kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Baik Dikonsumsi saat Berbuka, Ini Segudang Manfaat Buah Kurma untuk Tubuh


Kamis, 23 Maret 2023 / 05:40 WIB
Baik Dikonsumsi saat Berbuka, Ini Segudang Manfaat Buah Kurma untuk Tubuh


Penulis: Tiyas Septiana

KONTAN.CO.ID -  Buah kurma sering merupakan hidangan berbuka yang bisa mengembalikan energi yang terbuang selama berpuasa. Ternyata kurma memiliki banyak sekali manfaat untuk tubuh.

Bersumber dari situs Universitas Medan Area (UMA), kurma memiliki banyak sekali manfaat mulai dari mengatasi masalah pencernaan hingga disfungsi seksual dan diare. 

Buah ini mengandung nutrisi yang tinggi seperti vitamin, mineral, dan serat. Buah kurma yang lezat ini mengandung minyak, kalsium, sulfur, zat besi, potassium, fosfor, mangan, tembaga, dan magnesium. 

Karena kandungannya yang melimpah, kurma merupakan sumber energi, gula, dan serat yang baik. 

Baca Juga: Baik Untuk Fisik dan Mental, Simak Segudang Manfaat Puasa untuk Tubuh Ini

Menurut American Cancer Society, rekomendasi asupan serat harian adalah 20 hingga 35 gram per hari. Jumlah tersebut dapat terpenuhi dengan mengkonsumsi kurma. 

Mengkonsumsi 1 buah kurma per hari juga dipercaya dapat membantu menjaga kesehatan mata seumur hidup.

Berikut ini manfaat dan khasiat kurma untuk kesehatan tubuh, dirangkum dari situs UMA. 

Kesehatan tulang

Kurma mengandung mineral yang tinggi sehingga sangat baik untuk kesehatan dan kekuatan tulang. Buah ini juga baik untuk mencegah pengeroposan tulang atau osteoporosis. 

Kurma mengandung selenium, mangan, tembaga, dan magnesium yang seluruhnya merupakan komponen dari pertumbuhan dan kekuatan tulang, khususnya bagi orang-orang lanjut usia (lansia) dan tulang mereka mulai melemah. 

Jadi, Anda bisa memakan kurma secara rutin rasakan manfaatnya pada tulang Anda.

Membantu mengatasi anemia 

Kurma memiliki kandungan mineral yang sangat tinggi yang bermanfaat untuk bermacam kondisi kesehatan.

Kandungan zat besi yang tinggi pada kurma menjadikannya suplemen diet bagi mereka yang menderita anemia. 

Kandungan tinggi zat besi menyeimbangkan kekurangan zat besi pada pasien anemia, meningkatkan energi dan tenaga, dan disaat yang bersamaan mengurangi rasa lelah dan lesu.

Baca Juga: Ini Dokumen yang Wajib Dibawa Peserta ke Lokasi SNBT 2023, Siapkan dari Sekarang

Konstipasi 

Manfaat kurma selanjutnya adalah mengatasi konstipasi. Kurma umumnya masuk dalam kategori makanan pencuci perut. Inilah sebabnya mengapa kurma sering dikonsumsi oleh orang yang menderita konstipasi. 

Agar efek pencuci perut mencapai tingkat yang diinginkan, rendam kurma dalam air semalam. Kemudian, makan kurma yang telah direndam sehingga menjadi seperti sirup untuk mendapatkan hasil yang optimal. 

Kurma memiliki tingkat serat yang tinggi, yang sangat bermanfaat bagi kesehatan perut dan memperlancar buang air besar, sehingga dapat menyembuhkan gejala konstipasi.

Mengatasi gangguan usus

Kandungan nikotin pada kurma dianggap bermanfaat dalam menyembuhkan berbagai macam gangguan usus. Konsumsi buah kurma secara rutin membantu menghambat pertumbuhan organisme patologis dan membantu menstimulasi bakteri yang bermanfaat bagi tubuh pada usus. 

Untuk masalah pencernaan, kurma mengandung serat yang larut dan tidak larut, serta asam amino yang bermanfaat untuk menstimulasi pencernaan makanan dan membuat pencernaan lebih efisien

Artinya akan lebih banyak nutrisi diserap oleh sistem pencernaan dan memasuki tubuh untuk penggunaan yang benar.

Mengatasi alergi

Salah satu kandungan paling menarik dari buah kurma adalah kandungan sulfur organik. Elemen ini bukanlah elemen umum yang bisa ditemukan pada makanan, namun memiliki manfaat kesehatan yang bermanfaat, termasuk mengurangi reaksi alergi dan alergi musiman. 

Menurut penelitian pada tahun 2002, kandungan sulfur organic dapat memiliki dampak positif pada penderita SAR (Seasonal Allergic Rhinitis), yang mempengaruhi 23 juta penduduk Amerika Serikat. 

Kurma merupakan cara yang sangat baik untuk mengurangi efek yang muncul akibat alergi musiman dikarenakan kontribusi sulfur yang berasal dari kurma.

Baca Juga: 10 Skill Ini Bisa Bikin Fresh Graduate Cepat Dapat Kerja, Simak Apa Saja

Menaikkan berat badan

Kurma mengandung gula, protein, dan vitamin penting lainnya. Jika kurma dikonsumsi bersama dengan adonan mentimun, anda bisa menjaga berat badan anda tetap normal, seimbang, dan tidak terlalu kurus. 

1 Kg kurma mengandung kurang lebih 3.000 kalori, dan kalori pada kurma cukup untuk memenuhi kebutuhan harian tubuh manusia. 

Tentu saja anda perlu mengkonsumsi makanan lain selain kurma. Jika anda memiliki tubuh kurus dan ingin meningkatkan berat badan, mengolah otot tubuh, atau tubuh menjadi lemah karena masalah medis yang serius maka Anda perlu mengkonsumsi kurma.

Meningkatkan energi

Manfaat kurma selanjutnya adalah meningkatkan energi. Hal ini dikarenakan kurma memiliki kandungan gula alami yang tinggi seperti glukosa, fruktosa, dan sukrosa.

 Oleh sebab itu, kurma merupakan camilan yang sangat baik jika anda memerlukan tambahan energi dengan cepat. Banyak orang di dunia mengkonsumsi buah kurma sebagai camilan sore saat mereka merasa ngantuk dan letih.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×