kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45899,63   -8,92   -0.98%
  • EMAS1.358.000 -0,37%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

7 Manfaat Buah Sirsak untuk Kesehatan yang Menakjubkan dan Kandungan Vitaminnya


Kamis, 19 Oktober 2023 / 15:59 WIB
7 Manfaat Buah Sirsak untuk Kesehatan yang Menakjubkan dan Kandungan Vitaminnya
ILUSTRASI. Manfaat Buah Sirsak untuk Kesehatan.


Penulis: Virdita Ratriani

Manfaat Buah Sirsak Sirsak adalah buah yang banyak disukai karena rasanya yang lezat dan memiliki sejumlah manfaat kesehatan. Manfaat buah sirsak juga digunakan dalam pengobatan tradisional. 

Khasiat buah sirsak telah digunakan untuk mengobati berbagai macam kondisi kesehatan dan penyakit. Sirsak mengandung banyak serat, vitamin C, dan sedikit kalori. 

Selain buahnya yang dikenal mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan, daun, akar juga tak kalah hebat mempunyai banyak manfaat dan berbagai khasiat untuk kesehatan. 

Lantas, apa saja manfaat buah sirsak untuk kesehatan?

Baca Juga: 11 Makanan & Minuman Pantangan untuk Penderita Diabetes, Bisa Bikin Gula Darah Naik

Kandungan vitamin buah sirsak

Manfaat Buah Sirsak untuk Kesehatan

Dirangkum dari laman Healthline, kandungan vitamin buah sirsak sebesar 100 gram antara lain: 

  • Kalori: 66
  • Protein: 1 gram
  • Karbohidrat: 16,8 gram
  • Serat: 3,3 gram
  • Vitamin C: 34% dari RDI
  • Kalium: 8% dari RDI
  • Magnesium: 5% dari RDI
  • Tiamin: 5% dari RDI

Buah sirsak juga mengandung sedikit niacin, riboflavin, folat, dan zat besi. Selain itu, buah sirsak juga mengandung antioksidan antara lain:

  • Tanin
  • Saponin
  • Fitosterol
  • Flavonoid
  • Antrakuinon

Baca Juga: 8 Cara Menurunkan Berat Badan yang Paling Efektif, Apa Saja?

Manfaat buah sirsak untuk kesehatan 


Manfaat Buah Sirsak untuk Kesehatan

Dirangkum dari laman WebMD dan Medical News Today, berikut adalah manfaat buah sirsak untuk kesehatan:

1. Menyehatkan pencernaan

Salah satu khasiat buah sirsak adalah menyehatkan pencernaan karena satu buah sirsak utuh mengandung sekitar 83% dari asupan serat harian yang direkomendasikan. 

Sementara, serat merupakan nutrisi penting untuk kesehatan pencernaan. Serat membantu meningkatkan keteraturan buang air besar dan mencegah masalah pencernaan seperti sembelit.

Baca Juga: Kenali 6 Obat Trigliserida Tinggi Alami yang Perlu Diketahui, Apa Saja?

2. Membantu mencegah kanker

Manfaat buah sirsak untuk kesehatan juga berpotensi membantu mencegah dan melawan kanker. Sebuah penelitian menemukan bahwa ekstrak sirsak dapat memperkecil ukuran tumor kanker payudara dan membunuh sel kanker. 

Studi lain menemukan bahwa ekstrak dapat menghentikan pembentukan sel leukemia. Namun, penelitian mengenai khasiat buah sirsak dalam melawan kanker masih terbatas pada penelitian tabung reaksi. 

3. Meningkatkan sistem imun tubuh

Manfaat buah sirsak juga bisa meningkatkan sistem imun tubuh. Pasalnya, sirsak kaya akan vitamin C, antioksidan yang dikenal dapat meningkatkan kekebalan tubuh. 

Vitamin C dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh, meningkatkan kemampuan tubuh untuk bertahan melawan patogen yang berbahaya. 

Vitamin C juga membantu melawan radikal bebas, yang dapat membantu melindungi kulit dan sel dari kerusakan oksidatif lingkungan. Satu buah sirsak utuh mengandung 215% dari kebutuhan harian vitamin C yang direkomendasikan.

Baca Juga: Air Rebusan Apa yang Bisa Menurunkan Kolesterol?

4. Mengontrol tekanan darah

Manfaat buah sirsak juga bisa membantu mengontrol tekanan darah karena kandungan kaliumnya. Tekanan darah tinggi dapat menyebabkan masalah serius seperti penyakit jantung dan serangan jantung. 

Salah satu faktor penyebab tekanan darah tinggi adalah asupan natrium. Kalium membantu tubuh membuang natrium dan meredakan ketegangan di dinding pembuluh darah, yang keduanya dapat membantu menurunkan tekanan darah. 

5. Mengontrol gula darah 

Khasiat buah sirsak salah satunya adalah dapat membantu mengontrol gula darah. Hasil penelitian pada hewan pengerat penderita diabetes tahun 2008 menunjukkan bahwa buah sirsak dapat membantu mengontrol gula darah. 

Studi tersebut juga menemukan bahwa hal itu secara signifikan mengurangi kadar glukosa darah pada tikus penderita diabetes.

Selain itu, meskipun tikus mengonsumsi lebih sedikit makanan dan air, berat badan mereka tidak mengalami penurunan. Para peneliti percaya hal ini mungkin disebabkan oleh kontrol glukosa yang lebih baik.

Baca Juga: 10 Manfaat Buah Stoberi untuk Kesehatan dan Khasiat yang Luar Biasa

6. Membantu mengobati penyakit herpes

Herpes adalah infeksi virus yang terjadi akibat virus herpes simpleks. Herpes bisa muncul di alat kelamin atau mulut.

Nah, manfaat buah sirsak pun dipercaya dapat menjadi obat alternatif untuk herpes. Sebuah penelitian tahun 2012 menunjukkan bahwa buah sirsak memiliki beberapa aktivitas antiherpes di laboratorium.

Selain itu, menurut penelitian lama dari tahun 1999, ekstrak buah sirsak mungkin memiliki efek antivirus terhadap virus herpes simplex 2 (HSV-2). 

HSV-2 bertanggung jawab atas sebagian besar kasus wabah herpes genital. Menggunakan teknik in vitro, atau di luar tubuh hidup, buah sirsak bersifat racun bagi sel HSV-2.

Baca Juga: 8 Air Rebusan yang Efektif Rontokkan Kolesterol dalam Tubuh

7. Mencegah infeksi 

Manfaat buah sirsak juga dapat memberikan efek antibakteri. Sebuah penelitian menemukan bahwa ekstrak buah sirsak dapat membunuh berbagai jenis bakteri, termasuk strain penyebab penyakit gusi dan gigi berlubang. 

Studi lain menemukan bahwa ekstrak sirsak dapat membantu melawan bakteri kolera dan Staphylococcus. Meskipun ini adalah penelitian tabung reaksi, hasilnya menjanjikan dan diperlukan penelitian lebih lanjut.

Demikian sejumlah kandungan vitamin buah sirsak dan manfaat buah sirsak untuk kesehatan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×