kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45963,73   -4,04   -0.42%
  • EMAS1.324.000 1,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Simak 7 Manfaat Jus Melon Bagi Kesehatan Tubuh yang Menarik Diketahui


Selasa, 28 November 2023 / 16:35 WIB
Simak 7 Manfaat Jus Melon Bagi Kesehatan Tubuh yang Menarik Diketahui
ILUSTRASI. Manfaat jus melon.


Penulis: Ryan Suherlan

Manfaat Jus Melon  - Simak berbagai manfaat jus melon bagi kesehatan tubuh yang menarik perhatian diketahui. Selain itu, manfaat jus melon juga telah teruji secara klinis.

Jus melon bukan hanya menyegarkan dan lezat, tetapi juga kaya akan nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. 

Melon, yang termasuk dalam keluarga Cucurbitaceae, memiliki banyak varietas, termasuk melon muskmelon, honeydew, dan cantaloupe.

Baca Juga: Ini 10 Manfaat Buah Mangga untuk Kesehatan yang Perlu Diketahui

Merangkum dari PharmEasy, berikut manfaat jus melon bagi kesehatan:

1. Kaya akan Vitamin dan Mineral

Jus melon mengandung sejumlah besar vitamin dan mineral yang esensial untuk kesehatan. Ini termasuk vitamin A, vitamin C, vitamin K, kalium, dan folat. Vitamin A penting untuk kesehatan mata, vitamin C meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan kalium mendukung fungsi jantung dan tekanan darah yang sehat.

Baca Juga: Daftar 10 Manfaat Bawang Putih Bagi Kesehatan Tubuh yang Luar Biasa

2. Antioksidan Tinggi

Melon mengandung antioksidan seperti beta-karoten, lutein, dan zeaxanthin. Antioksidan ini membantu melawan radikal bebas dalam tubuh, yang dapat merusak sel-sel dan menyebabkan berbagai penyakit kronis, termasuk kanker dan penyakit jantung.

3. Meningkatkan Hidrasi

Melon memiliki kandungan air yang tinggi, sehingga jus melon adalah minuman yang sangat baik untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi. Hidrasi yang baik penting untuk fungsi organ tubuh, termasuk pencernaan, penyerapan nutrisi, dan suhu tubuh yang terkontrol.

Baca Juga: Kenali 10 Manfaat Buah Kersen Bagi Kesehatan Tubuh, Apa Saja?

4. Menyehatkan Kulit

Vitamin A dan vitamin C dalam jus melon berperan dalam menjaga kesehatan kulit. Vitamin A membantu mencegah kerusakan kulit dan mempromosikan regenerasi sel, sementara vitamin C membantu produksi kolagen, protein yang menjaga kekencangan dan kelembapan kulit.

5. Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Kandungan kalium dan serat dalam jus melon dapat membantu menurunkan tekanan darah dan kadar kolesterol, mengurangi risiko penyakit jantung. Serat juga membantu menjaga kesehatan sistem kardiovaskular dengan mengurangi penyerapan kolesterol jahat.

Baca Juga: Ini 10 Manfaat Buah Kelapa Untuk Kesehatan yang Perlu Diketahui

6. Mendukung Pencernaan

Serat dalam jus melon membantu menjaga kesehatan saluran pencernaan. Serat membantu melancarkan pencernaan, mencegah sembelit, dan mendukung pertumbuhan bakteri baik dalam usus.

7. Menyegarkan dan Meningkatkan Energi

Jus melon yang segar memberikan energi instan karena mengandung gula alami, elektrolit, dan nutrisi esensial. Ini menjadikannya minuman yang ideal untuk meningkatkan stamina dan mengatasi kelelahan.

Meskipun jus melon memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, penting untuk mengonsumsinya dengan bijak dan sebagai bagian dari pola makan yang seimbang. Konsumsi berlebihan jus buah dapat mengandung kadar gula yang tinggi. Jadi, sebaiknya mengonsumsinya dalam jumlah moderat untuk mendapatkan manfaat kesehatan maksimal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×