kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,75   -27,98   -3.02%
  • EMAS1.327.000 1,30%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ayo Kenali 5 Manfaat Buah Bit Untuk Kesehatan Tubuh, Apa Saja?


Jumat, 07 April 2023 / 06:33 WIB
Ayo Kenali 5 Manfaat Buah Bit Untuk Kesehatan Tubuh, Apa Saja?
ILUSTRASI. Manfaat buah bit untuk kesehatan tubuh.


Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Manfaat buah bit untuk kesehatan tubuh telah teruji secara klinis. Oleh sebab itu, manfaat buah bit untuk kesehatan tubuh cukup menarik perhatian dan penting untuk diketahui. 

Selain itu, buah bit juga mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Sehingga mengkonsumsi buah bit mampu memberikan berbagai manfaat yang baik untuk kesehatan. 

Kandungan nutrisi yang terkandung dalam buah bit di antaranya seperti protein, karbohidrat, serat, kalsium, fosfor, zat besi, vitamin C dan masih banyak lagi.

Baca Juga: Yuk Cek 5 Manfaat Jagung untuk Kesehatan Tubuh yang Tidak Terduga

Tak jarang pula buah bit kerap dimanfaatkan dan diolah menjadi bahan ramuan obat alami untuk mengatasi berbagai gangguan kesehatan. 

Lalu apa saja manfaat buah bit untuk kesehatan?

Melansir dari BBC Good Food, berikut beberapa manfaat buah bit untuk kesehatan tubuh, di antaranya:

1. Mengurangi Risiko Kanker

Salah satu manfaat buah bit untuk kesehatan tubuh yang cukup menarik perhatian adalah mampu mengurangi risiko kanker. Hal tersebut dikarenakan buah bit mengandung sifat antikanker yang mampu mencegah pertumbuhan sel-sel kanker, seperti kanker kandung kemih.

Baca Juga: Catat 6 Manfaat Kacang Merah untuk Kesehatan Tubuh yang Jarang Diketahui

2. Menurunkan Tekanan Darah 

Tidak hanya itu, buah bit juga bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Sehingga buah bit sangat ramah bagi jantung. 

Nitrat membantu meningkatkan aliran darah dengan mengendurkan pembuluh darah, mengurangi kekakuan arteri, dan meningkatkan pelebaran yang berpotensi menurunkan tekanan darah. 

Penurunan tekanan darah bermanfaat untuk menghindari penyakit jantung dan stroke. Studi menunjukkan bahwa makanan kaya nitrat seperti buah bit dapat membantu bertahan hidup dari serangan jantung.

Baca Juga: Sering Jadi Takjil, Kenali 6 Manfaat Buah Alpukat Untuk Kesehatan Tubuh

3. Meningkatkan Energi

Buah bit juga bisa dijadikan alternatif untuk meningkat energi. Tidak heran, buah bit kerap dijadikan buah untuk dikonsumsi para atlet karena mampu meningkatkan kinerja olahraga.

Buah bit juga membantu pemulihan karena ketika otot dalam keadaan istirahat, nitrat dalam buah bit membantu membawa lebih banyak oksigen ke sel otot membantu otot pulih lebih efisien.

4. Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

Manfaat buah bit untuk kesehatan lainnya yaitu baik untuk meningkatkan kesehatan pencernaan. Pasalnya, buah bit adalah salah satu sumber serat, asam amino yang penting untuk pemeliharaan usus dan mencegah berbagai gejala sistem pencernaan.

Baca Juga: Cari Skincare Alami? Cek 6 Manfaat Jeruk Nipis Untuk Kesehatan Kulit

5. Mengandung Sifat Antiinflamasi

Manfaat buh bit untuk kesehatan tubuh yang tidak bolhe terlewat yaitu punya kandungan sifat antiinflamasi. Selain itu, buah bit juga mengandung cukup banyak antioksidan.

Senyawa betalain yang bertanggung jawab atas warna merah akar, telah terbukti memiliki kemampuan antioksidan dan antiinflamasi yang tinggi. Hal tersebut berarti buah bit membantu melindungi sel dari kerusakan dan dapat membantu melawan kondisi yang berkaitan dengan usia seperti penyakit jantung dan kanker.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×