kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ451.008,41   -2,46   -0.24%
  • EMAS1.131.000 0,27%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Yuk Simak 5 Manfaat Kacang Polong untuk Kesehatan Tubuh, Sudah Tahu?


Rabu, 05 April 2023 / 11:20 WIB
Yuk Simak 5 Manfaat Kacang Polong untuk Kesehatan Tubuh, Sudah Tahu?
ILUSTRASI. Manfaat kacang polong untuk kesehatan.


Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Ada beberapa manfaat kacang polong untuk kesehatan tubuh yang cukup menarik perhatian dan penting untuk diketahui. Selain itu, manfaat kacang polong untuk kesehatan juga telah teruji secara klinis. 

Tidak berhenti disitu, kacang polong juga mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Sehingga manfaat kacang polong untuk kesehatan sudah tidak perlu diragukan lagi. 

Kandungan nutrisi kacang polong di antaranya seperti protein, karbohidrat, serat, vitamin A, vitamin K, vitamin C, vitamin B, kalsium, zat besi dan lain-lain.

Baca Juga: Catat 5 Manfaat Okra Untuk Kesehatan Tubuh yang Jarang Diketahui

Lantas apa saja manfaat kacang polong untuk kesehatan? 

Melansir dari BBC Good Food, berikut beberapa manfaat kacang polong untuk kesehatan tubuh, di antaranya:

1. Mengandung Banyak Protein

Salah satu manfaat kacang polong untuk kesehatan tubuh yang cukup menarik perhatian di antaranya mampu mengandung banyak protein. Selain itu, kacang polong juga mengandung banyak serat dan zat besi yang dibutuhkan oleh tubuh untuk membuat sel darah merah dan mengangkut oksigen ke seluruh tubuh.

Baca Juga: Simak 6 Manfaat Kacang Tanah Untuk Kesehatan Tubuh yang Jarang Diketahui

2. Mengontrol Gula Darah

Kacang polong juga sangat bermanfaat untuk dapat mengontrol kadar gula darah. Pasalnya, kandungan serat tinggi dalam kacang polong merupakan inklusi yang berguna untuk memantau kadar gula darah. 

Kacang polong juga mengandung pati dalam bentuk amilosa yang memperlambat pencernaan kita dan sebagai hasilnya, penelitian mendukung bahwa kacang polong dapat membantu meningkatkan keseimbangan gula darah kita. 

Tak berhenti disitu, kacang polong juga mengandung nutrisi seperti magnesium, vitamin B, dan vitamin C, yang semuanya membantu mendukung mengontrol gula darah.

Baca Juga: 8 Manfaat Sawi Putih Untuk Kesehatan Tubuh yang Menarik Diketahui, Apa Saja?

3. Menjaga Sistem Pencernaan

Manfaat kacang polong untuk kesehatan tubuh juga berperan untuk menjaga sistem pencernaan. Pasalnya, kacang polong termasuk salah satu jenis kacang-kacangan yang mengandung banyak serat. 

Sehingga, mengkonsumsi kacang polong mampu mendukung kesehatan pencernaan dan memicu mikroba usus yang bermanfaat bagi tubuh. Lebih jauh lagi, kacang polong juga dikaitkan dengan penurunan risiko obesitas.

Baca Juga: Ayo Kenali 7 Manfaat Buah Markisa untuk Kesehatan yang Menakjubkan

4. Menjaga Kesehatan Jantung

Selain baik untuk pencernaan, kacang polong juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung. Pasalnya, Kacang polong mengandung mineral ramah jantung termasuk magnesium, potasium dan kalsium dan juga kaya nutrisi antioksidan seperti vitamin C, serta fitonutrien termasuk karotenoid dan flavonol yang melindungi jantung dan mendukung fungsi kardiovaskular. 

Selain itu, Kacang polong JUGA mengandung serat larut yang membantu kmengelola kadar kolesterol, terutama kolesterol LDL.

Baca Juga: Wajib Tahu Saat Puasa! Kenali 8 Manfaat Buah Jambu Biji untuk Kesehatan Tubuh

5. Mengurangi Risiko Kanker

Manfaat kacang polong untuk kesehatan tubuh yang tidak boleh terlewatkan yaitu mampu mengurangi risiko kanker. Hal tersebut dikarenakan kacang polong mengandung banyak antioksidan dan senyawa alami lain yang terbukti melindungi beberapa bentuk kanker. 

Demikian, beberapa manfaat kacang polong untuk kesehatan tubuh yang penting untuk diketahui.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Outlook 2024, Meneropong saham unggulan di Tahun Politik The Coughing Dragon | Global Market Series - China

[X]
×