kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,85   -4,08   -0.41%
  • EMAS1.142.000 0,35%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

7 Manfaat Kailan Untuk Kesehatan Tubuh, Sudah Tahu?


Senin, 27 November 2023 / 14:41 WIB
7 Manfaat Kailan Untuk Kesehatan Tubuh, Sudah Tahu?
ILUSTRASI. Manfaat kailan untuk kesehatan tubuh.


Penulis: Ryan Suherlan

Manfaat Kailan - Manfaat kailan untuk kesehatan tubuh adalah salah satu hal yang penting dan menarik diketahui. Selain itu, cara mengolah kailan juga perlu diperhatikan untuk bisa mendapatkan manfaat kailan secara maksimal.

Kailan, atau dikenal juga sebagai kale, merupakan salah satu jenis sayuran hijau yang kaya akan nutrisi dan memiliki sejumlah manfaat bagi kesehatan tubuh. 

Dengan kandungan vitamin, mineral, dan antioksidan yang tinggi, kailan menjadi pilihan yang baik untuk dimasukkan dalam pola makan sehari-hari.

Baca Juga: Kenali 8 Manfaat Jagung Manis Untuk Kesehatan yang Teruji Secara Klinis

Merangkum dari WebMD, berikut manfaat kailan untuk kesehatan:

1. Kandungan Nutrisi Tinggi

Kailan mengandung berbagai nutrisi penting, seperti vitamin A, vitamin C, vitamin K, vitamin B6, folat, dan mangan. Vitamin A penting untuk kesehatan mata, vitamin C berperan sebagai antioksidan yang meningkatkan sistem kekebalan tubuh, sedangkan vitamin K mendukung pembekuan darah dan kesehatan tulang.

Baca Juga: 8 Manfaat Buah Naga Untuk Kesehatan yang Penting Diketahui

2. Antioksidan untuk Melawan Radikal Bebas

Kailan mengandung senyawa antioksidan, seperti beta-karoten, quercetin, dan kaempferol, yang membantu melawan radikal bebas dalam tubuh. Radikal bebas dapat menyebabkan kerusakan sel dan berkontribusi pada berbagai penyakit, termasuk kanker dan penyakit jantung.

3. Mendukung Kesehatan Jantung

Kailan dapat membantu menjaga kesehatan jantung melalui beberapa cara. Kandungan vitamin K dalam kailan membantu mengatur penggumpalan darah, sementara serat dalam sayuran ini membantu menurunkan kadar kolesterol dan menjaga tekanan darah normal.

Baca Juga: Cek 10 Manfaat Jus Semangka Untuk Kesehatan yang Teruji Secara Klinis

4. Menyokong Sistem Kekebalan Tubuh

Vitamin C dalam kailan merupakan nutrisi kunci yang mendukung sistem kekebalan tubuh. Keberadaan antioksidan dalam sayuran ini juga membantu melindungi sel-sel tubuh dari infeksi dan penyakit.

5. Mendukung Kesehatan Mata

Kandungan vitamin A dalam kailan berperan penting dalam menjaga kesehatan mata. Vitamin A diperlukan untuk pembentukan pigmen pada mata yang mendukung penglihatan dalam kondisi cahaya rendah.

Baca Juga: 8 Manfaat Sawi Putih Untuk Kesehatan Tubuh yang Luar Biasa, Cek Yuk!

6. Manfaat Diet dan Penurunan Berat Badan

Kailan merupakan pilihan yang baik untuk mereka yang ingin menjaga berat badan atau menurunkannya. Sayuran ini rendah kalori dan tinggi serat, sehingga memberikan rasa kenyang lebih lama dan mendukung manajemen berat badan.

Baca Juga: Kenali 8 Manfaat Jus Alpukat Untuk Kesehatan, Sudah Tahu?

7. Menjaga Kesehatan Tulang

Vitamin K dalam kailan memiliki peran penting dalam pembentukan dan pemeliharaan tulang. Konsumsi cukup vitamin K dapat membantu mencegah osteoporosis dan menjaga kepadatan tulang.

Kailan adalah sayuran hijau yang sangat bergizi dan penuh manfaat bagi kesehatan tubuh. Dengan mengonsumsi kailan secara teratur, Anda dapat mendukung kesehatan jantung, sistem kekebalan tubuh, mata, tulang, dan masih banyak lagi. Oleh karena itu, jangan ragu untuk menambahkan kailan dalam menu makanan sehari-hari Anda untuk mendapatkan manfaat optimal bagi kesehatan tubuh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×