kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45891,58   -16,96   -1.87%
  • EMAS1.358.000 -0,37%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Cek 10 Manfaat Buah Sirsak untuk Kesehatan Tubuh, Catat Ya!


Kamis, 02 November 2023 / 04:31 WIB
Cek 10 Manfaat Buah Sirsak untuk Kesehatan Tubuh, Catat Ya!
ILUSTRASI. Manfaat buah sirsak untuk kesehatan.


Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Banyak manfaat buah sirsak untuk kesehatan tubuh yang menarik perhatian diketahui. Selain itu, manfaat buah sirsak juga telah teruji secara klinis.

Buah sirsak, atau Graviola, adalah buah tropis yang tumbuh di daerah Amerika Selatan, Afrika, dan Asia. Buah ini telah dikenal luas karena khasiat kesehatannya, terutama dalam pengobatan tradisional. 

Sirsak memiliki cita rasa yang manis dengan sedikit rasa asam, membuatnya menjadi buah yang lezat dan bermanfaat.

Baca Juga: Simak 10 Manfaat Buah Aprikot untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

Melansir dari WebMD, berikut beberapa manfaat buah sirsak untuk kesehatan di antaranya:

1. Menyediakan Antioksidan Alami

Sirsak mengandung berbagai senyawa antioksidan, seperti vitamin C, vitamin A, dan senyawa polifenol. Antioksidan ini membantu melawan radikal bebas dalam tubuh, yang dapat menyebabkan kerusakan sel dan berbagai penyakit kronis.

Baca Juga: Simak 10 Cara Mengatasi Tulang Belakang Sakit Secara Alami, Sudah Coba?

2. Mendukung Sistem Kekebalan Tubuh

Vitamin C dalam buah sirsak membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Dengan mengonsumsi sirsak secara teratur, Anda dapat memperkuat pertahanan tubuh terhadap infeksi dan penyakit.

3. Menurunkan Risiko Kanker

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa sirsak mengandung senyawa-senyawa fitokimia yang dapat membantu mencegah pertumbuhan sel kanker. Ekstrak sirsak telah digunakan dalam penelitian kanker sebagai bahan potensial dalam pengobatan.

Baca Juga: 10 Manfaat Buah Manggis Untuk Kesehatan yang Tidak Terduga

4. Mendukung Kesehatan Jantung

Kandungan serat dalam sirsak membantu mengurangi kadar kolesterol dalam darah, yang berkontribusi pada kesehatan jantung. Selain itu, potasium dalam buah ini membantu menjaga tekanan darah dalam batas normal.

5. Mengurangi Risiko Diabetes

Sirsak memiliki kandungan serat yang cukup tinggi, yang membantu mengatur kadar gula darah. Ini dapat membantu mencegah lonjakan gula darah yang tiba-tiba dan membantu mengurangi risiko diabetes tipe 2.

Baca Juga: Kenali 8 Manfaat Buah Kersen Untuk Kesehatan Tubuh, Sudah Tahu?

6. Menyehatkan Sistem Pencernaan

Serat dalam sirsak juga mendukung sistem pencernaan yang sehat. Mengonsumsi buah ini dapat membantu mengurangi masalah pencernaan seperti sembelit dan mempromosikan pergerakan usus yang lancar.

7. Mengurangi Nyeri Sendi

Kandungan antiinflamasi dalam sirsak dapat membantu mengurangi peradangan dan nyeri sendi. Ini bermanfaat bagi individu yang menderita penyakit seperti arthritis.

Baca Juga: Simak 10 Manfaat Daun Talas Untuk Kesehatan yang Menarik Diketahui

8. Mendukung Kesehatan Kulit

Vitamin C dalam sirsak membantu dalam pembentukan kolagen, yang menjaga kulit tetap sehat dan muda. Selain itu, antioksidan dalam buah ini membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas.

9. Meningkatkan Kualitas Tidur

Sirsak memiliki sifat menenangkan yang dapat membantu meningkatkan kualitas tidur. Minum teh daun sirsak sebelum tidur sering digunakan untuk mengatasi masalah insomnia.

Baca Juga: 8 Manfaat Daun Kelor Untuk Kesehatan Tubuh yang Luar Biasa, Catat Ya!

10. Mendukung Kesehatan Tulang

Kandungan tembaga dan seng dalam sirsak membantu dalam pembentukan dan pemeliharaan jaringan tulang. Ini dapat membantu mencegah osteoporosis dan menjaga kesehatan tulang Anda.

Penting untuk diingat bahwa sirsak sebaiknya dikonsumsi dengan bijak. Terlalu banyak sirsak dalam makanan atau suplemen mungkin tidak dianjurkan, dan sebaiknya berkonsultasi dengan profesional kesehatan sebelum menggunakannya sebagai pengobatan alternatif. Namun, dengan mengintegrasikan sirsak ke dalam diet seimbang, Anda dapat merasakan manfaat kesehatan yang luar biasa dari buah ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×