kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

8 Manfaat Leci Bagi Kesehatan Tubuh yang Penting Diketahui, Sudah Tahu?


Selasa, 28 November 2023 / 11:02 WIB
8 Manfaat Leci Bagi Kesehatan Tubuh yang Penting Diketahui, Sudah Tahu?
ILUSTRASI. Leci


Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Manfaat leci bagi kesehatan tubuh adalah salah satu hal yang penting dan menarik diketahui. Selain itu, cara mengolah dan mengkonsumsi leci juga perlu diketahui.

Leci, atau juga dikenal sebagai longan, adalah buah tropis yang tumbuh di sebagian besar wilayah Asia, termasuk Indonesia. 

Buah ini memiliki rasa manis dan menyegarkan, dan tidak hanya enak untuk dinikmati, tetapi juga kaya akan nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Baca Juga: Daftar 10 Manfaat Bawang Putih Bagi Kesehatan Tubuh yang Luar Biasa

Melansir dari PharmEasy, berikut manfaat leci bagi kesehatan tubuh:

1. Sumber Vitamin C yang Baik

Leci merupakan sumber vitamin C yang baik. Vitamin C dikenal sebagai antioksidan yang membantu melawan radikal bebas dalam tubuh. Radikal bebas dapat menyebabkan kerusakan sel dan berkontribusi terhadap penuaan serta perkembangan penyakit. Mengonsumsi leci secara teratur dapat membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh dan menjaga kesehatan kulit.

Baca Juga: Kenali 10 Manfaat Buah Kersen Bagi Kesehatan Tubuh, Apa Saja?

2. Meningkatkan Kesehatan Mata

Buah leci mengandung zat-zat seperti zeaxanthin dan beta-karoten yang bermanfaat untuk kesehatan mata. Zat ini dapat melindungi mata dari kerusakan akibat sinar UV dan membantu mencegah penyakit mata terkait usia.

3. Mengandung Zat Besi

Leci juga mengandung zat besi, yang sangat penting untuk pembentukan sel darah merah dan transportasi oksigen dalam tubuh. Kekurangan zat besi dapat menyebabkan anemia, dan konsumsi leci dapat membantu mencegah kondisi ini.

Baca Juga: Ini 10 Manfaat Buah Kelapa Untuk Kesehatan yang Perlu Diketahui

4. Menyediakan Energi

Leci mengandung karbohidrat dan gula alami yang dapat memberikan energi cepat. Ini membuat leci menjadi camilan yang baik, terutama untuk mereka yang membutuhkan dorongan energi tambahan selama aktivitas fisik atau setelah beraktivitas.

5. Meningkatkan Fungsi Pencernaan

Serat dalam leci membantu meningkatkan fungsi pencernaan. Serat membantu menjaga kesehatan saluran pencernaan, mencegah sembelit, dan mendukung pertumbuhan bakteri baik dalam usus.

Baca Juga: 8 Manfaat Buah Kedondong Untuk Kesehatan, Apa Saja?

6. Menyediakan Nutrisi Penting

Leci mengandung sejumlah nutrisi penting seperti potassium, magnesium, fosfor, dan vitamin B kompleks. Nutrisi-nutrisi ini penting untuk menjaga keseimbangan elektrolit, kesehatan tulang, dan fungsi sistem saraf.

7. Mengandung Antioksidan

Buah leci mengandung antioksidan seperti polifenol, flavonoid, dan tanin. Antioksidan ini dapat membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat stres oksidatif, yang dapat berkontribusi pada perkembangan penyakit kronis.

Baca Juga: Catat 8 Manfaat Buah Cermai Untuk Kesehatan yang Tidak Terduga

8. Membantu Mengelola Stres

Kandungan magnesium dalam leci dapat membantu mengurangi stres dan meningkatkan kualitas tidur. Magnesium memiliki peran penting dalam regulasi neurotransmitter yang berhubungan dengan suasana hati dan tidur.

Meskipun leci memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, penting untuk mengonsumsinya secara seimbang sebagai bagian dari pola makan yang sehat dan seimbang. Selalu konsultasikan dengan ahli gizi atau profesional kesehatan jika Anda memiliki kondisi kesehatan tertentu atau pertanyaan tentang diet Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×