kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45991,60   -2,56   -0.26%
  • EMAS1.135.000 -0,09%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Meningkatkan Kolesterol Baik, 3 Manfaat Kacang Tanah untuk Kesehatan Laki-Laki


Rabu, 15 Maret 2023 / 18:18 WIB
Meningkatkan Kolesterol Baik, 3 Manfaat Kacang Tanah untuk Kesehatan Laki-Laki
ILUSTRASI. Kacang tanah bermanfaat menaikkan kolesterol baik.


Reporter: Tri Sulistiowati | Editor: Tri Sulistiowati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kacang tanah sumber protein dan arginin yang memberikan manfaat baik untuk kesehatan laki-laki, salah satunya meningkatkan kadar kolesterol baik.

Kacang tanah memiliki rasa gurih dan asin. Kacang tanah merupakan salah satu jenis kacang yang populer dan disukai oleh masyarakat tanah air. 

Baca Juga: 4 Rempah-Rempah yang Bermanfaat Menjaga Kesehatan Jantung

Biasanya, kacang tanah digunakan untuk membuat selai kacang, saus, campuran smoothie, dan lainnya. 

Selain rasanya yang enak, kacang juga kata akan mineral. Mengutip dari Healthline, kacang mengandung magnesium, folat, dan vitamin E. 

Menariknya, kacang disebut-sebut baik dikonsumsi oleh laki-laki secara rutin. Benarkah hal tersebut? 

Berikut manfaat kacang untuk kesehatan laki-laki: 

1. Kaya protein 

Kacang merupakan sumber protein. Pasalnya, dalam satu ons kacang mengandung 7 gram protein. 

Protein berperan penting dalam pertumbuhan dan perkembangan serta penyembuhan luka, perbaikan jaringan, fungsi kekebalan, dan lainnya. 

Berdasarkan hasil sebuah penelitian mengonsumsi suplemen bubuk kacang bisa meningkatkan massa dan kekuatan otot di antara orang dewasa yang lebih tua jika dikombinasikan dengan latihan ketahanan. 

Hasil penelitian lainnya yang melibatkan 65 laki-laki yang kelebihan berat badan dan obesitas menemukan bahwa mengonsumsi kacang sebagai bagian diet rendah kalori bisa meningkatkan pembakaran lemak dan menurunkan lemak tubuh.

2. Menjaga kesehatan jantung 

Kacang kaya akan lemak jenuh ganda yakni asam linoleat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mengganti karbohidrat atau lemak jenuh dalam makanan dengan lemak tak jenuh ganda bisa menurunkan risiko penyakit jantung. 

Sebuah ulasan menunjukkan bahwa makan kacang tanah dan kacang pohon setidaknya dua kali seminggu dihubungkan dengan penurunan risiko penyakit jantung sebesar 13%. 

Hasil penelitian lain menunjukkan bahwa konsumsi kacang tanah bisa meningkatkan kadar kolesterol baik yang bermanfaat menjaga kesehatan jantung. 

3. Meningkatkan fungsi seksual 

Kacang kaya akan arginin, asam amino yang diubah menjadi oksida nitrat. Sekedar info, oksida nitrat merupakan senyawa yang membantu melebarkan pembuluh darah untuk meningkatkan aliran dan sirkulasi darah. 

Hasil penelitian menunjukkan bahwa suplemen arginin bisa membantu mengobati disfungsi ereksi ringan sampai sedang. 

Penelitian tabung reaksi dan hewan menemukan bahwa arginin bisa meningkatkan kualitas air mani, meningkatkan libido, dan meningkatkan kadar testosteron. 

Kacang juga mengandung resveratrol, antioksidan yang terbukti mendukung kesehatan seksual laki-laki. 

Berdasarkan beberapa penelitian pada manusia dan hewan, resveratrol juga bisa meningkatkan kualitas sperma dan fungsi ereksi. 

Namun, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui pengaruh kacang tanah terhadap fungsi seksual laki-laki. 

Baca Juga: Minum Kopi Terbukti Bisa Mencegah Asam Urat Tinggi pada Laki-Laki

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×