kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45981,35   -8,58   -0.87%
  • EMAS1.142.000 0,35%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kenali 10 Manfaat Buah Kersen Bagi Kesehatan Tubuh, Apa Saja?


Senin, 27 November 2023 / 14:40 WIB
Kenali 10 Manfaat Buah Kersen Bagi Kesehatan Tubuh, Apa Saja?
ILUSTRASI. Manfaat buah kersen untuk kesehatan.


Penulis: Ryan Suherlan

Manfaat Buah Kersen - Banyak manfaat buah kersen bagi kesehatan tubuh yang menarik perhatian diketahui. Namun, cara mengolah dan mengkonsumsi buah kersen juga perlu diperhatikan untuk bisa mendapatkan manfaat buah kersen secara maksimal.

Buah kersen, atau sering juga disebut dengan nama lain yaitu buah ceri, bukan hanya lezat tapi juga kaya akan nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. 

Buah berwarna merah cerah ini memiliki sejumlah manfaat yang dapat meningkatkan kesehatan Anda.

Baca Juga: 8 Manfaat Kacang Hijau Untuk Kesehatan yang Perlu Diketahui, Simak Ini!

Merangkum dari BBC Good Food dan Healthline, berikut beberapa manfaat buah kersen bagi kesehatan tubuh:

1. Antioksidan Tinggi

Kersen kaya akan antioksidan, terutama anthocyanin, yang memberikan warna merah pada buah tersebut. Antioksidan membantu melawan radikal bebas di dalam tubuh, yang dapat menyebabkan kerusakan sel dan berkontribusi pada berbagai penyakit kronis.

Baca Juga: 7 Manfaat Jamur Enoki Untuk Kesehatan yang Tidak Terduga, Apa Saja?

2. Mencegah Radang dan Infeksi

Kandungan antioksidan dan senyawa antiinflamasi dalam kersen dapat membantu mengurangi risiko peradangan dan infeksi. Ini dapat bermanfaat dalam mencegah berbagai penyakit, termasuk penyakit jantung dan arthritis.

3. Menyehatkan Jantung

Zat-zat seperti flavonoid dan serat dalam kersen dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung. Serat membantu mengatur kadar kolesterol dan tekanan darah, sementara flavonoid dapat membantu melancarkan peredaran darah.

Baca Juga: Catat 8 Manfaat Terong Ungu Untuk Kesehatan, Apa Saja?

4. Menyokong Sistem Kekebalan Tubuh

Kersen mengandung vitamin C yang tinggi, yang dikenal dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Vitamin C membantu tubuh melawan infeksi dan mendukung proses penyembuhan.

5. Menjaga Kesehatan Mata

Kersen mengandung beta-karoten, zeaxanthin, dan lutein, yang semuanya bermanfaat untuk kesehatan mata. Senyawa-senyawa ini dapat membantu mencegah degenerasi makula dan menjaga kesehatan mata secara keseluruhan.

Baca Juga: Kenali 8 Manfaat Jus Alpukat Untuk Kesehatan, Sudah Tahu?

6. Mengurangi Risiko Diabetes

Kersen memiliki indeks glikemik rendah, yang berarti mereka dapat membantu mengontrol kadar gula darah. Serat dalam kersen juga dapat membantu mengatur penyerapan gula, membantu mengurangi risiko diabetes tipe 2.

7. Menjaga Berat Badan yang Sehat

Kersen rendah kalori dan tinggi serat, sehingga dapat menjadi pilihan camilan yang baik untuk membantu menjaga berat badan yang sehat. Serat juga membantu memberikan rasa kenyang lebih lama.

Baca Juga: 8 Manfaat Sawi Putih Untuk Kesehatan Tubuh yang Luar Biasa, Cek Yuk!

8. Meningkatkan Kualitas Tidur

Kersen mengandung melatonin alami, suatu hormon yang berperan penting dalam regulasi siklus tidur. Konsumsi kersen atau minum jus kersen dapat membantu meningkatkan kualitas tidur Anda.

9. Melawan Penuaan Dini

Antioksidan dalam kersen dapat membantu melawan tanda-tanda penuaan dini dengan melindungi sel-sel dari kerusakan oksidatif.

Baca Juga: Cek 10 Manfaat Jus Semangka Untuk Kesehatan yang Teruji Secara Klinis

10. Mengandung Nutrisi Penting

Kersen mengandung berbagai nutrisi penting seperti vitamin A, vitamin C, vitamin K, potassium, dan magnesium, yang semuanya berperan penting dalam menjaga fungsi tubuh yang optimal.

Meskipun buah kersen memiliki banyak manfaat kesehatan, tetaplah penting untuk mengonsumsinya sebagai bagian dari pola makan yang seimbang dan sehat. Konsultasikan dengan profesional kesehatan Anda jika Anda memiliki kondisi kesehatan tertentu atau jika memiliki keraguan terkait konsumsi buah kersen dalam jumlah yang berlebihan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×