Ciri-Ciri Kolesterol Telah Memicu Jantung Koroner & Makanan Baik Untuk Penderita

Senin, 26 September 2022 | 04:55 WIB   Reporter: Adi Wikanto
Ciri-Ciri Kolesterol Telah Memicu Jantung Koroner & Makanan Baik Untuk Penderita

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Mari mengenali ciri-ciri kolesterol yang telah membahayakan kesehatan jantung. Kenali pula makanan sehat yang baik untuk penderita kolesterol.

Mengetahui ciri-ciri kolesterol penting karena gejala ini bisa memicu jantung koroner. Jantung koroner dapat membahayakan keselamatan nyawa.

Nah, setelah mengetahui ciri-ciri kolesterol tinggi, penderita perlu konsumsi makanan tertentu. Sejumlah bahan makanan baik untuk penderita kolesterol.

Kolesterol merupakan salah satu jenis lemak yang terdapat dalam. Saat jumlahnya terlalu banyak, kesehatan tubuh Anda bisa terganggu. Penyakit yang rawan terjadi akibat kolesterol tinggi adalah jantung, seperti jantung koroner hingga serangan jantung.

Mengutip Kompas.com, penyakit jantung koroner adalah salah satu penyebab kematian terbanyak di dunia. Ahli kardiologi Stephen Kopeckey mengatakan bahwa penyakit jantung koroner terjadi ketika arteri koroner kesulitan untuk memasok jantung dengan cukup darah, oksigen dan nutrisi.

"Deposit kolesterol atau plak di arteri bisa mengurangi aliran darah ke jantung Anda. Hal inilah yang memicu penyakit jantung koroner," ungkapnya.

Baca Juga: Cek Sekarang, Ini Ciri-Ciri Kolesterol Anda Naik yang Bisa Dilihat Pada Kaki

Penyakit jantung koroner berkembang tanpa ada gejala yang menyertai. Terkadang, orang tidak menyadari bahwa mereka mengalaminya sampai terjadi komplikasi serius.

Sebagai antisipasi, berikut ciri-ciri kolesterol tinggi telah memicu penyakit jantung koroner:

1. Kelelahan dan pusing

Ciri-ciri kolesterol tinggi telah memicu penyakit jantung koroner yang pertama adalah kelelahan dan pusing. Menurut ahli kardiologi Charles Julian, masalah jantung muncul secara berbeda pada pria daripada wanita.

"Serangan jantung pada pria lebih cenderung menyebabkan nyeri dada dan ketidaknyamanan sebagai gejala utama. Serangan jantung pada wanita dapat menyebabkan rasa sakit di area lain seperti punggung, leher, rahang atau perut, bersama dengan sesak napas, pusing dan kelelahan mendadak," jelasnya.

2. Nyeri dada

Ciri-ciri kolesterol tinggi telah memicu penyakit jantung koroner yang kedua adalah nyeri dada. Nyeri dada adalah gejala umum penyakit jantung. "Ketika arteri koroner menyempit, jantung tidak mendapatkan cukup darah yang kaya oksigen," kata Dr. Kopecky.

Jantung seperti pompa yang memasok energi ke seluruh tubuh. Ketika arteri koroner menyempit, maka jantung akan bekerja keras untuk memasuk energi atau darha ke seluruh tubuh. Hal inilah yang akan memicu rasa sakit atau nyeri di dada.

3. Mati rasa

Ciri-ciri kolesterol tinggi telah memicu penyakit jantung koroner yang ketiga adalah mati rasa. Perasaan mati rasa di lengan atau kaki bisa menjadi tanda awal jantung koroner. "Kontributor utama pembentukan plak adalah lemak dan kolesterol," kata Michelle Castiello, ahli kardiologi.

“Plak tersebut bisa pecah dan menyumbat aliran darah. Di jantung, ini menyebabkan serangan jantung. Bila terjadi di ekstremitas, bisa menyebabkan rasa sakit dan mati rasa di kaki dan kaki," tambahnya.

4. Nyeri dan Kram

Ciri-ciri kolesterol tinggi telah memicu penyakit jantung koroner yang keempat adalah nyeri dan kram. Rasa sakit yang tidak dapat dijelaskan bisa menjadi tanda penyakit jantung.

Nyeri atau kram tersebut bisa terjadi di tungkai dan kaki saat berjalan, bahkan berjalan jarak pendek. Pada tahap awal, rasa nyeri dan kram tersebut bisa hilang saat istirahat dan kemudian kembali lagi saat beraktivitas.

Makanan yang baik untuk penderita kolesterol tinggi

Penderita kolesterol tinggi perlu mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat untuk menurunkan kolesterol. Olahraga rutin juga perlu dilakukan agar kolesterol turun.

Selain itu, makan yang baik untuk penderita kolesterol tinggi perlu dikonsumsi secara rutin. Makanan yang baik untuk penderita kolesterol tinggi akan membantu menurunkan kolesterol jahat atau memperbanyak kolesterol baik dalam tubuh.

Diberitakan Kontan.co.id sebelumnya, berikut makanan yang baik untuk penderita kolesterol tinggi:

Apel

Makanan yang baik untuk penderita kolesterol tinggi yang pertama adalah apel. Mengutip dari Common Sense Home (commonsensehome.com), jumlah kolesterol jahat wanita berusia tua turun hingga 23%.

Sedangkan jumlah kolesterol baik atau HDl meningkat hingga 4%. Untuk mendapat hasil tersebut, Anda perlu mengonsumsi apel setiap hari selama enam bulan. Tak hanya menurunkan kolesterol jahat, apel juga mampu menurunkan berat badan hingga sekitar 1.5 kg.

Baca Juga: 8 Obat herbal untuk menurunkan kolesterol yang bahannya mudah didapatkan

Oatmeal

Makanan yang baik untuk penderita kolesterol tinggi yang kedua adalah oatmeal. Serat dalam oatmeal dapat menurunkan kolesterol dan menjaga sistem pencernaan Anda. Supaya manfaatnya lebih terasa, cobalah untuk mengkombinasikannya dengan makanan bergizi yang lain.

Teh Hijau

Bahan makanan yang baik untuk penderita kolesterol tinggi yang lainnya adalah teh hijau. Sebuah penelitian menunjukkan, partisipan yang mengonsumsi enam gelas teh hijau setiap hari mengalami penurunan kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

Buah dengan vitamin C

Makanan yang baik untuk penderita kolesterol tinggi yang keempat adalah buah dengan vitamin C. Jenis vitamin itu berperan sebagai antioksidan sehingga bisa mencegah inflamasi dalam tubuh. Ada banyak buah dengan vitamin C yang bisa Anda konsumsi.

Misalnya, jeruk, lemon, anggur, kiwi, nanas, dan lain sebagainya. Anda pun dapat mengonsumsi suplemen vitamin C. Namun, pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum mengonsumsi suplemen secara rutin, ya. Hal itu dilakukan untuk menghindari efek yang tidak diinginkan.

Itulah ciri-ciri kolesterol tinggi telah memicu jantung koroner serta daftar makanan yang baik dikonsumsi oleh penderita kolesterol tinggi. Jika sakit berlanjut, segera hubungi dokter.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Adi Wikanto

Terbaru