kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45963,73   -4,04   -0.42%
  • EMAS1.324.000 1,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Catat 8 Manfaat Buah Sawo Untuk Kesehatan Tubuh yang Penting Diketahui Saat Puasa


Sabtu, 08 April 2023 / 13:00 WIB
Catat 8 Manfaat Buah Sawo Untuk Kesehatan Tubuh yang Penting Diketahui Saat Puasa


Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Ada beberapa manfaat buah sawo untuk kesehatan tubuh yang penting diketahui saat puasa. Salah satu manfaat buah sawo untuk kesehatan yang menjadi sorotan adalah mampu memberikan energi tambahan.

Buah sawo mengandung banyak nutrisi yang baik dan dibutuhkan oleh tubuh. Sehingga tak heran buah sawo memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. 

Kandungan nutrisi yang terkandung dalam buah sawo di antaranya seperti serat, kalsium, karbohidrat, kalium, vitamin C, vitamin A dan masih banyak lagi kandungan nutrisi lainnya.

Baca Juga: Yuk Kenali 8 Manfaat Buah Mengkudu Untuk Kesehatan yang Penting Diketahui Saat Puasa

Lantas apa manfaat buah sawo untuk kesehatan?

Melansir dari Pharmeasy, simak beberapa manfaat buah sawo untuk kesehatan yang lebih detail, yakni:

1. Sumber Energi

Salah satu manfaat buah sawo yang menarik untuk diketahui adalah bisa dijadikan sebagai sumber energi. Hal tersebut dikarenakan buah sawo menganduug glukosa dan kalori yang efektif menjadi sumber energi instan. Oleh sebab itu, buah sawo cocok untuk dikonsumsi saat laitihan atau olahraga.

Baca Juga: Kenali 7 Manfaat Daun Singkong Untuk Kesehatan yang Penting Diketahui Saat Puasa

2. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Buah sawo juga mengandung banyak vitamin C dan antioksidan yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. salah satunya Polifenol yang ada dalam buah sawo dapat memerangi racun yang merugikan dan menurunkan risiko penyakit.

3. Menjaga Kesehatan Kulit

Kehadiran berbagai vitamin, antioksidan, mineral, dan serat menjadikan sawo salah satu buah yang bagus untuk kulit yang sehat dan bercahaya.

Contohnya, vitamin E dalam buah sawo ini mampu melembabkan kulit Anda, sehingga memberi Anda kulit yang sehat dan bercahaya dan terhindar dari penuaan.

Baca Juga: Ayo Simak 7 Manfaat Bawang Merah Untuk Kesehatan Tubuh, Wajib Tahu!

4. Baik Untuk Kesehatan Rambut

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa buah sawo mengandung banyak nutrisi penting yang dibutuhkan untuk kesehatan, salah satunya rambut.

Minyak yang diekstrak dari biji sawo dapat membantu melembabkan dan melembutkan rambut. Ini paling efektif ketika Anda memiliki rambut keriting yang tidak dapat diatur. Minyak ini juga mengurangi kondisi kulit gatal seperti dermatitis seboroik dan meningkatkan pertumbuhan rambut menjadi lebih sehat.

Baca Juga: Cek 5 Manfaat Jengkol Untuk Kesehatan Tubuh yang Tidak Terduga

5. Meningkat Kesehatan Usus

Manfaat buah sawo selanjutnya yaitu mampu meningkatkan kesehatan usus. Hal tersebut dikarenakan buah sawo kaya akan serat makanan dan senyawa bernama tanin yang menetralkan sekresi asam di usus serta mencegah sembelit dan menurunkan infeksi usus.

6. Baik Untuk Kesehatan Tulang

Buah sawo juga kaya akan kalsium, fosfor dan zat besi yang baik untuk kesehatan tulang. Oleh sebab itu, mengkonsumsi buah sawo secara rutin mampu membuat tulang Anda menjadi lebih kuat.

Baca Juga: 5 Manfaat Kacang Kedelai Untuk Kesehatan Tubuh yang Penting Diketahui, Catat!

7. Baik untuk Kehamilan

Mengkonsumsi buah sawo juga bermanfaat bagi para ibu yang sedang hamil. Pasalnya, buah sawo dapat menjadi sumber karbohidrat dan nutrisi penting lainnya yang bermanfaat selama proses kehamilan. Selain itu, buah sawo juga dapat membantu mengurangi kelemahan dan gejala kehamilan lainnya, seperti mual dan pusing.

Baca Juga: Ayo Kenali 5 Manfaat Buah Bit Untuk Kesehatan Tubuh, Apa Saja?

8. Mengurangi Tekanan Darah

Manfaat buah sawo yang tak boleh terlewatkan yaitu juga dapat mengurangi tekanan darah tinggi. Buah sawo mengandung dua mineral yang penting untuk kesehatan, tekanan darah normal yaitu magnesium dan potasium. Sehingga dengan mengkonsumsi buah sawo secara rutin tekanan darah dapat diatur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×