kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45903,33   4,58   0.51%
  • EMAS1.318.000 -0,68%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ciri-Ciri Kolesterol Usia Muda, Simak Saran Dokter untuk Ramuan Penurun Kolesterol


Kamis, 27 April 2023 / 16:18 WIB
Ciri-Ciri Kolesterol Usia Muda, Simak Saran Dokter untuk Ramuan Penurun Kolesterol
ILUSTRASI. Ciri-Ciri Kolesterol Usia Muda, Simak Saran Dokter untuk Ramuan Penurun Kolesterol


Reporter: Adi Wikanto | Editor: Adi Wikanto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Mari mengenali ciri-ciri kolesterol tinggi di usia muda. Simak juga saran dokter terkait ramuan tradisional penurun kolesterol tinggi.

Ciri-ciri kolesterol tinggi perlu dikenali sejak usia muda. Pasalnya, tren konsumsi junkfood menyebabkan kolesterol tinggi sejak usia muda.

Mengenali ciri-ciri kolesterol tinggi sejak usia muda penting agar bisa dikembalikan ke level normal. Dengan demikian, kolesterol tidak semakin menumpuk saat usia dewasa.

Lalu apa saja ciri-ciri kolesterol tinggi di usia muda?

Baca Juga: 5 Gejala Kolesterol Tinggi yang Berbahaya Bagi Kesehatan, Sudah Tahu?

Ciri-ciri kolesterol usia muda

Diberitakan Kontan.co Id, tubuh memang membutuhkan kolesterol supaya bisa berfungsi secara optimal. Namun, saat jumlah kolesterol dalam tubuh terlalu banyak, risiko berbagai penyakit menjadi tinggi. Supaya kondisi Anda tetap terjaga, ada beberapa ciri-ciri kolesterol yang perlu Anda perhatikan.

Umumnya, kolesterol normal berada di angka 200-239 mg/dl. Jika Anda memiliki jumlah kolesterol yang tidak berada jauh di angka itu, kondisi Anda masih bisa dikatakan normal. Namun, jika jumlahnya jauh melampau angka tersebut, Anda perlu berhati-hati.

Salah satu jenis penyakit yang bisa Anda alami ketika jumlah kolesterol terlalu banyak adalah tekanan darah tinggi. Jika Anda mengalami ciri-ciri kolesterol berikut pada usia muda, jangan ragu untuk memeriksakan diri ke dokter supaya mendapat perawatan yang tepat.

Benjolan di sekitar mata

Ciri-ciri kolesterol tinggi usia muda yang pertama adalah munculnya benjolan di sekitar mata. Mengutip dari Healthy-Ojas (healthy-ojas.com), munculnya benjolan di sekitar mata jadi salah satu ciri-ciri kolesterol tinggi yang sering terjadi.

Benjolan itu merupakan kelebihan kolesterol yang berada di bawah permukaan kulit. Umumnya, benjolan tersebut berwarna kuning dan tidak terasa sakit.

Nafsu makan turun

Ciri-ciri kolesterol tinggi usia muda yang kedua adalah nafsu makan turun. Ada banyak kondisi yang ditandai dengan nafsu makan yang turun. Artinya, Anda tidak boleh mengabaikan kondisi tersebut. Bisa jadi nafsu makan yang turun jadi salah satu ciri-ciri kolesterol yang Anda alami. Jika hal nafsu makan turun dalam jangka waktu lama, cobalah untuk memeriksakan diri ke dokter.

Baca Juga: Gejala Kolesterol Tinggi dapat Dilihat dari Mata, Ini Tanda-tandanya

Depresi

Tahukah Anda bawa depresi termasuk salah satu ciri-ciri kolesterol tinggi usia muda? Kandungan kolesterol dalam otak mencapai 25%. Jika jumlahnya kolesterol jahat terlalu tinggi, kemampuan otak untuk mengatur emosi menjadi terganggu.

Hal itulah yang membuat Anda mengalami depresi. Selain itu, risiko kehilangan memori dan penyakit alzheimer pun dapat meningkat saat jumlah kolesterol jahat dalam tubuh Anda terlalu tinggi, sedangkan jumlah kolesterol baik terlalu sedikit.

Berat badan naik

Healthy-Ojas menyatkaan bahwa berat badan bertambah jadi ciri-ciri kolesterol usia muda berikutnya yang dialami oleh banyak orang. Salah satu faktor yang mengakibatkan hal tersebut adalah hipotiroidisme. Hipotiroidisme adalah kondisi di mana hormon tiroid terlalu sedikit.

Tak hanya tiroidisme, peradangan dalam tubuh juga mengakibatkan jumlah kolesterol meningkat. Beberapa faktor yang menyebabkan peradangan dalam tubuh Anda adalah stres, kurang tidur, hingga depresi.

Ramuan penurun kolesterol tinggi

Dilansir dari Kompas.com, beberapa bahan alami dapat digunakan sebagai obat herbal penurun kolesterol jahat yang merusak tubuh. Namun, penggunaan ramuan herbal ini sebenarnya tidak bisa asal-asalan agar hasilnya benar-benar efektif menurunkan kolesterol.

Apa saja ramuan herbal penurun kolesterol tinggi?

Ketua Umum Perkumpulan Dokter Pengembang Obat Tradisional dan Jamu Indonesia (PDPOTJI) Dr (Cand.) dr Inggrid Tania, MSi mejelaskan, beberapa ramuan herbal bisa membantu menjaga kadar kolesterol tetap normal. “(Herbal) akan membantu tubuh menormalisasi kembali kadar lemak di dalam darah, sehingga nanti mencegah kolesterol jahat akibat kita memakan makanan tinggi lemak," kata Inggrid, dilansir dari Antara, Senin (24/4/2023).

Inggrid menyebutkan sejumlah bahan alami yang dapat digunakan sebagai ramuan herbal penurun kolesterol tinggi, di antaranya:

  • Teh hijau
  • Kunyit
  • Jahe
  • Temulawak
  • Temu kunci
  • Kencur
  • Cengkih
  • Pala
  • Lada hitam
  • Kapulaga
  • Bunga atau kembang lawang
  • Bawang putih
  • Sambiloto
  • Habbatussauda atau biji jinten hitam

Lebih lanjut ia menjelaskan, beberapa herbal tersebut bisa digunakan secara campuran untuk membuat ramuan tradisional penurun kolesterol. Misalkan teh hijau ditambah kapulaga; teh hijau ditambah jahe; atau campuran kunyit, temulawak, pala, dan ekstrak vanila.

Minum ramuan herbal penurun kolesterol tinggi, bagaimana baiknya?

Menurut Dokter Inggrid, ramuan herbal penurun kolesterol tinggi bisa digunakan sebagai pengganti minuman manis. Menurut dia, minuman manis dapat memperberat inflamasi atau peradangan di dalam tubuh.

Dengan rutin mengonsumsi ramuan herbal tersebut dan meminimalkan asupan manis, Inggrid menyebutkan, penderita kolesterol tinggi bisa menurunkan kadar kolesterol total, menurunkan kolesterol jahat (LDL), dan menaikkan kolestarol baik (HDL).

Namun, dia mengingatkan agar rutin minum ramuan herbal penurun kolesterol tinggi tetap diimbangi pola makan sehat. “Herbal ini harus dikonsumsi rutin. Dan orang-orang tetap perlu mengatur pola makannya. Bukan berarti minum herbal terus makan makanan tinggi lemak seenaknya saja,” jelas Inggrid.

Selain rutin minum ramuan herbal penurun kolesterol tinggi dan menjaga pola makan sehat, Inggrid juga menyebutkan beberapa kunci untuk menjaga kadar kolesterol tetap normal. “ Imbangi dengan rutin berolahraga, mendapatkan memiliki kualitas tidur yang baik, mengendalikan stres. Semuanya akan berpengaruh pada kadar kolesterol dalam tubuh,” kata Inggrid.

Itulah ciri-ciri kolesterol tinggi usia muda yang harus diwaspadai serta ramuan tradisional penurun kolesterol. Jangan lupa menjalankan pola hidup sehat seperti tidur teratur dan olahraga secara rutin untuk menjaga kolesterol normal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×