kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.461.000   0   0,00%
  • USD/IDR 15.130   40,00   0,26%
  • IDX 7.697   -47,60   -0,61%
  • KOMPAS100 1.196   -13,16   -1,09%
  • LQ45 960   -10,60   -1,09%
  • ISSI 231   -1,75   -0,75%
  • IDX30 493   -3,97   -0,80%
  • IDXHIDIV20 592   -5,69   -0,95%
  • IDX80 136   -1,30   -0,95%
  • IDXV30 143   0,32   0,23%
  • IDXQ30 164   -1,28   -0,77%

Catat 8 Manfaat Buah Sirsak Bagi Kesehatan Tubuh yang Menakjubkan


Kamis, 30 November 2023 / 10:52 WIB
Catat 8 Manfaat Buah Sirsak Bagi Kesehatan Tubuh yang Menakjubkan
ILUSTRASI. Manfaat buah sirsak.


Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Manfaat buah sirsak bagi kesehatan tubuh adalah salah satu hal yang perlu diketahui dan menakjubkan. Selain itu, manfaat buah sirsak juga telah teruji secara klinis.

Buah sirsak, juga dikenal sebagai Graviola atau soursop, bukan hanya lezat tetapi juga kaya akan nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. 

Buah ini telah dikenal luas dalam pengobatan tradisional di berbagai budaya, dan penelitian modern pun semakin mengungkapkan potensi kesehatan yang luar biasa.

Baca Juga: 7 Manfaat Pepaya Untuk Kesehatan Tubuh yang Luar Biasa, Sudah Tahu?

Merangkum dari Healthline, berikut manfaat buah sirsak bagi kesehatan:

1. Perlindungan terhadap Kanker

Buah sirsak mengandung senyawa seperti acetogenins, yang telah ditemukan dapat membantu melawan pertumbuhan sel kanker. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa sirsak memiliki potensi untuk melawan beberapa jenis kanker, termasuk kanker payudara, prostat, dan kolorektal.

Baca Juga: Cek 10 Manfaat Buah Nangka untuk Kesehatan Tubuh yang Menakjubkan

2. Sumber Antioksidan yang Kuat

Buah sirsak mengandung antioksidan seperti vitamin C dan A, yang membantu melawan radikal bebas dalam tubuh. Antioksidan ini berperan dalam melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan oksidatif yang dapat menyebabkan penyakit degeneratif.

3. Mendukung Sistem Kekebalan Tubuh

Kandungan vitamin C dalam buah sirsak dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Vitamin C membantu produksi sel darah putih dan antibodi, yang penting dalam melawan infeksi dan penyakit.

Baca Juga: Ini 9 Manfaat Buah Sawo Bagi Kesehatan, Sudah Tahu?

4. Menyehatkan Jantung

Buah sirsak dapat membantu menjaga kesehatan jantung dengan mengatur tekanan darah dan kadar kolesterol. Senyawa-senyawa seperti serat, kalium, dan antioksidan dalam sirsak telah terbukti dapat mendukung fungsi kardiovaskular yang optimal.

5. Membantu Menurunkan Berat Badan

Sirsak mengandung serat diet yang tinggi, yang dapat memberikan rasa kenyang lebih lama dan membantu mengontrol nafsu makan. Ini dapat menjadi tambahan yang baik untuk program penurunan berat badan.

Baca Juga: 7 Manfaat Mengkudu untuk Kesehatan Tubuh yang Jarang Diketahui, Catat Ya!

6. Menyehatkan Sistem Pencernaan

Serat dalam sirsak juga berperan dalam mendukung kesehatan sistem pencernaan. Serat membantu mencegah sembelit dan mempromosikan pergerakan usus yang sehat.

7. Membantu Menanggulangi Diabetes

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa ekstrak sirsak dapat membantu mengatur kadar gula darah, membuatnya menjadi pilihan yang baik untuk orang-orang dengan diabetes atau yang berisiko mengembangkan penyakit ini.

Baca Juga: Daftar 10 Manfaat Jus Mangga Bagi Kesehatan yang Penting Diketahui

8. Efek Antiinflamasi

Kandungan antiinflamasi dalam buah sirsak dapat membantu mengurangi peradangan dalam tubuh. Ini dapat bermanfaat bagi mereka yang mengalami kondisi inflamasi kronis seperti arthritis.

Buah sirsak bukan hanya lezat tetapi juga merupakan tambahan yang luar biasa untuk diet sehat Anda. Kandungan nutrisi dan senyawa bioaktifnya menawarkan berbagai manfaat bagi kesehatan tubuh, dari perlindungan terhadap kanker hingga mendukung fungsi jantung dan sistem kekebalan tubuh. Namun, sebaiknya selalu berkonsultasi dengan profesional kesehatan sebelum membuat perubahan signifikan dalam pola makan atau pengobatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Sales Mastery [Mau Omzet Anda Naik? Ikuti Ini!] Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×