kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.405.000   -9.000   -0,64%
  • USD/IDR 15.370
  • IDX 7.722   40,80   0,53%
  • KOMPAS100 1.176   5,28   0,45%
  • LQ45 950   6,41   0,68%
  • ISSI 225   0,01   0,00%
  • IDX30 481   2,75   0,57%
  • IDXHIDIV20 584   2,72   0,47%
  • IDX80 133   0,62   0,47%
  • IDXV30 138   -1,18   -0,84%
  • IDXQ30 161   0,48   0,30%

10 Manfaat Buah Anggur Merah Untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui, Catat Ya!


Rabu, 11 Oktober 2023 / 09:10 WIB
10 Manfaat Buah Anggur Merah Untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui, Catat Ya!
ILUSTRASI. Manfaat buah anggur merah untuk kesehatan.


Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Banyak manfaat buah anggur merah untuk kesehatan tubuh yang jarang diketahui dan luput dari perhatian. Selain itu, cara mengolah dan mengkonsumsi buah anggur juga tidak kalah penting untuk bisa mendapatkan manfaat buah anggur merah secara maksimal.

Buah anggur merah adalah salah satu buah yang paling digemari di seluruh dunia. Selain memiliki rasa yang manis dan segar, buah ini juga kaya akan nutrisi dan memiliki berbagai manfaat kesehatan yang luar biasa. 

Anggur merah mengandung sejumlah senyawa bioaktif yang dapat memberikan perlindungan terhadap berbagai penyakit dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

Baca Juga: 8 Manfaat Kacang Panjang Untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

Melansir dari Healthline, berikut berbagai manfaat buah anggur merah untuk kesehatan tubuh:

1. Kandungan Antioksidan Tinggi

Anggur merah mengandung sejumlah besar antioksidan, terutama resveratrol. Antioksidan ini membantu melawan radikal bebas yang dapat merusak sel-sel dalam tubuh. Konsumsi anggur merah secara teratur dapat membantu melindungi tubuh dari penyakit kronis seperti kanker, penyakit jantung, dan penuaan dini.

Baca Juga: Kenali 5 Manfaat Kulit Sawo Untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

2. Menjaga Kesehatan Jantung

Anggur merah dikenal baik untuk kesehatan jantung. Kandungan resveratrolnya dapat membantu meningkatkan fungsi pembuluh darah, mengurangi peradangan, dan menurunkan kadar kolesterol LDL (kolesterol jahat), sehingga membantu mengurangi risiko penyakit jantung.

3. Mendukung Kesehatan Otak

Resveratrol dalam anggur merah juga telah dikaitkan dengan meningkatnya kesehatan otak. Senyawa ini dapat membantu melindungi sel-sel saraf dari kerusakan, mengurangi risiko gangguan neurodegeneratif seperti Alzheimer dan Parkinson.

Baca Juga: 7 Manfaat Biji Pepaya Untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui, Apa Saja?

4. Menurunkan Risiko Diabetes Tipe 2

Konsumsi anggur merah dalam jumlah moderat dapat membantu mengontrol kadar gula darah. Senyawa-senyawa tertentu dalam buah ini, seperti quercetin, dapat membantu meningkatkan sensitivitas insulin, yang dapat membantu mencegah diabetes tipe 2.

5. Mendukung Sistem Pencernaan

Anggur merah mengandung serat yang baik untuk pencernaan. Serat membantu mengurangi risiko sembelit, memelihara kesehatan usus, dan mencegah penyakit usus seperti divertikulosis. Selain itu, anggur merah juga mengandung senyawa seperti resveratrol dan asam tartarat, yang dapat membantu melawan peradangan dalam sistem pencernaan.

Baca Juga: Kenali 8 Manfaat Buah Nanas Untuk Kesehatan yang Luar Biasa dan Menarik Diketahui

6. Menyehatkan Kulit

Kandungan antioksidan dalam anggur merah dapat membantu melawan tanda-tanda penuaan dini, seperti kerutan dan bintik-bintik usia. Senyawa-senyawa ini juga dapat meningkatkan produksi kolagen, yang diperlukan untuk kulit yang sehat dan kencang.

7. Menurunkan Risiko Kanker

Anggur merah mengandung sejumlah senyawa yang telah dikaitkan dengan perlindungan terhadap berbagai jenis kanker, termasuk kanker mulut, tenggorokan, payudara, dan usus besar. Antioksidan dalam anggur merah dapat membantu mencegah pertumbuhan sel kanker dan peradangan yang terkait dengan penyakit ini.

Baca Juga: Simak Obat Mabuk Perjalanan, Gejala dan Penyebab yang Penting Diketahui

8. Mendukung Kesehatan Mata

Anggur merah mengandung lutein dan zeaxanthin, dua senyawa yang penting untuk kesehatan mata. Senyawa ini dapat membantu melindungi mata dari kerusakan akibat sinar ultraviolet dan mengurangi risiko penyakit mata terkait usia, seperti degenerasi makula.

9. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Anggur merah mengandung vitamin C, yang dikenal sebagai penguat sistem kekebalan tubuh. Mengonsumsi anggur merah dapat membantu tubuh melawan infeksi dan penyakit dengan meningkatkan produksi sel-sel kekebalan.

Baca Juga: 8 Manfaat Buah Mangga Muda Untuk Kesehatan Anda, Catat Ya!

10. Membantu Menjaga Berat Badan yang Sehat

Anggur merah mengandung kalori yang relatif rendah dan serat yang tinggi, sehingga dapat membantu menjaga berat badan yang sehat. Selain itu, resveratrol dalam anggur merah juga telah dikaitkan dengan pengaturan berat badan.

Dalam konsumsi yang seimbang, buah anggur merah dapat menjadi tambahan yang lezat dan bergizi dalam pola makan sehari-hari. Namun, perlu diingat bahwa anggur merah juga mengandung gula alami, jadi sebaiknya konsumsi dalam jumlah yang wajar, terutama bagi mereka yang memiliki masalah gula darah tinggi. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mudah Menagih Hutang Penyusunan Perjanjian & Pengikatan Jaminan Kredit serta Implikasi Positifnya terhadap Penanganan Kredit / Piutang Macet

[X]
×