kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45891,58   -16,96   -1.87%
  • EMAS1.358.000 -0,37%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Cara Menurunkan Kolesterol Tinggi Alami, Waspadai 7 Gejala Kolesterol Usia Muda


Senin, 12 Juni 2023 / 06:14 WIB
Cara Menurunkan Kolesterol Tinggi Alami, Waspadai 7 Gejala Kolesterol Usia Muda
ILUSTRASI. Cara Menurunkan Kolesterol Tinggi Alami, Waspadai 7 Gejala Kolesterol Usia Muda


Reporter: Adi Wikanto | Editor: Adi Wikanto

Cara Menurunkan Kolesterol Tinggi. Simak cara menurunkan kolesterol tinggi dengan cepat dan secara alami. Waspadai juga 7 gejala kolesterol di usia muda.

Cara menurunkan kolesterol tinggi bisa dilakukan dengan obat dokter. Selain itu, cara menurunkan kolesterol tinggi juga dapat dilakukan secara alami.

Cara menurunkan kolesterol tinggi secara alami bisa membantu pengobatan dokter. Namun ingat, cara menurunkan kolesterol tinggi bukan untuk menggantikan pengobatan dokter.

Dilansir dari Kompas.com, kolesterol tinggi adalah kondisi saat kolesterol atau zat lilin seperti lemak dalam darah melampaui batas normal, yaitu sekitar 200 mg/dL. Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) menuliskan, total kolesterol normal adalah sekitar 150 mg/dL, dengan rincian:

  • Kolesterol low-density lipoprotein (LDL) atau kolesterol jahat: sekitar 100 mg/dL
  • Kolesterol high-density lipoprotein (HDL) atau kolesterol baik: setidaknya 40 mg/dL pada pria dan 50 mg/dL pada wanita
  • Trigliserida: kurang dari 150 mg/dL.

Baca Juga: 8 Obat herbal untuk menurunkan kolesterol yang bahannya mudah didapatkan

Saat kolesterol tinggi, umumnya tidak menimbulkan gejala apa pun bagi kebanyakan orang. 7 gejala kolesterol biasanya baru mulai dirasakan saat kadar kolesterol tinggi telah menyebabkan masalah atau gangguan lain di dalam tubuh. Oleh karena itu, penting untuk memeriksakan secara rutin untuk mengetahui kadar kolesterol dalam darah.

Lantas, apa saja 7 gejala kolesterol tinggi di usia muda?

7 gejala kolesterol tinggi di usia muda

Seiring waktu, kolesterol tinggi dapat menyebabkan penumpukan plak di dalam pembuluh darah yang disebut sebagai aterosklerosis. Imbasnya, rongga pembuluh darah menjadi lebih sempit, sehingga aliran darah menjadi terhambat.

Dilansir dari laman Cleveland Clinic, orang dengan aterosklerosis berisiko lebih tinggi terkena berbagai masalah kesehatan, seperti penyakit jantung dan stroke. Sayangnya, seperti menurut Kementerian Kesehatan, ciri kolesterol tinggi baru dirasakan saat plak sudah terbentuk di dalam pembuluh darah.

7 gejala kolesterol di usia muda antara lain:

1. Mudah mengantuk

7 gejala kolesterol di usia muda yang pertama adalah mudah mengantuk. Seringnya menguap terjadi akibat pasokan oksigen ke otak berkurang. Apabila frekuensi menguap sudah tidak wajar, maka patut curiga sebagai tanda kolesterol tinggi. Sebab, menguap bisa dipicu menumpuknya kolesterol dalam pembuluh darah, sehingga pasokan oksigen menuju otak menjadi tidak optimal.

2. Kesemutan

7 gejala kolesterol di usia muda yang kedua adalah sering kesemutan. Kerap merasakan kesemutan pada kaki, tangan, atau bagian tubuh tertentu merupakan salah satu gejala aliran darah tidak lancar. Kesemutan pertanda ada syaraf yang tidak mendapatkan darah secara optimal. Adapun penyebab tidak lancarnya aliran darah, salah satunya karena tumpukan plak.

3. Tengkuk atau pundak pegal

7 gejala kolesterol di usia muda yang ketiga adalah tengkuk atau pundak pegal. Salah satu penyebab pegal pada bagian tubuh ini adalah kurangnya suplai oksigen. Kekurangan oksigen sendiri dapat terjadi akibat penumpukan kolesterol.

Nyeri di kaki juga bisa menjadi gejala kolesterol. Kondisi ini dikarenakan tersumbatnya aliran di pembuluh darah, sehingga aliran darah ke kaki menjadi terhambat. Nyeri kaki bisa menjadi gejala kolesterol tinggi.

4. Dada terasa nyeri

7 gejala kolesterol di usia muda yang kelima adalah dada terasa nyeri. Kondisi ini terjadi karena adanya plak di dinding arteri atau pembuluh darah, sehingga jantung tidak mendapatkan pasokan darah yang cukup untuk melakukan tugasnya.

Baca Juga: Cara Menurunkan Kolesterol Tinggi, Berapa Standar Normal Kolesterol Wanita & Pria?

5.  Disfungsi ereksi

7 gejala kolesterol di usia muda yang keenam adalah mengalami disfungsi ereksi. Plak yang terbentuk akibat kolesterol tinggi bukan hanya menyebabkan nyeri, tetap juga disfungsi ereksi. Disfungsi ereksi merupakan kondisi saat pria tidak bisa mempertahankan cukup ereksi untuk melakukan hubungan seksual. Adapun kondisi ini, dapat terjadi akibat aliran darah menuju penis terhambat oleh plak kolesterol.

6. Xanthelasma

7 gejala kolesterol di usia muda yang ketujuh adalah mengalami xanthelasma. Xanthelasma adalah penyakit yang ditandai dengan plak berwarna kekuningan di sudut bagian kelopak atas mata. Plak kekuningan ini muncul berkat penumpukan kolesterol yang terdapat di bawah kulit.

7. Xanthoma

7 gejala kolesterol di usia muda yang kedelapan adalah menderita Xanthoma. Xanthoma adalah kelainan kulit yang ditandai dengan munculnya tumpukan atau gumpalan lemak, seperti benjolan-benjolan kecil pada kulit. Muncul karena adanya plak kolesterol, kondisi ini terjadi di bagian tubuh mana pun, tetapi lebih sering di persendian, khususnya lutut dan siku.

Cara menurunkan kolesterol tinggi dengan cepat

Cara menurunkan kolesterol tinggi dengan cepat bisa menggunakan bahan alami. Sejumlah bumbu dapur bisa direbus untuk menurunkan kolesterol tinggi secara alami.

Dilansir dari Kompas.com,  laman Doctors Health Press menyebutkan terdapat sejumlah bumbu dapur yang berkhasiat untuk menurunkan tingkat kolesterol dalam tubuh.

Berikut cara menurunkan kolesterol tinggi dengan bahan alami:

1. Bawang putih

Cara menurunkan kolesterol tinggi dengan bahan alami yang pertama adalah merebus bawang putih. Bawang putih (Allium sativum) mengandung senyawa allicin yang ampuh menurunkan kolesterol jahat, meningkatkan kolesterol baik, dan mencegah penggumpalan darah secara alami.

Penelitian menunjukkan semakin banyak mengonsumsi bawang putih secara teratur, termasuk versi bubuknya, akan membuat tingkat kolesterol semakin rendah. Selain itu, bawang putih mentah juga memiliki efek menurunkan kadar kolesterol dan lemak trigliserida, mencegah penumpukan kolesterol di dinding arteri.

2. Jahe

Cara menurunkan kolesterol tinggi dengan bahan alami yang kedua adalah merebus jahe. Jahe (Zingiber officinale) mengandung senyawa gingerol yang anti-inflamasi dan kaya antioksidan. Penelitian membuktikan ekstrak jahe menurunkan kadar kolesterol jahat, lemak trigliserida, dan menurunkan kolesterol total.

Mengonsumsi tiga gram bubuk jahe dalam tiga porsi makanan/minuman maupun dimakan mentah secara berkala terbukti dapat menurunkan kolesterol.

3. Kunyit

Cara menurunkan kolesterol tinggi dengan bahan alami yang ketiga adalah merebus kunyit. Kunyit (Curcuma longa) kaya akan senyawa curcumin yang dikenal dapat melindungi tubuh dari penumpukan kolesterol di dinding arteri dan dalam darah.

Penelitian membuktikan bahwa kunyit dapat menurunkan kolesterol jahat, mengurangi peradangan, serta kadar radikal bebas dalam tubuh. Bahkan, studi juga membuktikan kunyit setara atau lebih efektif daripada obat diabetes dalam mengurangi peradangan dan stres saat mengobati kolesterol tinggi.

4. Kemangi

Cara menurunkan kolesterol tinggi dengan bahan alami yang keempat adalah makan daun kemangi. Kemangi (Ocimum basilicum) ampuh menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh serta mengurangi peradangan yang menyebabkan penyakit kardiovaskular seperti stroke atau serangan jantung.

Satu studi membuktikan ekstrak kemangi menurunkan kolesterol, lemak trigliserida, dan kolesterol LDL bahkan lebih baik daripada diobati dengan obat kimia.

5. Sereh

Cara menurunkan kolesterol tinggi dengan bahan alami yang kelima adalah merebus sereh. Sereh atau serai ( Cymbopogon citratus ) adalah ramuan milik keluarga rumput Poaceae, dan asli daerah tropis Asia. Karena rasa lemon dan aroma jeruknya yang khas, serai sering digunakan dalam masakan Asia, serta untuk menambah rasa pada sup, teh, kari, dan makanan panggang.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam African Journal of Biotechnology pada tahun 2007 menemukan bahwa ekstrak minyak sereh secara signifikan mengurangi kolesterol pada hewan dengan kolesterol tinggi. Penelitian lain menunjukkan bahwa minyak serai dapat sangat menghambat hiperlipidemia dengan mempertahankan kadar kolesterol dan trigliserida normal.

6. Ketumbar

Cara menurunkan kolesterol tinggi dengan bahan alami yang keenam adalah sari ketumbar. Ketumbar (Coriandrum sativum) terbukti ampuh mengurangi kadar kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik.

Penelitian juga membuktikan ketumbar mengurangi kolesterol total dan lemak trigliserida, serta meningkatkan aktivitas enzim antioksidan di hati. Sebuah studi menemukan bahwa ketumbar segar menurunkan kadar kolesterol setelah 45 hari dikonsumsi.

7. Peterseli

Cara menurunkan kolesterol tinggi dengan bahan alami yang ketujuh adalah konsumsi peterseli. Peterseli (Petroselinum crispum) banyak digunakan dalam pengobatan tradisional untuk mengobati sembelit, gangguan pencernaan, batu ginjal, dan kesehatan jantung.

Peterseli mengandung senyawa folat yang membantu mengontrol asam amino homocysteine yang bisa menyebabkan kerusakan pembuluh darah. Selain itu, aktioksidan di dalamnya dapat mengurangi kolesterol dan menghilangkan stres akibat radikal bebas.

8. Cabai rawit

Cara menurunkan kolesterol tinggi dengan bahan alami yang kedelapan adalah makan cabai rawit. Cabai rawit (Capsicum annuum) mengandung senyawa capsaicin yang dapat digunakan untuk menurunkan kolesterol jahat dan lemak trigliserida, serta mengobati masalah pembuluh darah dan jantung.

Selain itu, cabai rawit juga dapat mengatasi pembekuan darah yang berlebihan, memperbaiki sirkulasi darah, dan mengatur tekanan darah. Penelitian menemukan bahwa cabai rawit dan capsaicin akan mencegah peningkatan kolesterol di hati sekaligus meningkatkan ekskresi melalui tinja.

9. Daun Salam

Cara menurunkan kolesterol tinggi dengan bahan alami yang kesembilan adalah merebus daun salam. Daun salam (Laurus nobilis) mampu menurunkan kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik.

Sebuah studi menemukan bahwa mengonsumsi satu hingga tiga gram daun salam setiap hari selama 30 hari dapat menurunkan kolesterol total hingga 24 persen, lemak trigliserida 34 persen, dan kolesterol jahat 40 persen, serta meningkatkan kolesterol baik 29 persen.

Cara lain menurunkan kolesterol

Selain dengan bumbu dapur, sejumlah buah dan makanan bisa juga menurunkan kolesterol tinggi secara alami. Dilansir dari Kontan.co.id, berikut buah dan makanan untuk menurunkan kolesterol.

Apel

Cara menurunkan kolesterol tinggi pertama yang perlu Anda coba adalah dengan mengonsumsi apel secara rutin. Mengutip dari Common Sense Home (commonsensehome.com), jumlah kolesterol jahat wanita berusia tua turun hingga 23%.

Sedangkan jumlah kolesterol baik atau HDl meningkat hingga 4%. Untuk mendapat hasil tersebut, Anda perlu mengonsumsi apel setiap hari selama enam bulan. Tak hanya menurunkan kolesterol jahat, apel juga mampu menurunkan berat badan hingga sekitar 1.5 kg.

Oatmeal

Selain apel, mengonsumsi oatmeal juga bisa jadi cara menurunkan kolesterol tinggi. Serat dalam oatmeal dapat menurunkan kolesterol dan menjaga sistem pencernaan Anda. Supaya manfaatnya lebih terasa, cobalah untuk mengkombinasikannya dengan makanan bergizi yang lain.

Teh Hijau

Jika Anda mencari obat herbal kolesterol, maka teh hijau adalah salah satu pilihannya. Sebuah penelitian menunjukkan, partisipan yang mengonsumsi enam gelas teh hijau setiap hari mengalami penurunan kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

Vitamin C

Cara menurunkan kolesterol tinggi juga bisa Anda lakukan dengan memperbanyak asupan vitamin c, lo. Jenis vitamin itu berperan sebagai antioksidan sehingga bisa mencegah inflamasi dalam tubuh. Ada banyak sumber vitamin C yang bisa Anda konsumsi.

Misalnya, jeruk, lemon, anggur, kiwi, nanas, dan lain sebagainya. Anda pun dapat mengonsumsi suplemen vitamin C. Namun, pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum mengonsumsi suplemen secara rutin, ya. Hal itu dilakukan untuk menghindari efek yang tidak diinginkan.

Minyak Kelapa

Obat kolesterol alami lainnya yang dapat Anda coba adalah minyak kelapa. Melansir Common Sense Home, mengonsumsi 2 sdm minyak kelapa setiap hari mampu menurunkan kolesterol jahat, meningkatkan kolesterol baik, dan mengurangi lingkar pinggang.

Itulah berbagai 7 gejala kolesterol tinggi di usia muda serta cara menurunkan kolesterol tinggi dengan cepat. Segera hubungi dokter jika kolesterol tak kunjung teratasi.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×