kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Simak 6 Manfaat Kacang Tanah Untuk Kesehatan Tubuh yang Jarang Diketahui


Selasa, 04 April 2023 / 09:59 WIB
Simak 6 Manfaat Kacang Tanah Untuk Kesehatan Tubuh yang Jarang Diketahui
ILUSTRASI. Manfaat kacang tanah untuk kesehatan tubuh.


Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Ada berbagai manfaat kacang tanah untuk kesehatan tubuh yang jarang diketahui kebanyakan orang. Padahal, kacang tanah menyimpan banyak manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh.

Selain itu, kacang tanah juga mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Sehingga manfaat kacang tanah untuk kesehatan tubuh tidak perlu diragukan lagi. 

Kandungan nutrisi dalam kacang tanah di antaranya seperti karbohidrat, protein, serat, kalsium, zat besi, kalium, fosfor, vitamin B, vitamin E dan lain-lain.

Baca Juga: Catat Yuk 6 Manfaat Buah Durian Untuk Kesehatan Tubuh yang Tidak Terduga

Tidak berhenti disitu, kacang tanah juga kerap diolah menjadi berbagai jenis makanan hingga penyedap rasa makanan. Seperti selai kacang, roti, dan berbagai bumbu kacang. 

Lantas apa saja manfaat kacang tanah untuk kesehatan? 

Melansir dari India, berikut beberapa manfaat kacang tanah untuk kesehatan tubuh, di antaranya: 

1. Mengandung Banyak Protein

Salah satu manfaat kacang tanah untuk kesehatan tubuh yang menarik perhatian adalah banyaknya kandungan protein yang terkandung didalamnya. Selain itu, kacang tanah juga mengandung banyak serat, antioksidan potasium dan nutrisi lain yang mampu meningkatkan energi.

Baca Juga: Yuk Catat 5 Manfaat Rumput Laut Untuk Kesehatan Tubuh, Wajib Tahu!

2. Mengandung Lemak Sehat

Selain itu, kacang tanah juga dikenal mempunyai banyak kandungan lemak sehat. Kandungan lemak sehat tersebut mampu mencegah berbagai penyakit berbahaya seperti kolesterol tinggi.

3. Mengandung Banyak Antioksidan

Kacang tanah merupakan salah satu jenis kacang-kacangan yang mengandung banyak antioksidan. Kandungan antioksidan dalam kacang tanah tersebut mampu melawan berbagai jenis radikal bebas yang membahayakan kesehatan.

Baca Juga: Ayo Simak 6 Manfaat Buah Belimbing Untuk Kesehatan yang Terbukti Klinis

4. Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat kacang tanah untuk kesehatan tubuh lainnya yaitu mampu menjaga kesehatan jantung. Banyaknya kandungan nutrisi dalam kacang tanah, mampu mengurangi berbagai risiko gejala penyakit jantung.

Menurut sebuah studi ilmiah di Universitas Purdue di AS, mengkonsumsi kacang tanah mengurangi faktor risiko penyakit kardiovaskular. Studi Kesehatan Advent pada kacang tanah juga menemukan bahwa kemungkinan untuk mengurangi risiko penyakit jantung.

5. Meningkatkan Fungsi Otak

Selain itu, kacang tanah juga sangat berperan penting dalam meningkatkan fungsi otak. Pasalnya, kacang tanah mengandung Niasin, Resveratrol, dan Vitamin E yang tinggi yang berperan aktif dalam melindungi otak dari penyakit Alzheimer dan penurunan kognitif terkait usia.

Baca Juga: Ayo Kenali 9 Manfaat Kacang Panjang Untuk Kesehatan yang Tidak Terduga

6. Membantu Menurunkan Berat Badan

Manfaat kacang tanah untuk kesehatan tubuh yang tidak boleh terlewatkan yaitu mampu membantu menurunkan berat badan. Hal tersebut dikarenakan kacang tana mengandung banyak protein dan serat yang membuat perut terasa lebih kenyang. 

Sehingga tak heran, kacang tanah kerap dikonsumsi saat menjalankan program diet menurunkan berat badan. Itulah beberapa manfaat kacang tanah untuk kesehatan yang penting diketahui.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×