kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45963,73   -4,04   -0.42%
  • EMAS1.315.000 0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Tengok 6 Manfaat Buah Salak Untuk Kesehatan yang Teruji Klinis


Selasa, 30 Mei 2023 / 14:10 WIB
Tengok 6 Manfaat Buah Salak Untuk Kesehatan yang Teruji Klinis
ILUSTRASI. Manfaat buah salak.


Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Simak beberapa manfaat buah salak untuk kesehatan tubuh yang teruji klinis. Oleh sebab itu, manfaat buah salak untuk kesehatan sangat menarik perhatian dan sayang jika dilewatkan.

Banyaknya manfaat yang diberikan buah salak tak lepas dari melimpahnya kandungan nutrisi dalam buah tersebut. Kandungan nutrisi yang terkandung dalam buah salah di antaranya seperti protein, serat, vitamin C, vitamin B2, kalsium, kalium, zat besi dan masih banyak lagi.

Selain mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan, buah salak juga memiliki rasa manis yang lezat untuk dikonsumsi langsung. Bahkan, tak jarang juga buah salah juga diolah menjadi berbagai jenis makanan.

Baca Juga: Simak 10 Manfaat Jeruk Bali Untuk Kesehatan Tubuh, Sudah Tahu?

Lalu apa saja manfaat buah salak untuk kesehatan?

Melansir dari Med India, berikut beberapa manfaat buah salak untuk kesehatan yang penting diketahui:

1. Menjaga Kesehatan Mata

Salah satu manfaat buah salak yang penting untuk diketahui di antaranya adalah baik untuk menjaga kesehatan mata. Hal tersebut dikarenakan buah salak mengandung antioksidan yang dapat membantu juga menyembuhkan cacat mata seperti rabun dekat.

Baca Juga: 7 Manfaat Daun Singkong Untuk Kesehatan Jika Rajin Dikonsumsi

2. Meredakan Diare

Buah salak juga sangat bermanfaat untuk meredakan diare atau gangguan pencernaan lainnya. Pasalnya, buah salak mengandung banyak serat dan vitamin yang mampu melancarkan sistem pencernaan serta dapat mengatasi gejala sakit perut, seperti kembung, buang air besar tidak terartu dan lain-lain.

3. Menjaga Kesehatan Jantung

Mengkonsumsi buah salak juga sangat baik untuk kesehatan jantung. Buah salak kaya akan potaisum yang membuat jantung dapat lebih sehat. 

Selain itu, jumlah antioksidan dan mineral yang melimpah dalam buah salak mampu menjaga sistem kardiovaskular berfungsi dengan baik.

Baca Juga: 5 Manfaat Telur Ayam Untuk Kesehatan Tubuh Jika Rutin Dikonsumsi, Catat!

4. Meningkatkan Daya Ingat

Tak berhenti disitu, mengkonsumsi buah salak juga mampu meningkatkan daya ingat. Hal tersebut dikarenakan buah salak memiliki potasium dan pektin yang realtif tinggi sehingga mampu meningkatkan fungsi kognitif tubuh dan daya ingat.

5. Membantu Menurunkan Berat Badan

Buah salak juga termasuk salah satu jenis buah yang cocok dikonsumsi saat diet menurunkan berat badan. Pasalnya, buah salak bermanfaat untuk dapat membantu menurunkan berat badan.

Hal tersebut dikarenakan buah salak mengandung serat tinggi dan karbohidrat yang dapat memberikan energi dan stamina saat diet.

Baca Juga: Kenali 5 Manfaat Kunyit Untuk Kesehatan Jika Dikonsumsi Secara Rutin

6. Mengontrol Kadar Gula Darah

Selain buahnya yang enak dikonsumsi, kulit buah salak juga dapat dimanfaat menjadi teh yang bermanfaat untuk membabntu regenerasi sel di pankreas yang mengontrol diabetes. Sehingga mengkonsumsi teh kulit buah salak mampu mengontrol kadar gula darah dalam tubuh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet Using Psychology-Based Sales Tactic to Increase Omzet

[X]
×