kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45963,73   -4,04   -0.42%
  • EMAS1.324.000 1,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Catat 10 Manfaat Buah Markisa Bagi Kesehatan yang Menakjubkan


Selasa, 28 November 2023 / 15:44 WIB
Catat 10 Manfaat Buah Markisa Bagi Kesehatan yang Menakjubkan
ILUSTRASI. Buah markisa


Penulis: Ryan Suherlan

Manfaat Buah Markisa - Manfaat buah markisa bagi kesehatan tubuh adalah salah satu hal yang perlu diketahui dan sayang jika dilewatkan. Selain itu, manfaat buah markisa juga telah teruji secara klinis.

Buah markisa, juga dikenal sebagai passion fruit, bukan hanya lezat tetapi juga kaya akan nutrisi yang bermanfaat untuk kesehatan. 

Buah kecil yang biasanya memiliki kulit berwarna ungu atau kuning ini mengandung sejumlah zat bergizi yang dapat memberikan berbagai manfaat bagi tubuh.

Baca Juga: Ini 10 Manfaat Buah Mangga untuk Kesehatan yang Perlu Diketahui

Merangkum dari Medical News Today dan WebMD, berikut berbagai manfaat buah markisa untuk kesehatan:

1. Kaya akan Antioksidan

Buah markisa mengandung antioksidan seperti vitamin C, beta-karoten, dan flavonoid. Antioksidan membantu melawan radikal bebas dalam tubuh, mengurangi risiko penyakit kronis, dan mendukung kekebalan tubuh.

Baca Juga: Daftar 10 Manfaat Bawang Putih Bagi Kesehatan Tubuh yang Luar Biasa

2. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Kandungan vitamin C yang tinggi dalam buah markisa dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Vitamin C berperan dalam pembentukan kolagen, yang mendukung kesehatan kulit, pembuluh darah, tulang, dan membantu tubuh melawan infeksi.

3. Mendukung Kesehatan Mata

Markisa mengandung vitamin A, lutein, dan zeaxanthin yang bermanfaat untuk kesehatan mata. Nutrien ini dapat melindungi mata dari kerusakan oksidatif dan mendukung kesehatan retina.

Baca Juga: Kenali 10 Manfaat Buah Kersen Bagi Kesehatan Tubuh, Apa Saja?

4. Menjaga Kesehatan Jantung

Serat, potassium, dan antioksidan dalam markisa dapat membantu menjaga kesehatan jantung. Serat membantu mengontrol kadar kolesterol, sedangkan potassium membantu mengatur tekanan darah.

5. Membantu Menurunkan Berat Badan

Buah markisa rendah kalori dan tinggi serat, membuatnya menjadi pilihan yang baik untuk mereka yang sedang berusaha menurunkan berat badan. Serat membantu memberikan rasa kenyang lebih lama, sehingga mengurangi keinginan untuk ngemil.

Baca Juga: Ini 10 Manfaat Buah Kelapa Untuk Kesehatan yang Perlu Diketahui

6. Meningkatkan Pencernaan

Serat dalam markisa tidak hanya bermanfaat untuk menurunkan berat badan, tetapi juga mendukung kesehatan pencernaan. Serat membantu mencegah sembelit dan menjaga kesehatan saluran pencernaan secara keseluruhan.

7. Mengandung Nutrisi Penting

Markisa mengandung sejumlah nutrisi penting, termasuk vitamin A, vitamin C, vitamin K, vitamin B6, folat, zat besi, magnesium, dan fosfor. Kombinasi nutrisi ini penting untuk menjaga fungsi tubuh yang optimal.

Baca Juga: 8 Manfaat Buah Kedondong Untuk Kesehatan, Apa Saja?

8. Menyediakan Energi

Kandungan karbohidrat dan gula alami dalam markisa memberikan sumber energi yang baik. Ini dapat membantu meningkatkan stamina dan daya tahan tubuh.

9. Melindungi Kulit

Antioksidan dalam markisa membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan sinar UV dan radikal bebas. Ini dapat membantu menjaga kulit tetap sehat dan mencegah penuaan dini.

Baca Juga: Catat 8 Manfaat Buah Cermai Untuk Kesehatan yang Tidak Terduga

10. Meningkatkan Mood

Kandungan vitamin B6 dalam markisa dapat membantu dalam produksi neurotransmitter seperti serotonin dan melatonin, yang dapat meningkatkan mood dan membantu mengatur pola tidur.

Sebagai bagian dari pola makan seimbang, menambahkan buah markisa ke dalam diet dapat memberikan manfaat kesehatan yang beragam. Namun, seperti halnya dengan makanan lainnya, konsumsilah secara moderat untuk mendapatkan manfaat optimal tanpa mengabaikan variasi nutrisi dari sumber makanan lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×