kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45987,90   -2,03   -0.21%
  • EMAS1.142.000 0,35%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ini 9 Manfaat Buah Sawo Bagi Kesehatan, Sudah Tahu?


Rabu, 29 November 2023 / 11:53 WIB
Ini 9 Manfaat Buah Sawo Bagi Kesehatan, Sudah Tahu?
ILUSTRASI. Manfaat buah sawo


Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Manfaat buah sawo bagi kesehatan nampaknya sudah tidak asing lagi. Selain itu, manfaat buah sawo bagi kesehatan juga telah teruji secara klinis.

Buah sawo, dengan cita rasanya yang manis dan teksturnya yang lembut, bukan hanya menyajikan kenikmatan bagi lidah kita, tetapi juga memberikan sejumlah manfaat kesehatan yang luar biasa. 

Buah sawo ini kaya akan nutrisi dan senyawa bioaktif yang dapat mendukung kesehatan tubuh secara menyeluruh.

Baca Juga: Cek 10 Manfaat Kacang Merah Bagi Kesehatan Tubuh, Apa Saja?

Merangkum dari WebMD, berikut manfaat buah sawo bagi kesehatan:

1. Kaya akan Nutrisi Essensial

Buah sawo mengandung berbagai nutrisi penting seperti vitamin A, C, dan K. Vitamin A baik untuk kesehatan mata, vitamin C berperan dalam sistem kekebalan tubuh, dan vitamin K mendukung pembekuan darah yang sehat.

Baca Juga: Ini 7 Manfaat Ginseng Bagi Kesehatan yang Jarang Diketahui

2. Sumber Antioksidan

Sawo mengandung senyawa antioksidan seperti beta-karoten, lutein, dan zeaxanthin. Antioksidan membantu melawan radikal bebas dalam tubuh, yang dapat mengurangi risiko penyakit degeneratif, termasuk penyakit jantung dan kanker.

3. Menjaga Kesehatan Jantung

Kandungan serat, kalium, dan antioksidan dalam buah sawo dapat membantu menjaga kesehatan jantung. Serat membantu mengatur kadar kolesterol, kalium mendukung tekanan darah normal, sementara antioksidan melindungi pembuluh darah dari kerusakan.

Baca Juga: Simak 7 Manfaat Jus Melon Bagi Kesehatan Tubuh yang Menarik Diketahui

4. Meningkatkan Sistem Pencernaan

Sawo mengandung serat pangan yang penting untuk kesehatan pencernaan. Serat membantu mengatasi masalah pencernaan seperti sembelit dan menjaga kesehatan usus dengan mendukung pertumbuhan bakteri baik.

5. Menyehatkan Kulit

Vitamin A dan antioksidan dalam sawo berperan penting dalam menjaga kesehatan kulit. Mereka membantu mencegah penuaan dini, mengurangi kerusakan akibat paparan sinar matahari, dan meningkatkan elastisitas kulit.

Baca Juga: Catat 10 Manfaat Buah Markisa Bagi Kesehatan yang Menakjubkan

6. Mendukung Fungsi Otak

Kandungan vitamin K dalam sawo diyakini dapat mendukung kesehatan otak. Vitamin K berperan dalam pembentukan mielin, suatu zat yang melapisi serat saraf dan membantu transmisi sinyal saraf.

7. Mengelola Diabetes

Meskipun mengandung gula alami, sawo memiliki indeks glikemik yang rendah dan kaya serat, sehingga dapat membantu mengelola kadar gula darah. Namun, konsumsi harus tetap dalam batas yang wajar.

Baca Juga: Ini 10 Manfaat Buah Mangga untuk Kesehatan yang Perlu Diketahui

8. Mengurangi Risiko Kanker

Kandungan antioksidan dalam sawo dapat membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan yang dapat menyebabkan perkembangan kanker. Antioksidan ini bekerja dengan cara melawan radikal bebas dan meredakan peradangan dalam tubuh.

Baca Juga: 8 Manfaat Leci Bagi Kesehatan Tubuh yang Penting Diketahui, Sudah Tahu?

9. Menjaga Keseimbangan Elektrolit

Buah sawo kaya akan kalium, yang penting untuk menjaga keseimbangan elektrolit dalam tubuh. Ini membantu mengatur tekanan darah, memelihara fungsi otot dan saraf, serta mendukung keseimbangan cairan tubuh.

Dengan segudang manfaat kesehatan yang ditawarkan, buah sawo merupakan pilihan yang lezat dan sehat untuk dimasukkan ke dalam pola makan sehari-hari. Namun, seperti halnya dengan semua makanan, konsumsi yang seimbang dan beragam tetaplah kunci untuk mendapatkan manfaat yang optimal bagi kesehatan tubuh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×