kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45847,74   8,12   0.97%
  • EMAS1.355.000 0,44%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Simak 7 Manfaat Buah Bidara untuk Kesehatan yang Tidak Terduga


Rabu, 18 Oktober 2023 / 12:37 WIB
Simak 7 Manfaat Buah Bidara untuk Kesehatan yang Tidak Terduga
ILUSTRASI. Manfaat buah bidara untuk kesehatan.


Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Ada sejumlah manfaat buah bidara untuk kesehatan tubuh yang tidak terduga dan masih jarang diketahui. Selain itu, cara mengkonsumsi buah bidara juga perlu diperhatikan untuk bisa mendapatkan manfaat buah bidara tersebut.

Buah bidara, yang juga dikenal dengan nama lain seperti jujube, adalah salah satu buah yang penuh dengan manfaat kesehatan. Buah ini tumbuh di pohon bidara, yang merupakan anggota dari keluarga Rhamnaceae. 

Meskipun buah ini mungkin kurang dikenal dibandingkan dengan buah-buahan lainnya seperti apel, jeruk, atau pisang, namun buah bidara memiliki kualitas yang tak kalah mengagumkan.

Baca Juga: Catat 7 Manfaat Apel Hijau Untuk Kesehatan yang Luar Biasa

Melansir dari Healthline, mari kita eksplorasi beberapa manfaat kesehatan yang terkandung dalam buah bidara ini.

1. Kaya akan Antioksidan

Buah bidara mengandung antioksidan seperti vitamin C, vitamin A, dan flavonoid. Antioksidan membantu melindungi tubuh dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas, yang dapat berkontribusi pada penuaan dini dan penyakit serius seperti kanker. Konsumsi rutin buah bidara dapat membantu menjaga keseimbangan antioksidan dalam tubuh.

Baca Juga: 7 Manfaat Buah Leci Untuk Kesehatan Tubuh yang Jarang Diketahui

2. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Kandungan vitamin C dalam buah bidara memainkan peran penting dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Vitamin C membantu tubuh melawan infeksi dan penyakit, serta membantu tubuh dalam proses penyembuhan. Dengan mengonsumsi buah bidara, Anda dapat membantu menjaga tubuh Anda tetap kuat dan siap melawan infeksi.

3. Mengatur Tekanan Darah

Buah bidara juga dapat membantu dalam mengatur tekanan darah. Kandungan kalium dalam buah ini membantu melebarkan pembuluh darah dan mengurangi tekanan darah, yang dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke.

Baca Juga: 6 Cara Menurunkan Asam Urat Tinggi Secara Alami, Mau Coba?

4. Meningkatkan Kualitas Tidur

Buah bidara mengandung senyawa seperti triterpenoid, saponin, dan flavonoid, yang dapat membantu meningkatkan kualitas tidur. Konsumsi buah bidara atau teh dari daunnya secara teratur dapat membantu Anda tidur lebih nyenyak dan merasa segar di pagi hari.

5. Meningkatkan Fungsi Otak

Buah bidara mengandung beberapa senyawa yang telah dikaitkan dengan peningkatan kognitif dan fungsi otak. Senyawa-senyawa ini membantu menjaga otak tetap sehat dan dapat membantu mengurangi risiko penyakit neurodegeneratif seperti Alzheimer.

Baca Juga: Kenali 8 Cara Menurunkan Kolesterol Tinggi Secara Alami. Catat!

6. Membantu Pencernaan

Serat dalam buah bidara membantu meningkatkan pencernaan. Buah ini dapat membantu mencegah sembelit dan menjaga kesehatan usus. Selain itu, buah bidara juga mengandung enzim yang membantu dalam pencernaan protein.

Baca Juga: Kenali 10 Manfaat Buah Salak untuk Kesehatan yang Menakjubkan

7. Manfaat Kulit dan Rambut

Buah bidara juga memiliki manfaat untuk kecantikan. Kandungan vitamin C dalam buah ini membantu meningkatkan elastisitas kulit, mengurangi keriput, dan memberikan kilau alami pada rambut. Anda dapat mengonsumsi buah ini atau membuat masker alami dari buah bidara untuk perawatan kulit dan rambut.

Meskipun buah bidara mungkin belum begitu terkenal di beberapa wilayah, manfaat kesehatan yang luar biasa dari buah ini membuatnya layak untuk diperkenalkan ke dalam diet sehari-hari. Buah bidara dapat dinikmati segar, dijadikan teh, atau digunakan dalam berbagai hidangan seperti selai atau manisan. Dengan konsumsi rutin, Anda dapat merasakan manfaat kesehatan yang luar biasa dan mendukung kesehatan tubuh Anda secara keseluruhan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Terpopuler
Kontan Academy
Supply Chain Management on Efficient Transportation Modeling (SCMETM) Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×