kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45927,64   -927,64   -100.00%
  • EMAS1.325.000 -1,34%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

13 Manfaat Buah Sawo untuk Kesehatan yang Menakjubkan


Rabu, 22 November 2023 / 17:00 WIB
13 Manfaat Buah Sawo untuk Kesehatan yang Menakjubkan
ILUSTRASI. Manfaat buah sawo untuk kesehatan tersebut tidak lepas dari kandungan nutrisinya yang sangat beragam.


Penulis: Virdita Ratriani

KONTAN.CO.ID - Buah sawo adalah salah satu buah yang digemari masyarakat Indonesia karena rasanya manis. Manfaat buah sawo pun ternyata bisa dirasakan dalam berbagai hal, mulai dari kesehatan hingga kecantikan. 

Manfaat buah sawo untuk kesehatan tersebut tidak lepas dari kandungan nutrisinya yang sangat beragam. Beberapa kandungan nutrisi buah sawo adalah adalah energi, protein, lemak, kalsium, karbohidrat, fosfor, dan zat besi. 

Selain itu, buah sawo juga mengandung banyak vitamin seperti vitamin A, vitamin E, vitamin B1, dan vitamin C. Manfaat buah sawo untuk ibu hamil juga dapat membantu mengatasi mual dan pusing di pagi hari. 

Lantas, apa saja manfaat sawo untuk kesehatan? 

Baca Juga: Daftar 15 Buah Pelancar ASI yang Kaya Nutrisi, Moms Wajib Coba

Manfaat buah sawo untuk kesehatan 

Manfaat buah sawo untuk kesehatan

Berikut ini manfaat buah sawo sebagaimana dilansir dari The Times of India dan Netmeds

1. Bagus untuk pencernaan

Pertama, manfaat sawo yakni sangat baik untuk melancarkan sistem pencernaan di usus karena kaya akan kandungan serat. 

Kandungan serat yang tinggi akan meringankan kerja usus dalam mencerna makanan. Selain itu, serat juga membantu bakteri baik di sistem pencernaan bekerja dengan baik.

Dengan memakan sawo, maka Anda bisa terhindar gangguan pencernaan seperti sembelit.

Baca Juga: Yuk Kenali 8 Manfaat Buah Sawo untuk Kesehatan Tubuh yang Luar Biasa

2. Anti-peradangan

Menurut International Journal of Food Science and Nutrition, kandungan tanin yang tinggi menjadikan sawo sebagai agen anti-inflamasi penting.

Tanin membantu memperbaiki kondisi saluran pencernaan dan pencegahan penyakit seperti esofagitis, radang usus, sindrom iritasi usus besar, dan gastritis. 

Manfaat buah sawo juga mengurangi peradangan dengan mengurangi pembengkakan dan nyeri.

3. Obat batuk dan pilek

Manfaat sawo juga bisa dijadikan sebagai obat batuk dan pilek. Senyawa kimia yang ada dalam sawo diketahui bisa membantu mencegah hidung tersumbat.

Selain itu, kandungan senyawa dalam sawo juga bisa menyembuhkan batuk kronis dengan mengeluarkan dahak dan lendir dari saluran hidung dan saluran pernapasan.

Baca Juga: Kenali 10 Manfaat Jeruk Bali Untuk Kesehatan Tubuh yang Luar Biasa

4. Baik untuk tulang

Sawo adalah sumber mineral seperti kalsium, fosfor, dan zat besi. Mineral-mineral tersebut merupakan sumber utama yang dibutuhkan oleh tulang untuk meningkatkan daya tahannya.

Sehingga, manfaat buah sawo bisa membantu dalam meningkatkan dan memperkuat tulang. Selain itu, sawo juga mengandung tembaga yang sangat penting untuk pertumbuhan tulang dan otot.

Kekurangan tembaga meningkatkan kemungkinan osteoporosis, kelemahan otot, kerusakan, dan sendi yang lemah. Studi menunjukkan bahwa asupan tembaga dengan mangan, seng, kalsium memperlambat pengeroposan tulang.

5. Menjaga kesehatan kulit

Manfaat buah sawo juga bisa membantu menjaga kesehatan kulit. Sawo juga kaya nutrisi berupa vitamin E, A, dan C. 

Hal ini membuat salah satu manfaat sawo yakni baik untuk kesehatan kulit dan memiliki sifat pelembab yang luar biasa.

Kehadiran antioksidan seperti asam askorbat, polifenol, dan flavonoid dalam buah sawo juga membantu mengurangi kerutan dan membuat kulit lebih kenyal. 

Baca Juga: 10 Manfaat Daun Sirsak untuk Kesehatan dan Cara Merebus Daun Sirsak

6. Baik untuk rambut

Minyak biji sawo telah diketahui bisa membantu melembabkan kulit kepala dan melembutkan rambut. Manfaat sawo, terutama dari minyak bijinya, juga membantu dalam mengobati rambut rontok akibat dermatitis.

7. Memperkuat sistem kekebalan tubuh

Salah satu manfaat buah sawo juga bagus untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh. Sawo mengandung vitamin A, C, polifenol, dan senyawa antioksidan sapota yang berperan penting dalam membangun sistem kekebalan tubuh.

Selain itu, mengonsumsi sawo juga bisa melindungi tubuh dari mikroba berbahaya dan mengobati pilek dan batuk musiman.

8. Mencegah kanker

Sawo mengandung antioksidan yang dapat melindungi tubuh dari radikal bebas, memerangi stres oksidatif, mencegah pembentukan sel tumor, dan menurunkan risiko terkena beberapa jenis kanker. 

Sawo juga kaya akan vitamin A dan B yang membantu mencegah risiko kanker paru-paru dan mulut. Selain itu, manfaat buah sawo bisa menjadi sumber serat makanan alami yang baik membantu menjaga kesehatan usus dan melindungi tubuh dari kanker usus besar.

Baca Juga: 6 Manfaat Waluh Hijau Untuk Kesehatan dan Kandungan Nutrisi Didalamnya

9. Mengobati anemia

Anemia adalah kondisi kekurangan zat besi terutama dialami perempuan saat menstruasi. Hal ini terjadi karena tubuh tidak mampu memproduksi hemoglobin yaitu sel darah merah yang mengangkut oksigen dan nutrisi ke seluruh sel.

Manfaat buah sawi yakni sarat dengan zat besi dan tembaga membantu meningkatkan kadar zat besi dan mengobati anemia.

10. Mengontrol tekanan darah

Manfaat buah sawo untuk kesehatan yakni dapat membantu mengontrol tekanan darah tinggi.

Jumlah kalium yang cukup dalam sawo dapat membantu menurunkan kadar natrium, melemaskan otot, meningkatkan sirkulasi darah, dan menjaga tekanan darah.

Baca Juga: 5 Manfaat Kunyit Untuk Kesehatan Tubuh yang Wajib Diketahui, Sudah Tahu?

11. Menjaga kesehatan mata 

Manfaat sawo juga bisa membantu menjaga kesehatan mata karena kaya akan vitamin A. Vitamin A adalah bagian penting dari rhodopsin, protein yang ada di mata yang membantu melihat dalam cahaya redup dan meningkatkan penglihatan.

12. Baik untuk artritis

Kandungan tembaga pada sawo juga memiliki sifat anti-inflamasi yang mengurangi nyeri sendi atau artritis. Selain itu, juga bisa memperkuat otot, tulang dan memperbaiki jaringan ikat. 

Nah, manfaat buah sawo tersebut membuatnya baik untuk dikonsumsi oleh penderita radang sendi atau artritis. 

Baca Juga: 10 Manfaat Daun Sirsak untuk Kesehatan yang Menakjubkan

13. Manfaat sawo untuk ibu hamil 

Manfaat buah sawo untuk ibu hamil dapat membantu mengatasi mual dan pusing di pagi hari. Sawo kaya akan vitamin A, C, folat, B6 dan sumber karbohidrat sederhana yang baik. 

Sawo juga kaya akan elektrolit seperti kalium membantu mengatasi mual dan pusing di pagi hari. Hal ini membuat sawo adalah buah yang bagus untuk wanita hamil dan menyusui yang mengisi kembali tingkat energi.  

Sifat antioksidan kuat dalam sawo juga bisa melawan infeksi bakteri, sementara efek anti-inflamasi mengurangi peradangan di usus.

Demikian sejumlah manfaat buah sawo untuk kesehatan dan ibu hamil yang perlu diketahui. 

Selanjutnya: Cara Tepat Konsumsi Suruhan untuk Melumpuhkan Asam Urat Tinggi

Menarik Dibaca: 5 Kebiasaan yang Bisa Meningkatkan Harapan Hidup, Tidur yang Cukup Salah Satunya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet Managing Customer Expectations and Dealing with Complaints

[X]
×