kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,02   -8,28   -0.91%
  • EMAS1.318.000 0,61%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Catat 6 Manfaat Kacang Merah untuk Kesehatan Tubuh yang Jarang Diketahui


Kamis, 06 April 2023 / 10:10 WIB
Catat 6 Manfaat Kacang Merah untuk Kesehatan Tubuh yang Jarang Diketahui
ILUSTRASI. Manfaat kacang merah untuk kesehatan tubuh.


Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Manfaat kacang merah untuk kesehatan tubuh cukup menarik perhatian dan jarang diketahui kebanyakan orang. Padahal, kacang merah menyimpan segudang manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh.

Selain itu, kacang merah juga mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Sehingga manfaat kacang merah untuk kesehatan tubuh tidak perlu diragukan lagi. 

Kandungan nutrisi yang terkandung dalam kacang merah di antaranya seperti protein, serat, karbohidrat, kalium, magnesium, vitamin B dan masih banyak lagi.

Baca Juga: Yuk Simak 5 Manfaat Kacang Polong untuk Kesehatan Tubuh, Sudah Tahu?

Tidak berhenti disitu, kacang merah juga memiliki rasa yang relatif lezat dan kerap diolah menjadi berbagai jenis makanan, salah satunya sayur asam. Lalu apa saja manfaat macang merah untuk kesehatan tubuh? 

Melansir dari NDTV Food, berikut beberapa manfaat kacang merah untuk kesehatan tubuh, di antaranya:

1. Mengandung Banyak Protein

Salah satu manfaat kacang merah untuk kesehatan tubuh yang cukup menarik perhatian di antaranya adalah melimpahnya kandungan protein. Oleh sebab itu, kacang merah sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi karena baik untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan. 

Baca Juga: Catat 5 Manfaat Okra Untuk Kesehatan Tubuh yang Jarang Diketahui

2. Melancarkan Pencernaan

Selain mengandung banyak protein, kacang merah juga kaya akan serat. Banyaknya serat dalam kacang merah mampu melancarkan sistem pencernaan. 

Hal tersebut dikarenakan kacang merah mampu membantu meningkatkan kesehatan pencernaan dan keteraturan usus. Selain itu, mengkonsumsi kacang merah juga mampu mencegah berbagai masalah pencernaan.

3. Mengontrol Diabetes

Kacang merah juga termasuk salah satu makanan yang direkomendasikan untuk penderita diabetes. Hal tersebut dikarenakan kacang merah mampu mengontrol kadar diabetes. 

Selain itu, kacang merah juga mengandung kadar indeks glikemik yang sangat rendah sehingga aman dikonsumsi penderita diabetes.

Baca Juga: Kenali 5 Manfaat Selada Air Untuk Kesehatan yang Menarik Diketahui

4. Mencegah Hidrasi 

Selain itu, kacang merah juga berperan penting untuk mencegah hidrasi. Pasalnya, kacang merah mengandung. Banyak mineral esensial yang mampu menjaga tubuh tetap terhidrasi dan melindungi sistem saraf.

5. Menurunkan Kolesterol Jahat

Manfaat kacang merah untuk kesehatan tubuh selanjutnya yaitu mampu menurunkan kolesterol jahat. Hal tersebut dikarenakan kacang merah mengandung banyak serat larut yang mampu menurunkan kolesterol jahat dan baik untuk kesehatan jantung.

Baca Juga: Catat 8 Manfaat Buah Semangka untuk Kesehatan yang Penting Diketahui Saat Puasa

6. Menurunkan Berat Badan

Manfaat kacang merah untuk kesehatan tubuh yang tidak boleh terlewatkan yaitu mampu membantu menurunkan berat badan. Pasalnya, kacang merah termasuk makanan yang rendah kalori sehingga bisa membantu menurunkan berat badan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×