kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Inilah Standar Normal Kolesterol Wanita & Pria, Cek Cara Mengatasi Kolesterol Tinggi


Selasa, 25 April 2023 / 14:07 WIB
Inilah Standar Normal Kolesterol Wanita & Pria, Cek Cara Mengatasi Kolesterol Tinggi
ILUSTRASI. Inilah Standar Normal Kolesterol Wanita & Pria, Cek Cara Mengatasi Kolesterol Tinggi


Reporter: Adi Wikanto | Editor: Adi Wikanto

KONTAN.CO.ID - Jakarta. Kenali standar kolesterol normal pada pria dan wanita. Cek juga cara mengatasi kolesterol tinggi secara alami.

Mengetahui standar kolesterol normal pada pria dan wanita adalah hal penting. Terutama setelah Lebaran, biasanya kadar kolesterol dalam tubuh meningkat karena kebanyakan konsumsi daging dan makanan berlemak.

Lalu berapa standar kolesterol normal pada pria dan wanita?

Dilansir dari website resmi Siloam Hospital, kolesterol adalah senyawa berupa lemak yang diproduksi oleh berbagai sel dalam tubuh, kolesterol dalam tubuh kita berasal dari dua sumber yaitu makanan dan hati.

Meski pada dasarnya tubuh membutuhkan kolesterol untuk menjalankan beberapa fungsi tubuh, namun kadar kolesterol yang terlalu tinggi justru dapat menimbulkan berbagai masalah kesehatan.

Beberapa masalah kesehatan yang dapat terjadi saat kadar kolesterol tinggi di antaranya, gejala stroke, penyakit jantung, dan gangguan sirkulasi darah. Maka dari itu, penting mengetahui standar kolesterol normal dan pemeriksaan kadar kolesterol secara berkala.

Baca Juga: Ini Kadar Kolesterol pada Setiap Bagian Daging Ayam

Standar kolesterol normal berdasarkan jenisnya

Kolesterol terbagi menjadi dua jenis, yaitu kolesterol jahat (LDL) dan kolesterol baik (HDL). HDL berfungsi mencegah terjadinya aterosklerosis (penyempitan pembuluh darah akibat lemak).

Sebaliknya, LDL adalah kolesterol yang menjadi salah satu penyebab utama terjadinya aterosklerosis. Selain LDL dan HDL juga terdapat lemak dalam bentuk lain yang disebut trigliserida.

Nah, berikut standar kolesterol seseorang berdasarkan masing-masing jenis di atas:

1. Kolesterol Baik (HDL)

Kolesterol baik pada tubuh berperan untuk melindungi Anda dari berbagai jenis penyakit jantung. Sehingga, semakin tinggi kadar HDL, maka akan semakin baik bagi kesehatan.

Kadar kolesterol normal untuk HDL yang dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung minimal 60 mg/dL. Dan apabila kadar HDL kurang dari 40 mg/dL tidak akan baik bagi jantung.

2. Kolesterol Jahat (LDL)

Sesuai dengan nama dan sifatnya, kolesterol jahat sebaiknya ada di tingkat rendah atau setidaknya dapat ditoleransi oleh tubuh Anda, yaitu kurang dari 100 mg/dL. Apabila tubuh memiliki tingkat LDL lebih dari 100-129 mg/dL, maka dapat berisiko menyebabkan berbagai masalah kesehatan seperti ateroma, stroke, dan jantung.

3. Trigliserida

Selain LDL, tubuh juga dapat memproduksi lemak bernama trigliserida yang dapat meningkatkan risiko penyakit jantung. Sehingga, Anda disarankan menjaga kadar kolesterol normal pada trigliserida yaitu kurang dari 150 mg/dL. Sementara, batas tinggi kadar trigliserida adalah 150-199 mg/dL, apabila kadarnya melebihi 200 mg/dL maka perlu diwaspadai.

4. Kolesterol Total

Kolesterol total adalah gabungan dari LDL, HDL, dan trigliserida per desiliter darah. Kondisi umum kadar kolesterol seseorang biasanya cukup dilihat dari kolesterol total dan HDL.

Apabila kadar kolesterol total kurang dari 200 mg/dL, maka masih di batas normal. Namun, jika sudah mencapai 200-239 mg/dL termasuk batas tinggi. Dan dikategorikan kolesterol tinggi bila lebih dari 240 mg/dL.

Standar kolesterol normal wanita dan pria

Selain dari jenis-jenisnya, kadar kolesterol juga dapat dilihat berdasarkan jenis kelamin dan usia seseorang. Berikut standar kolesterol normal wanita dan pria berdasarkan usia

1. Standar kolesterol normal wanita dibawah 19 tahun

Standar kolesterol normal wanita dibawah 19 tahun adalah kurang dari 170 mg/dL, dengan kadar LDL di bawah 110 mg/dL dan HDL di atas 45 mg/dL. Dikatakan kolesterol tinggi apabila kadarnya dalam darah mencapai lebih dari 200 mg/dL.

2. Standar kolesterol normal wanita usia 20 tahun dan tiatasnya

Sementara, standar kolesterol normal wanita usia 20 tahun atau lebih adalah 125-200 mg/dL dengan jumlah LDL dibawah 100 mg/dL dan HDL di atas 40 mg/dL. Dikatakan kolesterol tinggi apabila kadarnya dalam darah mencapai lebih dari 239 mg/dL.

3. Standar kolesterol normal pria dibawah 19 tahun

Sama halnya dengan wanita, standar kolesterol normal pria dibawah 19 tahun adalah kurang dari 170 mg/dL, dengan kadar LDL di bawah 110 mg/dL dan HDL di atas 45 mg/dL. Dikatakan kolesterol tinggi apabila kadarnya dalam darah mencapai lebih dari 200 mg/dL.

4. Standar kolesterol normal pria usia 20 tahun dan tiatasnya

Sementara, kadar kolesterol normal pria usia 20 tahun atau lebih adalah 125-200 mg/dL dengan jumlah LDL dibawah 100 mg/dL dan HDL di atas 40 mg/dL. Dikatakan kolesterol tinggi apabila kadarnya dalam darah mencapai lebih dari 239 mg/dL.

Cara mengatasi kolesterol tinggi secara alami

Jika Anda merasakan tanda-tanda kolesterol tinggi atau melebihi standar, harus segera diturunkan. Selain dengan obat, cara mengatasi kolesterol tinggi dapat dilakukan secara alami.

Cara mengatasi kolesterol tinggi secara alami perlu dilakukan sejak dini. Dengan demikian, kolesterol tidak semakin menumpuk dan menimbulkan berbagai penyakit seperti jantung.

Dilansir dari Kompas.com, cara mengatasi kolesterol tinggi secara alami dapat dilakukan dengan konsumsi makanan penurun kolesterol. Makanan penurun kolesterol meliputi:

  • Kacang-kacangan.
  • Biji-bijian.
  • Alpukat.
  • Ikan berlemak.
  • Beri-berian.
  • Cokelat.
  • Bawang putih.
  • Teh.
  • Makanan kedelai.
  • Sayur-sayuran.
  • Apel dan pir.
  • Buah citrus.
  • Pisang.
  • Pepaya.

Berikut masing-masing penjelasan cara mengatasi kolesterol tinggi secara alami:

1. Kacang-kacangan

Dikutip dari HealthLine, kacang-kacangan seperti kenari, almond, dan hazelnut termasuk makanan penurun kolesterol tinggi. Hal itu lantaran kacang-kacang tersebut mengandung kaya akan nutrisi, seperti protein, vitamin B, mineral, dan antioksidan. Selain itu, kacang juga menjadi sumber HDL dan omega-3.

2. Biji-bijian

Biji-bijian seperti biji chia, rami, gandum atau oat, dan barley juga mengandung nutrisi sama halnya dengan kacang-kacangan sehingga termasuk makanan penurun kolesterol tinggi. Nutrisi tersebut seperti mineral, vitamin, serta serat yang bernama betaglukan.

3. Alpukat

Alpukat adalah makanan penurun kolesterol tinggi. Alpukat diketahui mengandung lemak tak jenuh tunggal yang bisa menurunkan kolesterol serta trigliserida di darah. Kedua hal itu juga membantu untuk menjaga kesehatan jantung.

4. Ikan berlemak

Ikan yang mempunyai lemak, seperti salmon dan mackerel merupakan sumber omega-3 yang tinggi. Omega-3 membantu terhindar dari kolesterol dengan meningkatkan HDL. Selain itu, omega-3 juga menurunkan terjadinya peradangan di jantung dan risiko stroke. Oleh karena itu, ikan berlemak bagus dikonsumsi untuk mengatasi kolesterol tinggi secara alami.

5. Beri-berian

Buah beri-berian termasuk makanan penurun kolesterol tinggi. Pasalnya buah beri seperti anggur, stroberi, dan blueberry mengandung serat larut yang disebut dengan pektin. Pektin diketahui dapat menurunkan kolesterol hingga 10 persen dan meningkatkan lemak baik. Selain itu, beri-berian mengandung senyawa antioksidan dan anti-inflamasi yang berperan penting mencegah penyakit jantung dan kronis lainnya.

6. Cokelat

Cokelat juga termasuk makanan penurun kolesterol tinggi. Cocoa yang merupakan kandungan utama dari makanan atau minuman coklat mempunyai manfaat untuk menurunkan kolesterol. Hal itu dikarenakan cocoa mengandung senyawa flavonoid dan membantu meningkatkan HDL.

7. Bawang putih

Bawang putih juga termasuk makanan penurun kolesterol tinggi. Kandungan utama di bawang putih, yakni allicin dapat membantu menurunkan kolesterol dan mengurangi faktor risiko penyakit jantung. Selain itu, allicin juga membantu untuk meredakan tekanan darah tinggi atau hipertensi.

8. Teh

Teh sudah sejak dahulu menjadi minuman pereda berbagai penyakit, salah satunya kolesterol. Hal itu lantaran teh mengandung antioksidan katekin yang tinggi, rasa pahit yang khas dari teh berasal dari antioksidan tersebut.

9. Makanan kedelai

Cara mengatasi kolesterol tinggi secara alami lainnya adalah konsumsi makanan berbahan kedelai. Makanan kedelai seperti tempe dan tahu penting bagi kesehatan tubuh karena manfaatnya yang banyak. Salah satu manfaatnya yakni dapat menurunkan kolesterol dan meningkatkan HDL karena nutrisi yang dikandung, seperti zat besi, kalsium lsitin, isoflavone, xanthine, dan berbagai vitamin.

10. Sayuran

Cara mengatasi kolesterol tinggi secara alami lainnya adalah konsumsi sayuran. Dilansir dari ClevelandClinic, berbagai sayuran segar seperti kubis, brokoli, seledri, asparagus, wortel, atau kembang kol tinggi akan serat dan protein. Dua kandungan tersebut membantu menurunkan kolesterol dengan baik, ditambah dengan rendahnya kandungan kalori yang bisa memicu peningkatan kolesterol.

11. Apel dan pir

Apel dan pir adalah makanan penurun kolesterol tinggi yang bagus. Apel dan pir mengandung serat larut yang bernama pektin, ampuh untuk menurunkan kolesterol. Pektin bekerja dengan menyerap kolesterol di dalam usus halus untuk dibawa kelur tubuh melalui urine dan feses.

12. Buah citrus

Cara mengatasi kolesterol tinggi secara alami lainnya adalah konsumsi buah citrus. Buah-buahan yang termasuk golongan citrus seperti jeruk, lemon, dan jeruk nipis mengandung d-limonene, senyawa yang bermanfaat untuk melarutkan kolesterol. Selain itu, buah citrus juga tinggi kadar vitamin C-nya, yang mencegah penumpukan kadar kolesterol di tubuh.

13. Pisang

Pisang baik untuk dikonsumsi oleh penderit kolesterol tinggi, karena mengandung serat dan zat insulin. Zat insulin tersebut dapat membantu untuk melarutkan kolesterol, sehingga tidak menyumbat aliran darah dan sistem pencernaan.

14. Pepaya

Pepaya merupakan buah dengan kandungan serat yang tinggi untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Selain itu, pepaya juga mengandung antioksidan seperti likopen, vitamin A, vitamin C, dan vitamin E yang juga bisa berperan menurunkan kolesterol.

Itulah standar normal kolesterol bagi wanita dan pria berdasarkan usia serta cara mengatasi kolesterol tinggi secara alami. Selamat mencoba.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×