kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45963,73   -4,04   -0.42%
  • EMAS1.324.000 1,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Cek 10 Manfaat Kacang Merah Bagi Kesehatan Tubuh, Apa Saja?


Selasa, 28 November 2023 / 16:36 WIB
Cek 10 Manfaat Kacang Merah Bagi Kesehatan Tubuh, Apa Saja?
ILUSTRASI. Kacang merah


Penulis: Ryan Suherlan

Manfaat Kacang Merah  - Banyak manfaat kacang merah bagi kesehatan tubuh yang penting dan menarik diketahui. Selain itu, cara mengolah dan mengkonsumsi kacang merah juga penting diketahui untuk bisa memaksimalkan manfaat kacang merah tersebut.

Kacang merah, atau yang juga dikenal sebagai azuki beans, adalah salah satu jenis kacang-kacangan yang telah lama digunakan dalam berbagai masakan tradisional di berbagai belahan dunia. 

Tidak hanya lezat, kacang merah juga memberikan sejumlah manfaat kesehatan yang signifikan.

Baca Juga: Ini 10 Manfaat Buah Mangga untuk Kesehatan yang Perlu Diketahui

Melansir dari Mayo Clinic, berikut manfaat kacang merah bagi kesehatan:

1. Kaya akan Nutrisi

Kacang merah mengandung berbagai nutrisi penting, termasuk protein, serat, vitamin, dan mineral. Protein sangat penting untuk pembentukan dan perbaikan jaringan tubuh, sedangkan serat membantu menjaga kesehatan pencernaan dan mengurangi risiko penyakit jantung.

Baca Juga: Daftar 10 Manfaat Bawang Putih Bagi Kesehatan Tubuh yang Luar Biasa

2. Sumber Energi

Kacang merah mengandung karbohidrat kompleks, yang memberikan sumber energi yang stabil dan tahan lama. Ini dapat membantu menjaga tingkat energi tubuh tetap stabil, mengurangi rasa lapar secara berlebihan, dan meningkatkan kinerja fisik.

3. Menyehatkan Jantung

Kacang merah dapat membantu menjaga kesehatan jantung karena kandungan serat, kalium, dan antioksidan. Serat membantu menurunkan kadar kolesterol total dan kolesterol LDL (kolesterol jahat), sementara kalium membantu mengatur tekanan darah.

Baca Juga: Kenali 10 Manfaat Buah Kersen Bagi Kesehatan Tubuh, Apa Saja?

4. Mengandung Antioksidan

Kacang merah mengandung senyawa antioksidan seperti flavonoid dan polifenol, yang dapat membantu melawan radikal bebas dalam tubuh. Radikal bebas dapat menyebabkan kerusakan sel dan berkontribusi pada penuaan serta perkembangan penyakit degeneratif.

5. Mendukung Kesehatan Ginjal

Kacang merah dapat membantu menjaga kesehatan ginjal karena kandungan kaliumnya yang dapat membantu mengurangi tekanan darah dan mengurangi risiko penyakit ginjal.

Baca Juga: Ini 10 Manfaat Buah Kelapa Untuk Kesehatan yang Perlu Diketahui

6. Menyokong Sistem Pencernaan

Serat dalam kacang merah membantu meningkatkan fungsi pencernaan dengan mendorong gerakan usus yang sehat dan mencegah sembelit.

7. Menyediakan Zat Besi

Kacang merah adalah sumber zat besi yang baik, yang sangat penting untuk pembentukan hemoglobin dalam darah. Hemoglobin membantu transport oksigen ke seluruh tubuh, mendukung fungsi sel dan organ.

Baca Juga: 8 Manfaat Buah Kedondong Untuk Kesehatan, Apa Saja?

8. Mengelola Berat Badan

Kacang merah dapat menjadi pilihan makanan yang baik untuk mereka yang sedang mencoba mengelola berat badan. Kandungan serat dan protein tinggi dapat memberikan rasa kenyang lebih lama, mengurangi keinginan untuk makan berlebihan.

9. Regulasi Gula Darah

Kacang merah dapat membantu mengontrol kadar gula darah karena seratnya yang lambat dicerna, mengurangi peningkatan gula darah setelah makan.

Baca Juga: Catat 8 Manfaat Buah Cermai Untuk Kesehatan yang Tidak Terduga

10. Mendukung Sistem Kekebalan Tubuh

Nutrisi dalam kacang merah, termasuk vitamin dan mineral, dapat mendukung sistem kekebalan tubuh, membantu melawan infeksi dan penyakit.

Dengan begitu banyak manfaat kesehatan yang ditawarkan oleh kacang merah, memasukkan makanan ini ke dalam pola makan seimbang dapat menjadi langkah positif untuk menjaga kesehatan tubuh secara menyeluruh. Namun, selalu penting untuk berkonsultasi dengan profesional kesehatan sebelum membuat perubahan signifikan dalam pola makan, terutama bagi mereka yang memiliki kondisi kesehatan tertentu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×