kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45987,90   -2,03   -0.21%
  • EMAS1.142.000 0,35%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

9 Manfaat Toge Untuk Kesehatan Tubuh yang Luar Biasa, Yuk Catat!


Rabu, 29 November 2023 / 12:33 WIB
9 Manfaat Toge Untuk Kesehatan Tubuh yang Luar Biasa, Yuk Catat!
ILUSTRASI. Toge


Penulis: Ryan Suherlan

Manfaat Toge - Banyak manfaat toge untuk kesehatan tubuh yang luar biasa bisa didapatkan. Untuk itu, cara mengolah dan mengkonsumsi toge juga perlu diperhatikan untuk bisa mendapatkan manfaat toge secara maksimal.

Toge, atau tauge, merupakan tunas kecil yang tumbuh dari biji kacang-kacangan, seperti kedelai atau kacang hijau. 

Meskipun ukurannya kecil, namun toge memiliki manfaat kesehatan yang besar bagi tubuh manusia.

Baca Juga: Cek 10 Manfaat Kacang Merah Bagi Kesehatan Tubuh, Apa Saja?

Merangkum dari WebMD dan Healthline, berikut manfaat toge untuk kesehatan:

1. Kaya akan Nutrisi Essential

Toge adalah sumber nutrisi yang kaya, termasuk vitamin A, vitamin C, vitamin K, vitamin B kompleks, dan vitamin E. Selain itu, toge juga mengandung mineral seperti besi, kalsium, magnesium, fosfor, dan kalium. Nutrisi-nutrisi ini sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh dan mendukung berbagai fungsi tubuh.

Baca Juga: Ini 7 Manfaat Ginseng Bagi Kesehatan yang Jarang Diketahui

2. Serat Tinggi

Toge mengandung serat yang tinggi, yang bermanfaat untuk sistem pencernaan. Serat membantu melancarkan proses pencernaan, mencegah sembelit, dan menjaga kesehatan usus. Konsumsi toge secara teratur dapat membantu menjaga berat badan dan mengurangi risiko penyakit pencernaan.

3. Sumber Protein Nabati

Toge merupakan sumber protein nabati yang baik. Protein sangat penting untuk pembentukan dan pemeliharaan jaringan tubuh, termasuk otot, kulit, dan rambut. Bagi mereka yang menjalani diet vegetarian atau vegan, toge dapat menjadi alternatif yang baik untuk mendapatkan asupan protein.

Baca Juga: Simak 7 Manfaat Jus Melon Bagi Kesehatan Tubuh yang Menarik Diketahui

4. Antioksidan Tinggi

Toge mengandung senyawa antioksidan, seperti flavonoid, karotenoid, dan vitamin C, yang membantu melawan radikal bebas dalam tubuh. Antioksidan ini dapat membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan oksidatif yang dapat menyebabkan penyakit degeneratif, termasuk penyakit jantung dan kanker.

5. Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Kandungan serat, vitamin, dan mineral dalam toge dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung. Serat membantu mengurangi kadar kolesterol dalam darah, sedangkan potassium membantu menjaga tekanan darah normal.

Baca Juga: Catat 10 Manfaat Buah Markisa Bagi Kesehatan yang Menakjubkan

6. Regulasi Gula Darah

Toge memiliki indeks glikemik rendah, sehingga dapat membantu mengontrol kadar gula darah. Ini membuat toge menjadi pilihan yang baik untuk orang-orang yang memiliki diabetes atau berisiko tinggi terkena diabetes.

7. Meningkatkan Kesehatan Tulang

Kandungan vitamin K dan mineral seperti kalsium dan fosfor dalam toge berperan penting dalam kesehatan tulang. Vitamin K membantu dalam pembentukan dan pemeliharaan tulang, sementara kalsium dan fosfor adalah komponen utama dari struktur tulang.

Baca Juga: Kenali 7 Manfaat Buah Manggis Untuk Kesehatan, Apa Saja?

8. Dukungan untuk Sistem Kekebalan Tubuh

Nutrisi yang terkandung dalam toge, seperti vitamin C dan selenium, dapat membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh. Kekebalan yang baik adalah kunci untuk melawan infeksi dan penyakit.

Baca Juga: 8 Manfaat Leci Bagi Kesehatan Tubuh yang Penting Diketahui, Sudah Tahu?

9. Mengandung Enzim yang Membantu Pencernaan

Toge mengandung enzim-enzim seperti amilase, yang membantu dalam pencernaan karbohidrat. Hal ini dapat membantu mencegah gangguan pencernaan dan meningkatkan penyerapan nutrisi.

Dengan segudang manfaat kesehatan yang dimilikinya, toge dapat diintegrasikan ke dalam berbagai hidangan, seperti salad, tumis, atau sup. Meskipun toge sangat baik untuk kesehatan, tetaplah berbicara dengan profesional kesehatan atau ahli gizi untuk memastikan bahwa konsumsi toge sesuai dengan kebutuhan tubuh dan kondisi kesehatan individu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×