kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.443.000   4.000   0,28%
  • USD/IDR 15.405   0,00   0,00%
  • IDX 7.812   13,98   0,18%
  • KOMPAS100 1.184   -0,59   -0,05%
  • LQ45 959   0,88   0,09%
  • ISSI 227   0,13   0,06%
  • IDX30 489   0,88   0,18%
  • IDXHIDIV20 590   1,24   0,21%
  • IDX80 134   -0,05   -0,04%
  • IDXV30 139   -1,25   -0,90%
  • IDXQ30 163   0,24   0,15%

Manfaat Buah Anggur Bisa Turunkan Kolesterol, Waspadai Efek Sampingnya


Selasa, 29 Agustus 2023 / 06:08 WIB
Manfaat Buah Anggur Bisa Turunkan Kolesterol, Waspadai Efek Sampingnya
ILUSTRASI. Manfaat Buah Anggur Bisa Turunkan Kolesterol, Waspadai Efek Sampingnya


Reporter: Adi Wikanto, Helvana Yulian | Editor: Adi Wikanto

Manfaat Buah Anggur - Jakarta. Manfaat buah anggur sangat banyak untuk kesehatan. Salah satu manfaat makan buah anggur adalah bisa menurunkan kolesterol. Namun jangan makan buah anggur berlebihan karena bisa menimbulkan efek samping yang merugikan kesehatan.

Anggur memiliki berbagai warna, ada yang merah keunguan, hijau, dan hitam. Rasanya yang sedikit asam dan manis memberikan sensasi segar saat mengonsumsinya.

Tidak hanya segar, anggur juga memiliki manfaat dan khasiat untuk kesehatan tubuh.  

Anggur termasuk buah yang bisa Anda makan dengan berbagai cara. Mulai dari menyantapnya secara langsung, dibuat jus, sampai diolah menjadi kismis. 

Selain bisa Anda olah menjadi berbagai macam makanan, anggur juga memiliki kandungan gizi yang baik untuk tubuh.  

Melansir dari Mayo Clinic, berikut adalah beberapa manfaat buah anggur untuk kesehatan tubuh yang perlu Anda ketahui, antara lain: 

Baca Juga: Simak 6 Manfaat Buah Anggur Untuk Kesehatan Tubuh yang Luar Biasa

1. Menjaga kesehatan mata

Manfaat buah anggur untuk kesehatan tubuh yang pertama adalah menjaga kesehatan mata. 

Buah ini mengandung lutein dan zeaxanthin, dua karotenoid dengan sifat antioksidan yang penting bagi kesehatan mata, dikutip dari Healthline. 

Mengutip dari American Optometric Association, lutein dan zeaxanthin dapat membantu mengurangi risiko penyakit mata kronis seperti katarak dan degenerasi makula pada lansia.  

2. Mengatasi berbagai masalah kulit

Manfaat buah anggur untuk kesehatan tubuh yang kedua adalah mengatasi berbagai masalah kulit. 

Selain rasanya yang segar dan enak manfaat anggur sangat banyak sekali. Senyawa resveratrol pada anggur dapat memperlambat proses penuaan dan mengatasi berbagai masalah kulit.  

Selain itu, kandungan vitamin C juga dapat meningkatkan produksi kolagen, menjaga kekenyalan wajah, dan mencegah keriput.  

3. Mencegah kanker

Manfaat buah anggur untuk kesehatan tubuh yang ketiga adalah mencegah kanker. 

National Library of Medicine menerbitkan artikel yang menyebutkan, kandungan resveratrol dalam anggur dapat membantu mencegah pertumbuhan sel kanker dalam tubuh.  

Resveratrol adalah salah satu jenis antioksidan yang bisa memperlambat pertumbuhan sel tumor dan kanker.   

4. Menurunkan kadar kolesterol

Manfaat buah anggur untuk kesehatan tubuh yang keempat adalah menurunkan kadar kolesterol. 

Anggur berwarna merah memiliki manfaat sebagai cara alami menurunkan kadar kolesterol dan trigliseridatinggi. 

Mengutip dari jurnal Food & Function, kadar kolesterol jahat (LDL) menurun setelah rutin mengonsumsi buah anggur setiap hari.   

Keberhasilan tersebut berkat kandungan resveratrol dan saponin. Kedua zat tersebut bisa menangkap kelebihan kolesterol dalam tubuh sebelum diserap ke dalam darah. 

Baca Juga: Moms, Ini 5 Manfaat yang Didapat dari Mengonsumsi Buah Semangka

5. Mengoptimalkan kinerja ginjal

Manfaat buah anggur untuk kesehatan tubuh yang terkahir adalah mengoptimalkan kinerja ginjal. 

Ginjal merupakan salah satu organ penting dalam tubuh yang berfungsi menetralisir racun dan zat-zat berbahaya dalam tubuh dan mengeluarkannya dalam bentuk keringat atau kotoran.  

Ekstrak anggur dapat membantu proses sekresi tubuh dengan cara mengeluarkan asam berlebihan, sehingga meringankan beban kerja ginjal dan menjaganya tetap sehat.  

Efek samping makan buah anggur

Dilansir dari Kompas.com, meski memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, anggur masuk dalam daftar buah dan sayuran dengan tingkat residu pestisida tertinggi. Selain itu, mengonsumsi anggur terlalu banyak juga dikhawatirkan akan memicu beberapa efek samping bagi kesehatan.

Berikut efek samping makan buah anggur:

1. Sakit perut

Efek samping makan buah anggur yang pertama adalah dapat memicu masalah kesehatan. Dilansir dari laman Eat This, salah satu tanda terlalu banyak makan anggur adalah perut tiba-tiba terasa sakit. Kondisi ini terjadi karena tingginya kadar fruktosa dalam buah, senilai 12,3 gram per cangkir atau sekitar per 125 gram anggur.

Fruktosa adalah gula alami yang terdapat pada buah-buahan, dan dapat menimbulkan gas jika dikonsumsi dalam jumlah tinggi. Sakit perut juga dapat terjadi berkat kandungan tanin pada kulit dan bijinya. Sebab, dalam jumlah tinggi, polifenol alami itu dapat memicu mual dan diare.

Bukan hanya itu, beberapa orang yang sangat sensitif terhadap senyawa dalam buah ini juga mungkin akan mengalami kembung, sembelit, atau diare setelah makan terlalu banyak.

2. Gula darah naik

Efek samping makan buah anggur selanjutnya adalah berpotensi menyebabkan kadar gula darah melonjak. Kenaikan gula darah lantaran buah ini mengandung 23,4 gram gula per cangkir. Namun, buah ini juga mengandung resveratrol, yang menurut penelitian dapat meningkatkan sensitivitas insulin.

Naiknya sensitivitas hormon insulin akan memberikan efek menguntungkan pada kadar gula darah. Penelitian bahkan menyebutkan, mengendalikan hormon ini membantu menurunkan gula darah. Selain itu, anggur juga memiliki indeks glikemik yang relatif rendah. Artinya, buah ini tidak akan menyebabkan gula darah melonjak terlalu banyak, asal dimakan dalam jumlah sedang.

3. Feses berubah warna

Efek samping makan buah anggur yang ketiga adalah dapat mengubah warna feses jadi kehijauan. Feses yang berubah warna menjadi kehijauan setelah makan buah ini dapat disebabkan pigmen alami bernama klorofil.

Klorofil bertanggung jawab atas warna hijau pada tumbuhan, dan terkadang dapat melewati sistem pencernaan tanpa terurai sepenuhnya. Oleh karenanya, saat mengonsumsi anggur hijau atau makanan lain yang mengandung klorofil, sebagian zat ini mungkin tidak tercerna dan membuat feses berwarna kehijauan.

4. Alergi

Efek samping makan buah anggur yang keempat adalah menimbulkan alergi pada orang tertentu. Dilansir dari Livestrong, orang dengan alergi buah ini dapat mengalami gatal-gatal atau bercak merah di kulit setelah memakannya.

Bahkan, dalam kasus parah, gejala alergi mungkin berkembang hingga anafilaksis, reaksi yang parah dan berpotensi mengancam nyawa. Guna mencegah kondisi ini, satu-satunya cara adalah memastikan alergi dengan menjalani tes alergen dari dokter.

Itulah beberapa manfaat makan buah anggur dan efek samping yang harus diwaspadai. Mari makan buah anggur, tapi jangan kebanyakan ya!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management Principles (SCMP) Mastering Management and Strategic Leadership (MiniMBA 2024)

[X]
×