kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45908,54   -10,97   -1.19%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kenali 8 Cara Menurunkan Kolesterol Tinggi Secara Alami. Catat!


Selasa, 17 Oktober 2023 / 14:24 WIB
Kenali 8 Cara Menurunkan Kolesterol Tinggi Secara Alami. Catat!
ILUSTRASI. Kolesterol tinggi.


Penulis: Ryan Suherlan

Cara Menurunkan Kolesterol Tinggi - Ada berbagai cara menurunkan kolesterol tinggi alami secara alami yang perlu diketahui. Pasalnya, kolesterol tinggi menjadi salah satu penyakit yang perlu dan patut diwaspadai.

Kolesterol tinggi adalah masalah kesehatan yang umum di seluruh dunia. Kadar kolesterol yang tinggi dapat meningkatkan risiko penyakit jantung, stroke, dan gangguan pembuluh darah lainnya. 

Untungnya, ada banyak cara untuk mengatasi kolesterol tinggi secara alami tanpa perlu bergantung pada obat-obatan.

Baca Juga: Kenali 10 Manfaat Buah Salak untuk Kesehatan yang Menakjubkan

Merangkum dari WebMD, berikut beberapa cara menurunkan kolesterol tinggi:

1. Makanan Sehat dan Pola Makan yang Baik

Pilihan makanan adalah salah satu faktor terpenting dalam mengelola kadar kolesterol. Konsumsi makanan sehat, seperti buah-buahan, sayuran, biji-bijian, ikan berlemak, dan kacang-kacangan, dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kolesterol baik (HDL). Cobalah untuk mengurangi konsumsi makanan tinggi lemak jenuh dan trans, seperti makanan cepat saji dan makanan olahan.

Baca Juga: Cek 10 Manfaat Bawang Putih untuk Kesehatan Tubuh yang Menakjubkan

2. Jus dan Makanan Berserat Tinggi

Serat larut dalam makanan dapat membantu menurunkan kadar kolesterol LDL. Makanan yang tinggi serat meliputi oatmeal, apel, jeruk, kentang manis, seledri, wortel, dan kacang-kacangan. Selain itu, minum jus buah dan sayuran yang kaya serat juga bisa membantu. Memasukkan lebih banyak serat dalam pola makan Anda adalah langkah yang bagus untuk menjaga kolesterol tetap terkendali.

3. Konsumsi Omega-3

Omega-3 adalah jenis asam lemak yang ditemukan dalam ikan berlemak seperti salmon, sarden, dan mackerel. Omega-3 telah terbukti efektif dalam menurunkan kadar trigliserida dan menjaga kolesterol dalam kisaran yang sehat. Anda juga dapat mengonsumsi suplemen minyak ikan jika sulit mendapatkan asupan omega-3 dari makanan.

Baca Juga: 10 Manfaat Daun Singkong untuk Kesehatan yang Luar Biasa, Sudah Tahu?

4. Olahraga Teratur

Berolahraga secara teratur adalah bagian penting dalam menjaga kadar kolesterol tetap seimbang. Aktivitas fisik dapat meningkatkan kadar kolesterol baik dan membantu menurunkan LDL. Cobalah untuk melakukan aktivitas fisik selama setidaknya 150 menit setiap minggu, seperti berjalan cepat, bersepeda, atau berenang.

5. Berhenti Merokok

Merokok tidak hanya meningkatkan risiko penyakit jantung, tetapi juga dapat mengurangi kadar kolesterol baik. Berhenti merokok adalah langkah penting dalam menjaga kadar kolesterol tetap dalam kisaran yang sehat.

Baca Juga: 7 Manfaat Minyak Kemiri untuk Kesehatan yang Luar Biasa, Cek Yuk!

6. Minum Teh Hijau

Teh hijau mengandung senyawa bernama polifenol, yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol. Meminum satu atau dua cangkir teh hijau sehari dapat memberikan manfaat kesehatan yang signifikan.

7. Konsumsi Bawang Putih

Bawang putih telah lama dikenal memiliki berbagai manfaat kesehatan, termasuk potensi untuk menurunkan kadar kolesterol. Bawang putih mengandung senyawa allicin yang dapat membantu mengontrol kadar kolesterol dan tekanan darah.

Baca Juga: 8 Cara Menurunkan Berat Badan yang Paling Efektif, Apa Saja?

8. Minum Air Secukupnya

Kurangnya asupan air dapat memengaruhi metabolisme lemak dan meningkatkan risiko kolesterol tinggi. Pastikan untuk minum cukup air setiap hari untuk membantu menjaga kesehatan jantung Anda.

Meskipun cara-cara di atas dapat membantu mengelola kolesterol tinggi secara alami, penting untuk diingat bahwa setiap individu mungkin memiliki kebutuhan yang berbeda. Konsultasikan dengan dokter atau ahli gizi sebelum membuat perubahan besar dalam pola makan atau gaya hidup Anda, terutama jika Anda memiliki masalah kesehatan yang sudah ada.

Dengan menjaga pola makan yang sehat, olahraga teratur, dan mengikuti saran-saran di atas, Anda dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan menjaga kolesterol tetap dalam kisaran yang sehat secara alami. Ingatlah untuk menjalani gaya hidup sehat dan konsisten untuk mendapatkan manfaat jangka panjang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Terpopuler
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×