kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45931,55   3,92   0.42%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Cek 10 Manfaat Buah Nangka untuk Kesehatan Tubuh yang Menakjubkan


Rabu, 29 November 2023 / 11:53 WIB
Cek 10 Manfaat Buah Nangka untuk Kesehatan Tubuh yang Menakjubkan
ILUSTRASI. Manfaat buah nangka.


Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Banyak manfaat buah nangka untuk kesehatan tubuh yang menakjubkan. Tidak heran, manfaat buah nangka telah teruji khasiatnya secara klinis.

Buah nangka, atau Artocarpus heterophyllus, bukan hanya lezat dan menyegarkan, tetapi juga kaya akan nutrisi yang memberikan berbagai manfaat bagi kesehatan tubuh. 

Buah ini biasanya tumbuh di daerah tropis dan subtropis, dan telah menjadi bagian penting dari diet masyarakat di berbagai belahan dunia.

Baca Juga: Cek 10 Manfaat Kacang Merah Bagi Kesehatan Tubuh, Apa Saja?

Merangkum dari Everday Health, berikut manfaat buah nangka bagi kesehatan:

1. Sumber Nutrisi yang Kaya

Buah nangka kaya akan nutrisi penting seperti vitamin, mineral, serat, dan antioksidan. Buah ini mengandung vitamin C, vitamin A, vitamin B6, potassium, magnesium, dan mangan, yang semuanya esensial untuk menjaga kesehatan tubuh.

Baca Juga: Ini 7 Manfaat Ginseng Bagi Kesehatan yang Jarang Diketahui

2. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Kandungan vitamin C dalam buah nangka dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Vitamin C berperan dalam produksi sel darah putih dan antioksidan, yang berkontribusi pada perlindungan tubuh terhadap infeksi dan penyakit.

3. Menyehatkan Kulit

Antioksidan dalam buah nangka, termasuk vitamin C, membantu melawan kerusakan akibat radikal bebas yang dapat merusak sel-sel kulit. Konsumsi buah nangka dapat memberikan efek positif pada kesehatan kulit, membuatnya tampak lebih segar dan bercahaya.

Baca Juga: Simak 7 Manfaat Jus Melon Bagi Kesehatan Tubuh yang Menarik Diketahui

4. Mendukung Kesehatan Mata

Kandungan vitamin A dalam buah nangka sangat baik untuk kesehatan mata. Vitamin A diperlukan untuk menjaga kesehatan retina dan dapat membantu mencegah masalah mata seperti rabun senja.

5. Menyokong Kesehatan Jantung

Potassium dalam buah nangka berperan dalam menjaga keseimbangan tekanan darah, sehingga dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung. Serat yang tinggi dalam buah ini juga berkontribusi pada pengelolaan kolesterol darah.

Baca Juga: Catat 10 Manfaat Buah Markisa Bagi Kesehatan yang Menakjubkan

6. Mengurangi Risiko Diabetes

Buah nangka mengandung serat yang membantu mengendalikan kadar gula darah. Konsumsi serat secara teratur dapat membantu mengurangi risiko diabetes tipe 2 dan meningkatkan kontrol gula darah bagi penderita diabetes.

7. Membantu Pencernaan

Serat yang tinggi dalam buah nangka dapat membantu menjaga kesehatan sistem pencernaan. Serat membantu mencegah sembelit dan mendukung fungsi usus yang sehat.

Baca Juga: Kenali 7 Manfaat Buah Manggis Untuk Kesehatan, Apa Saja?

8. Sumber Energi yang Baik

Buah nangka mengandung karbohidrat yang memberikan energi berkelanjutan. Ini menjadikannya pilihan camilan yang sehat dan bermanfaat untuk menjaga stamina sepanjang hari.

9. Mengandung Antioksidan

Antioksidan dalam buah nangka membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas. Perlindungan ini dapat membantu mengurangi risiko penyakit degeneratif, termasuk kanker.

Baca Juga: 8 Manfaat Leci Bagi Kesehatan Tubuh yang Penting Diketahui, Sudah Tahu?

10. Menjaga Keseimbangan Elektrolit

Kandungan potassium dalam buah nangka membantu menjaga keseimbangan elektrolit dalam tubuh, yang penting untuk fungsi saraf dan kontraksi otot yang sehat.

Meskipun buah nangka memiliki banyak manfaat kesehatan, tetaplah konsultasikan dengan profesional kesehatan sebelum membuat perubahan signifikan dalam pola makan Anda, terutama jika Anda memiliki kondisi kesehatan tertentu. Selalu penting untuk menjaga keseimbangan dalam pola makan yang sehat dan beragam.

Selanjutnya: 7 Manfaat Pepaya Untuk Kesehatan Tubuh yang Luar Biasa, Sudah Tahu?

Menarik Dibaca: Cuaca Besok (30/11) di Jakarta Akan Mendung Seharian

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet Managing Customer Expectations and Dealing with Complaints

[X]
×