kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kenali 7 Manfaat Buah Manggis Untuk Kesehatan, Apa Saja?


Selasa, 28 November 2023 / 11:36 WIB
Kenali 7 Manfaat Buah Manggis Untuk Kesehatan, Apa Saja?
ILUSTRASI. Manggis


Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Ada banyak manfaat buah manggis untuk kesehatan tubuh yang perlu diketahui. Tidak hanya itu, manfaat buah manggis juga telah teruji secara klinis.

Buah manggis (Garcinia mangostana) adalah buah tropis yang tumbuh di wilayah Asia Tenggara, terutama di Indonesia, Malaysia, Thailand, dan Filipina. 

Buah ini memiliki kulit tebal berwarna ungu gelap dan daging putih yang lembut, dengan rasa yang unik dan manis.

Baca Juga: Daftar 10 Manfaat Bawang Putih Bagi Kesehatan Tubuh yang Luar Biasa

Merangkum dari Healthline, berikut beberapa manfaat buah manggis untuk kesehatan:

1. Antioksidan Tinggi

Buah manggis mengandung senyawa-senyawa antioksidan tinggi, terutama xanthones. Antioksidan berperan penting dalam melawan radikal bebas yang dapat merusak sel-sel tubuh dan berkontribusi pada proses penuaan dan berbagai penyakit kronis seperti kanker dan penyakit jantung.

Baca Juga: Kenali 10 Manfaat Buah Kersen Bagi Kesehatan Tubuh, Apa Saja?

2. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Kandungan vitamin C dalam manggis membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Vitamin C dikenal sebagai antioksidan yang kuat dan dapat membantu melindungi tubuh dari infeksi dan penyakit.

3. Menjaga Kesehatan Jantung

Buah manggis memiliki potensi untuk mendukung kesehatan jantung. Senyawa-senyawa antiinflamasi dan antioksidan dalam manggis dapat membantu mengurangi peradangan dan risiko penyakit jantung. Selain itu, manggis juga dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dan tekanan darah.

Baca Juga: Ini 10 Manfaat Buah Kelapa Untuk Kesehatan yang Perlu Diketahui

4. Mengatasi Radang Sendi

Xanthones dalam manggis memiliki sifat antiinflamasi yang dapat membantu mengurangi peradangan pada sendi. Ini bisa memberikan manfaat bagi mereka yang mengalami masalah sendi seperti arthritis.

5. Menyehatkan Kulit

Buah manggis juga memiliki manfaat untuk kesehatan kulit. Kandungan antioksidan dan vitamin C dalam manggis dapat membantu melawan tanda-tanda penuaan, mengurangi kerusakan akibat paparan sinar matahari, dan menjaga kelembaban kulit.

Baca Juga: Ini 10 Manfaat Buah Kelapa Untuk Kesehatan yang Perlu Diketahui

6. Mengatasi Masalah Pencernaan

Serat yang terkandung dalam buah manggis dapat membantu meningkatkan fungsi pencernaan dan mencegah masalah pencernaan seperti sembelit. Serat juga dapat membantu menjaga berat badan yang sehat.

Baca Juga: 8 Manfaat Buah Kedondong Untuk Kesehatan, Apa Saja?

7. Potensi Antikanker

Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa senyawa-senyawa dalam manggis memiliki potensi antikanker. Meskipun penelitian ini masih dalam tahap awal, hasilnya menjanjikan dan menunjukkan kemungkinan manggis sebagai agen pencegahan kanker.

Meskipun buah manggis memberikan berbagai manfaat kesehatan, penting untuk diingat bahwa tidak ada satu jenis makanan atau buah yang dapat menggantikan pola makan seimbang. Konsumsilah manggis sebagai bagian dari diet sehat yang mencakup berbagai jenis buah, sayur, biji-bijian, dan protein seimbang. Sebelum mengubah pola makan atau memulai suplemen baru, selalu disarankan untuk berkonsultasi dengan profesional kesehatan untuk mendapatkan saran yang sesuai dengan kebutuhan individu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×