kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45938,95   10,59   1.14%
  • EMAS1.335.000 1,06%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Manfaat Nanas Penurun Kolesterol, Cek Cara Mengatasi Kolesterol Tanpa Obat


Selasa, 18 Juli 2023 / 08:09 WIB
Manfaat Nanas Penurun Kolesterol, Cek Cara Mengatasi Kolesterol Tanpa Obat
ILUSTRASI. Manfaat Nanas Penurun Kolesterol, Cek Cara Mengatasi Kolesterol Tanpa Obat


Reporter: Adi Wikanto, Helvana Yulian | Editor: Adi Wikanto

Nanas Penurun Kolesterol - Jakarta. Benarkah nanas penurun kolesterol? Simak cara mengatasi kolesterol tanpa obat.

Banyak yang bertanya, apakah nanas penurun kolesterol? Hal ini karena setelah makan daging merah, orang disarankan makan buah nanas untuk mencegah kolesterol naik.

Lalu, apakah nanas penurun kolesterol tinggi?

Dilansir dari Kompas.com, HealthifyMe menyebutkan nanas adalah buah kaya serat yang bisa memberikan manfaat sebagaui penurun kadar kolesterol dalam aliran darah secara alami. Nanas segar juga mengandung vitamin B6 yang bisa mendorong pembentukkan sel darah merah.

Grid.id juga menyebut, buah nanas penurun kolesterol. Hal ini karena buah nanas memiliki kandungan zat bromelain yang berfungsi untuk mencerna protein dan mencegah kelebihan lemak dalam darah, sehingga dapat melancarkan sirkulasi darah dan kadar kolesterol.

Namun demikian, mengonsumsi nanas untuk tujuan menurunkan kolesterol tetap tidak boleh berlebih, karena dapat memberikan beberapa efek samping lainnya yang kurang baik untuk tubuh, seperti rasa gatal, alergi, dan kerusakan gigi.

Baca Juga: Apakah Durian Mengandung Kolesterol? Cek Makanan Penyebab Kolesterol Tinggi

Resep jus nanas penurun kolesterol

Kompas.com mengulas ada resep terbaik jus nanas penurun kolesterol tinggi. Resep jus nanas penurun kolesterol tinggi ini bersumber dari  buku "Menu Sehat & Lezat Penurun Kadar Kolesterol" (2019) oleh Tuti Soenardi terbitan PT Gramedia Pustaka Utama.

Berikut resep jus nanas penurun kolesterol tinggi:

Bahan

  • 250 gram nanas, potong
  • 50 gram sawi hijau
  • 2 sdm gula cair
  • Potongan es batu

Cara membuat jus nanas penurun kolesterol adalah blender menjadi satu bahan jus, kecuali es batu. Tambahkan dengan potongan kecil es batu dan hidangkan.

Buah penurun kolesterol

Selain nanas, buah-buahan lain juga bisa menjadi penurun kolesterol. Mengutip dari Mayo Clinic dan Healthline, inilah beberapa buah yang ampuh menurunkan kolesterol, antara lain: 

Baca Juga: Anda Perlu Tahu, 5 Gejala Utama Kolesterol Tinggi Ini Perlu Diwaspadai

1. Apel

Buah yang ampuh menurunkan kolesterol pertama adalah apel. Apel adalah pilihan pertama dari buah penurun kolesterol.  

Pasalnya, apel, terutama kulitnya, mengandung pektin, yaitu serat larut air yang ampuh menurunkan kolesterol.  

Pektin bekerja dengan cara menyerap kolesterol dan lemak jahat di dalam usus halus, untuk dibawa keluar tubuh lewat urine dan feses.  

2. Pisang

Buah yang ampuh menurunkan kolesterol kedua adalah pisang. Konsumsi buah pisang disebut bisa membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah.  

Hal itu terjadi karena kandungan zat insulin pada pisang bisa membantu mengurangi kolesterol yang didapat dari konsumsi makanan.  

Baca Juga: Bisa Dicoba, 5 Olahraga Khusus Ini Bisa Bantu Mengecilkan Lengan

3. Jambu biji

Buah yang ampuh menurunkan kolesterol ketiga adalah jambu biji. 

Kandungan dalam buah jambu biji juga bisa membantu melindungi jantung, terutama dari kerusakan akibat radikal bebas.  

Selain itu, kandungan kalium dan serta yang ada dalam buah ini juga bisa membantu menurunkan kadar kolesterol jahat, tekanan darah, serta meningkatkan kadar kolesterol baik.   

4. Alpukat

Buah yang ampuh menurunkan kolesterol keempat adalah alpukat. Alpukat adalah sumber lemak tak jenuh tunggal yang baik untuk kesehatan jantung.  

Salah satu buah penurun kolesterol ini juga kaya akan vitamin, mineral, serta senyawa yang menghambat penyerapan kolesterol dalam tubuh.  

Baca Juga: Moms, Ini Manfaat Kacang Panjang untuk Kesehatan dan Cara Tepat Mengolahnya

5. Pir

Buah yang ampuh menurunkan kolesterol kelima adalah pir. Pasalnya, buah ini tinggi kandungan serat alaminya.  

Satu buah pir dalam ukuran sedang dapat mencukupi 16% kebutuhan serat harian Anda. Bahkan, nilai serat dari buah pir lebih tinggi daripada buah apel.  

Cara mengatasi kolesterol tanpa obat

Selain nanas, sejumlah bahan alami bisa menjadi cara mengatasi kolesterol tinggi tanpa obat. Diberitakan Kontan.co.id sebelumnya, berikut cara mengatasi kolesterol tanpa obat dengan menggunakan bahan alami:

1. Bawang putih

Cara mengatasi kolesterol tanpa obat yang pertama adalah bawang putih. Mengutip dari E Times, bawang putih mengandung senyawa yang bernama allicin. Senyawa itulah yang berfungsi untuk menurunkan jumlah kolesterol LDL atau kolesterol jahat yang berbahaya untuk kesehatan tubuh.

Cara yang perlu Anda lakukan sangat mudah. Cukup kunyah beberapa siung bawang putih mentah di pagi dan malam hari. Seiring berjalannya waktu, jumlah kolesterol Anda akan menurun sehingga kondisi kesehatan bisa tetap terjaga.

Baca Juga: 5 Manfaat rambut jagung untuk kesehatan: menurunkan darah tinggi sampai asam urat

2. Ketumbar

Cara mengatasi kolesterol tanpa obat yang kedua adalah ketumbar. Jika Anda mencari obat kolesterol alami, tidak ada salahnya untuk mencoba ketumbar. Jenis rempah itu mengandung banyak nutrisi yang mampu mengontrol jumlah kolesterol. Mulai dari antioksidan, vitamin A, hingga vitamin C.

Anda perlu merebus 2 sdt ketumbar dalam air selama dua menit terlebih dahulu. Selanjutnya, saring dan minum air rebusan itu. Untuk mendapat hasil yang maksimal, Anda perlu minum air rebusan itu secara rutin.

3. Kunyit

Cara mengatasi kolesterol tanpa obat yang ketiga adalah kunyit. E Times merekomendasikan kunyit untuk menurunkan jumlah kolesterol dalam tubuh. Anda hanya perlu minum segelas air yang sudah dicampur dengan ½ sdt bubuk kunyit di pagi hari.

Nantinya, jumlah kolesterol akan berkurang sehingga risiko penyumbatan darah dan penyakit jantung bisa berkurang.

4. Cuka apel

Cara mengatasi kolesterol tanpa obat yang keempat adalah cuka apel. Cuka apel termasuk salah satu obat kolesterol yang cukup efektif. Cobalah untuk mengonsumsi segelas air hangat yang dicampur dengan 1 sdm cuka apel setiap hari. Seiring berjalannya waktu, jumlah kolesterol akan turun dan menjadi lebih stabil.

Itulah manfaat nanas penun kolesterol dan cara lain mengatasi kolesterol tanpa obat. Obat kolesterol alami ini adalah obat alternatif yang tidak bisa menggantikan obat dokter. Hubungi dokter jika sakit berlanjut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×