kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45891,58   -16,96   -1.87%
  • EMAS1.358.000 -0,37%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Simak 8 Manfaat Minyak Zaitun untuk Kesehatan Tubuh yang Luar Biasa


Kamis, 19 Oktober 2023 / 10:01 WIB
Simak 8 Manfaat Minyak Zaitun untuk Kesehatan Tubuh yang Luar Biasa
ILUSTRASI. Manfaat minyak zaitun.


Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Banyak manfaat minyak zaitun untuk kesehatan tubuh yang luar biasa dan penting diketahui. Tidak hanya itu, manfaat minyak zaitun juga telah teruji secara klinis.

Minyak zaitun, yang telah lama dikenal sebagai bahan dasar dalam masakan khas Mediterania, juga ternyata memiliki sejumlah manfaat luar biasa untuk kesehatan tubuh. 

Minyak zaitun dikenal sebagai salah satu minyak nabati terbaik yang dapat meningkatkan kualitas hidup dan kesejahteraan Anda.

Baca Juga: Simak 7 Manfaat Buah Bidara untuk Kesehatan yang Tidak Terduga

Merangkum dari Healthline, berikut beberapa manfaat minyak zaitun untuk kesehatan tubuh:

1. Kaya akan Antioksidan

Minyak zaitun adalah sumber antioksidan alami yang kaya, terutama asam lemak mono tak jenuh tunggal seperti asam oleat dan senyawa fenol. Antioksidan ini membantu melindungi tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas yang dapat menyebabkan penyakit kronis seperti kanker, diabetes, dan penyakit jantung.

Baca Juga: Kenali 7 Penyebab Kolesterol Tinggi dan Dampak Bagi Kesehatan

2. Mendukung Kesehatan Jantung

Konsumsi minyak zaitun secara teratur telah terbukti dapat mengurangi risiko penyakit jantung. Asam lemak tak jenuh tunggal dalam minyak zaitun membantu menurunkan kadar kolesterol LDL (kolesterol jahat) sambil meningkatkan kadar kolesterol HDL (kolesterol baik). Ini membantu menjaga arteri tetap bersih dan mengurangi risiko aterosklerosis.

3. Menyokong Kesehatan Otak

Minyak zaitun juga dikenal dapat mendukung kesehatan otak. Kandungan polifenolnya dapat melindungi sel-sel otak dari stres oksidatif, yang dapat membantu mencegah penyakit neurodegeneratif seperti Alzheimer dan Parkinson. Selain itu, minyak zaitun juga dikaitkan dengan peningkatan fungsi kognitif dan daya ingat.

Baca Juga: Ampuh! Ini 7 Obat Batuk Alami yang Wajib Diketahui

4. Menyehatkan Kulit

Minyak zaitun adalah bahan alami yang baik untuk perawatan kulit. Kandungan vitamin E dan senyawa antiinflamasi di dalamnya membantu menjaga kulit tetap sehat, mencegah penuaan dini, dan mengurangi risiko penyakit kulit. Minyak zaitun juga dapat digunakan sebagai pelembap alami yang efektif.

5. Mendukung Pencernaan

Minyak zaitun dapat membantu mengatasi masalah pencernaan. Konsumsi minyak zaitun dapat merangsang produksi empedu, yang membantu proses pencernaan dan penyerapan nutrisi. Selain itu, minyak zaitun juga memiliki sifat antiinflamasi yang dapat meredakan peradangan pada saluran pencernaan.

Baca Juga: Simak 8 Manfaat Brokoli untuk Kesehatan Tubuh yang Teruji Klinis

6. Menyokong Pengendalian Berat Badan

Minyak zaitun dapat membantu dalam upaya menurunkan berat badan. Kandungan asam lemak tak jenuh tunggalnya dapat memicu rasa kenyang, mengurangi keinginan makan berlebihan, dan membantu mengontrol berat badan. Selain itu, minyak zaitun juga meningkatkan pembakaran lemak dan metabolisme.

7. Perlindungan terhadap Kanker

Minyak zaitun mengandung senyawa-senyawa seperti polifenol, yang telah dikaitkan dengan kemampuannya untuk melawan pertumbuhan sel kanker. Meskipun penelitian masih terus dilakukan, minyak zaitun telah menjadi bagian dari pola makan yang terkait dengan risiko lebih rendah terkena beberapa jenis kanker.

Baca Juga: Catat 7 Manfaat Apel Hijau Untuk Kesehatan yang Luar Biasa

8. Mengurangi Risiko Diabetes Tipe 2

Minyak zaitun dapat membantu mengurangi risiko diabetes tipe 2. Asam lemak tak jenuh tunggal dalam minyak zaitun membantu menjaga kadar gula darah stabil dan meningkatkan sensitivitas insulin.

Sebagai kesimpulan, minyak zaitun bukan hanya bahan dasar yang lezat dalam masakan Mediterania, tetapi juga merupakan sumber manfaat kesehatan yang luar biasa. Dengan konsumsi rutin, Anda dapat mendukung kesehatan jantung, otak, kulit, pencernaan, dan bahkan mengurangi risiko berbagai penyakit serius. Jadi, jangan ragu untuk menggantikan minyak lain dalam masakan Anda dengan minyak zaitun ekstra virgin untuk mendapatkan manfaat kesehatan yang luar biasa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×