kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Baik Untuk Fisik dan Mental, Simak Segudang Manfaat Puasa untuk Tubuh Ini


Selasa, 21 Maret 2023 / 15:17 WIB
Baik Untuk Fisik dan Mental, Simak Segudang Manfaat Puasa untuk Tubuh Ini
ILUSTRASI. Baik Untuk Fisik dan Mental, Simak Segudang Manfaat Puasa untuk Tubuh Ini. REUTERS/Adnan Abidi/foc/sad.


Penulis: Tiyas Septiana

KONTAN.CO.ID -  Sebentar lagi umat Muslim akan menjalankan ibadah puasa Ramadan tahun 2023. Umat Muslim akan menjalani ibadah ini kurang lebih selama satu bulan lamanya. 

Ibadah puasa diketahui memiliki beragam manfaat baik bagi kesehatan tubuh, baik untuk fisik maupun mental.

Psikolog dari Universitas Gajdah Mada (UGM), Bagus Riyono, menyebutkan bahwa berpuasa bermanfaat untuk meningkatkan kontrol diri.

“Dengan berpuasa kita dilatih delay gratification atau menunda pemuasan dari makan, emosi dan lainnya,” kata Bagus, dikutip dari situs UGM.

Baca Juga: Tata Cara Mendaftar Jalur UTBK-SNBT 2023 yang Dibuka Kamis Ini

Puasa baik untuk fisik dan mental

Dosen Fakultas Psikologi UGM ini mencontohkan menunda pemuasan terkait emosi.  Dengan adanya jeda, tidak impulsif maka akan terjadi penurunan ketegangan atau stres dalam diri.

Disamping itu dikatakan Bagus saat menjalankan puasa, jiwa dilatih untuk disiplin dan tekun sehingga hati merasakan tenang. 

Selain itu puasa juga bisa melatih diri untuk merespons semua hal dengan lebih tengan dengan begitu dapat menurunkan stres dalam diri.

“Puasa Ramadan menjadi momentum untuk bersiap-siap menjalani kehidupan setelah selesai nanti. Jadi jangan sampai mengendalikan diri hanya saat puasa saja, justru ini menjadi latihan mengendalikan diri untuk persiapaan kehidupan setelah puasa,” paparnya.
 
Sementara itu, Dietisien dari FKKMK UGM, Tony Arjuna,, menyampaikan puasa membuat badan secara fisik menjadi semakin sehat. 

Sebab, saat puasa secara fisiologis melatih tubuh dalam pembakaran kalori. Hanya saja ada kebiasaan yang masih salah dijalankan oleh masyarakat dalam pemilihan makanan saat buka dan sahur yang bisa memengaruhi kesehatan dan kebugaran tubuh di saat menjalankan puasa.

“Saat buka puasa makan dalam jumlah yang banyak sehingga menyebabkan gula darah dalam tubuh cepat naik dengan tinggi namun turunnya juga cepat. Hal ini yang tidak sehat untuk badan, adanya jadi lemes dan ngatuk karena caranya kurang tepat,” urainya.

Menurutnya, saat menyantap makanan saat berpuka perlu dilakukan pengaturan makan secara bertahap. Hal itu penting dilakukan supaya energi yang dikeluarkan juga keluar secara bertahap.

Baca Juga: Ini Dokumen yang Wajib Dibawa Peserta ke Lokasi SNBT 2023, Siapkan dari Sekarang

Jenis makanan yang baik dikonsumsi saat puasa

Kemudian apa saja jenis makanan seperti apa yang baik dikonsumsi saat buka dan sahur? 

Tony menganjurkan masyarakat untuk mengonsumsi makanan yang sifatnya lambat dicerna tubuh. Misal untuk protein seperti daging, ikan, ayam. 

Sedangkan sumber karbohidrat dianjurkan untuk memilih dari karbohidrat kompleks seperti nasi merah, ubi, sereal, roti gandum utuh dibanding karbohidrat sederhana seperti nasi putih dan mie. 

Selain itu juga mengonsumsi buah serta sayuran karena memiliki kandungan tinggi serat yang lambat dicerna sehingga bisa kenyang lebih lama.

“Selama puasa agar tetap sehat dan bugar kuncinya bukan makan mahal dan enak. Kuncinya makanan yang bervariasi, semakin variatif maka semakin banyak zat gisi yang diperoleh tubuh,”imbuhnya.

Direktur Halal Research Center Fakultas Peternakan UGM, Nanung Danar Dono, juga menyampaikan bahwa pemilihan dan pengolahan bahan makanan memiliki pengaruh terhadap kesehatan tubuh.

“Pilih bahan yang segar karena kandungan gizinya lengkap dan belum banyak yang rusak. Hindari penggunaan daging basi atau bangkai karena kandungan gizinya tentunya sudah banyak yang berkurang dan berpotensi menimbulkan penyakit,” terangnya.

Ia menjelaskan daging yang mati bukan karena disembelih baik dikarenakan sakit maupun mati karena tua tidak baik dikonsumsi karena berbahaya bagi tubuh. 

Pasalnya, darah dalam daging bangkai tidak keluar maksimal layaknya hewan yang disembelih. 

Sementara darah yang tidak keluar secara maksimal dalam bangkai mengandung timbunan makanan yang berlimpah bagi bakteri pembusuk. Dengan kata lain bangkai menjadi tempat perkembangbiakan yang baik bakteri pembusuk. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×