterol tinggi yang memengaruhi aliran darah ke kaki Anda.
  • Disfungsi ereksi: kolesterol tinggi yang membentuk plak memicu penyempitan pembuluh darah kecil di penis ketika seharusnya meregang untuk memungkinkan ereksi.
  • Penyakit alzheimer: kolesterol tinggi dalam darah mempercepat pembentukan plak beta-amyloid (protein lengket yang merusak otak)

Merangkum pemberitaan Kontan.co.id sebelumnya, berikutnya beberapa jus penurun kolesterol tinggi:

Stroberi

Jus penurun kolesterol tinggi yang pertama adalah jus stroberi. Melansir Good Housekeeping, stroberi mengandung banyak polifenol. Polifenol adalah salah satu senyawa yang bisa Anda temukan di bahan alami yang membantu menjaga kesehatan sistem kardiovaskular.

Tomat

Jus penurun kolesterol tinggi yang kedua adalah jus tomat. Jika Anda mencari cara menurunkan kolesterol, maka makan tomat secara teratur termasuk salah satu langkah yang perlu Anda coba. Salah satu jenis antioksidan yang terdapat dalam tomat mampu menurunkan kolesterol jahat. Bukan cuma itu, tomat juga dipenuhi dengan nutrisi lain, misalnya, vitamin C.

Raspberry

Jus penurun kolesterol tinggi yang ketiga adalah jus raspberry. Raspberry, termasuk dalam daftar buah penurun kolesterol. Alasannya karena segelas raspberry mengandung 8 g serat sehingga rutin mengonsumsi jenis buah itu dapat mengurangi jumlah kolesterol jahat. Selain itu, mengonsumsi serat juga baik untuk kesehatan sistem pencernaan.

Apel

Jus penurun kolesterol tinggi yang keempat adalah jus apel. Sama seperti buah sebelumnya, manfaat apel itu berasal dari kandungan antioksidan yang ada di dalamnya. Untuk memaksimalkan efeknya, usahakan untuk mengonsumsi apel bersama dengan kulitnya, ya.

Alpukat

Jus penurun kolesterol tinggi yang kelima adalah jus alpukat. Good Housekeeping merekomendasikan alpukat sebagai penurun kolesterol. Ada banyak nutrisi penting dalam alpukat yang baik untuk kesehatan sistem kardiovaskular. Mulai dari lemak tak jenuh hingga serat.

Itulah jus penurun kolesterol serta manfaat bawang putih untuk menurunkan kolesterol. Ingat, bahan alami ini hanyalah membantu menurunkan kolesterol, bukan sebagai pengganti obat kolesterol dari dokter.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Accounting Mischief Practical Business Acumen

[X]
×