kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,08   6,72   0.72%
  • EMAS1.335.000 1,06%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kenali 10 Manfaat Buah Salak untuk Kesehatan yang Menakjubkan


Selasa, 17 Oktober 2023 / 11:38 WIB
Kenali 10 Manfaat Buah Salak untuk Kesehatan yang Menakjubkan
ILUSTRASI. Manfaat buah salak untuk kesehatan.


Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Banyak manfaat buah salak untuk kesehatan tubuh yang menakjubkan. Selain itu, manfaat buah salak untuk kesehatan juga telah teruji secara klinis.

Buah salak, juga dikenal sebagai "snake fruit" karena kulitnya yang kasar dan berbintik seperti sisik ular, adalah salah satu buah tropis yang populer di Indonesia dan beberapa wilayah Asia Tenggara lainnya. 

Selain memiliki rasa yang manis dan unik, buah salak juga memiliki sejumlah manfaat kesehatan yang menarik.

Baca Juga: 7 Manfaat Minyak Kemiri untuk Kesehatan yang Luar Biasa, Cek Yuk!

Merangkum dari WebMD, berikut beberapa manfaat buah salak untuk kesehatan di antaranya:

1. Kaya akan Nutrisi

Buah salak mengandung berbagai nutrisi penting seperti vitamin C, vitamin A, zat besi, serat, dan kalium. Vitamin C adalah antioksidan kuat yang membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, memperbaiki sel-sel kulit, dan mendukung kesehatan gigi dan gusi. Vitamin A penting untuk kesehatan mata dan kulit. Selain itu, kandungan seratnya membantu dalam pencernaan yang sehat.

Baca Juga: 8 Cara Menurunkan Berat Badan yang Paling Efektif, Apa Saja?

2. Menyediakan Energi

Buah salak mengandung karbohidrat, seperti glukosa, fruktosa, dan sukrosa, yang memberikan energi instan. Ini membuat salak menjadi camilan yang baik untuk mengatasi rasa lapar atau kelelahan.

3. Meningkatkan Kesehatan Kulit

Vitamin C dalam buah salak membantu merangsang produksi kolagen, yang diperlukan untuk menjaga kulit tetap kencang dan sehat. Kandungan antioksidan dalam salak juga membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas dan paparan sinar matahari.

Baca Juga: Kenali 6 Obat Trigliserida Tinggi Alami yang Perlu Diketahui, Apa Saja?

4. Mendukung Kesehatan Jantung

Kalium adalah mineral yang penting untuk menjaga tekanan darah yang sehat. Buah salak mengandung kalium, yang membantu mengatur tekanan darah dan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

5. Meningkatkan Kesehatan Mata

Kandungan vitamin A dalam buah salak berperan penting dalam menjaga kesehatan mata. Vitamin A membantu dalam menjaga penglihatan yang baik, mengurangi risiko katarak, dan menjaga mata dari gangguan mata yang terkait dengan usia.

Baca Juga: 10 Manfaat Buah Stoberi untuk Kesehatan dan Khasiat yang Luar Biasa

6. Mendukung Kesehatan Tulang

Salak juga mengandung zat besi, yang penting untuk produksi sel darah merah. Selain itu, zat besi juga membantu dalam menjaga kesehatan tulang dan mencegah risiko osteoporosis.

7. Mengandung Antioksidan

Buah salak mengandung berbagai senyawa antioksidan seperti fenolat dan flavonoid. Senyawa-senyawa ini membantu tubuh melawan kerusakan sel yang disebabkan oleh radikal bebas, yang dapat mengurangi risiko berbagai penyakit serius, termasuk kanker.

Baca Juga: Catat 7 Manfaat Bunga Melati untuk Kesehatan, Apa Saja?

8. Menyehatkan Pencernaan

Salak mengandung serat, yang membantu meningkatkan pencernaan dan mengurangi risiko sembelit. Serat juga dapat membantu dalam mengontrol berat badan dengan memberikan rasa kenyang lebih lama.

9. Menurunkan Risiko Diabetes Tipe 2

Salak memiliki indeks glikemik rendah, yang berarti ia tidak cepat meningkatkan kadar gula darah. Ini membuatnya menjadi pilihan yang baik untuk penderita diabetes tipe 2 atau orang yang berisiko mengembangkan penyakit tersebut.

Baca Juga: Kenali 6 Manfaat Lengkuas Untuk Kesehatan yang Menarik Perhatian Diketahui

10. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Dengan kandungan vitamin C yang tinggi, buah salak dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Ini membantu melindungi tubuh dari berbagai infeksi dan penyakit.

Dalam menjaga kesehatan tubuh, makanan yang dikonsumsi memiliki peran penting. Buah salak adalah salah satu buah yang penuh dengan manfaat kesehatan. Namun, sebaiknya konsumsilah dalam batas yang wajar sebagai bagian dari diet seimbang Anda. Dengan menambahkan buah salak ke dalam diet Anda, Anda dapat mendapatkan manfaat kesehatan yang beragam dan menikmati rasa yang lezat sekaligus.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×