kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.350.000 0,52%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Manfaat Kolesterol Untuk Tubuh & Cara Menurunkan Kolesterol Tinggi dengan Alami


Kamis, 25 Mei 2023 / 07:02 WIB
Manfaat Kolesterol Untuk Tubuh & Cara Menurunkan Kolesterol Tinggi dengan Alami
ILUSTRASI. Manfaat Kolesterol Untuk Tubuh & Cara Menurunkan Kolesterol Tinggi dengan Alami


Sumber: Siloam Hospitals,Kompas.com | Editor: Adi Wikanto

KONTAN.CO.ID - Jakarta. Banyak orang yang takut dengan kolesterol. Padahal, kolesterol juga memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh. Namun Anda juga harus melakukan cara menurunkan kolesterol jika jumlahnya melebihi batas normal.

Mengutip website resmi Siloam Hospital, kolesterol adalah senyawa berupa lemak yang diproduksi oleh berbagai sel dalam tubuh, kolesterol dalam tubuh kita berasal dari dua sumber yaitu makanan dan hati.

Kolesterol terbagi menjadi dua jenis, yaitu kolesterol jahat (LDL) dan kolesterol baik (HDL). HDL berfungsi mencegah terjadinya aterosklerosis (penyempitan pembuluh darah akibat lemak).

Sebaliknya, LDL adalah kolesterol yang menjadi salah satu penyebab utama terjadinya aterosklerosis. Selain LDL dan HDL juga terdapat lemak dalam bentuk lain yang disebut trigliserida.

Nah, berikut kadar kolesterol seseorang berdasarkan masing-masing jenis di atas:

1. Kolesterol Baik (HDL)

Kolesterol baik pada tubuh berperan untuk melindungi Anda dari berbagai jenis penyakit jantung. Sehingga, semakin tinggi kadar HDL, maka akan semakin baik bagi kesehatan.

Kadar kolesterol normal untuk HDL yang dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung minimal 60 mg/dL. Dan apabila kadar HDL kurang dari 40 mg/dL tidak akan baik bagi jantung.

Baca Juga: Cara Menurunkan Kolesterol dengan Cepat Tanpa Obat, Waspadai 3 Bahaya Kolesterol

2. Kolesterol Jahat (LDL)

Sesuai dengan nama dan sifatnya, kolesterol jahat sebaiknya ada di tingkat rendah atau setidaknya dapat ditoleransi oleh tubuh Anda, yaitu kurang dari 100 mg/dL.

Apabila tubuh memiliki tingkat LDL lebih dari 100-129 mg/dL, maka dapat berisiko menyebabkan berbagai masalah kesehatan seperti ateroma, stroke, dan jantung.

3. Trigliserida

Selain LDL, tubuh juga dapat memproduksi lemak bernama trigliserida yang dapat meningkatkan risiko penyakit jantung. Sehingga, Anda disarankan menjaga kadar kolesterol normal pada trigliserida yaitu kurang dari 150 mg/dL.

Sementara, batas tinggi kadar trigliserida adalah 150-199 mg/dL, apabila kadarnya melebihi 200 mg/dL maka perlu diwaspadai.

 4. Kolesterol Total

Kolesterol total adalah gabungan dari LDL, HDL, dan trigliserida per desiliter darah. Kondisi umum kadar kolesterol seseorang biasanya cukup dilihat dari kolesterol total dan HDL.

Apabila kadar kolesterol total kurang dari 200 mg/dL, maka masih di batas normal. Namun, jika sudah mencapai 200-239 mg/dL termasuk batas tinggi. Dan dikategorikan kolesterol tinggi bila lebih dari 240 mg/dL.

Tingkat kolesterol seseorang tentunya berbeda-beda, tergantung dari apa yang dikonsumsi sehari-hari, atau bisa juga karena faktor keturunan. Sebelum melakukan tes kolesterol, Anda diharuskan berpuasa terlebih dahulu selama 9-12 jam.

Kadar Kolesterol Normal Berdasarkan Usia

Selain dari jenis-jenisnya, kadar kolesterol juga dapat dilihat berdasarkan jenis kelamin dan usia seseorang. Berikut masing-masing penjelasannya.

1. Kadar Kolesterol Normal Wanita Dibawah 19 Tahun

Kadar kolesterol normal wanita dibawah 19 tahun adalah kurang dari 170 mg/dL, dengan kadar LDL di bawah 110 mg/dL dan HDL di atas 45 mg/dL. Dikatakan kolesterol tinggi apabila kadarnya dalam darah mencapai lebih dari 200 mg/dL.

2. Kadar Kolesterol Normal Wanita Usia 20 Tahun dan Diatasnya

Sementara, kadar kolesterol normal wanita usia 20 tahun atau lebih adalah 125-200 mg/dL dengan jumlah LDL dibawah 100 mg/dL dan HDL di atas 40 mg/dL. Dikatakan kolesterol tinggi apabila kadarnya dalam darah mencapai lebih dari 239 mg/dL.

3. Kadar Kolesterol Normal Pria Usia Dibawah 19 Tahun

Sama halnya dengan wanita, kadar kolesterol normal pria dibawah 19 tahun adalah kurang dari 170 mg/dL, dengan kadar LDL di bawah 110 mg/dL dan HDL di atas 45 mg/dL. Dikatakan kolesterol tinggi apabila kadarnya dalam darah mencapai lebih dari 200 mg/dL.

4. Kadar Kolesterol Normal Pria 20 Tahun dan Diatasnya

Sementara, kadar kolesterol normal pria usia 20 tahun atau lebih adalah 125-200 mg/dL dengan jumlah LDL dibawah 100 mg/dL dan HDL di atas 40 mg/dL. Dikatakan kolesterol tinggi apabila kadarnya dalam darah mencapai lebih dari 239 mg/dL.

Manfaat kolesterol untuk kesehatan

Diberitakan Kompas.com, dalam ambang batas normal, manfaat kolesterol bisa membantu menjaga kinerja organ tubuh. Dokter Spesialis Gizi Klinik, dr. Putri Sakti, M. Gizi, Sp. GK, AIFO-K, CBCFF menjelaskan, batas kolesterol normal total per orang sebaiknya berada di bawah 200 miligram per desiliter. "Sebaiknya periksa kadar kolesterol rutin minimal satu tahun sekali," jelas Putri dalam acara Halal Bihalal dan Health Talkshow Nutrive Benecol, Selasa (16/5/2023).

Simak penjelasan Putri mengenai beberapa manfaat kolesterol yang penting diketahui berikut ini.

Dokter Putri menjelaskan, ada dua manfaat kolesterol yang penting untuk menjaga kinerja organ tubuh, yakni:

1. Membantu produksi vitamin D

Putri menuturkan, fungsi utama kolesterol adalah membantu menghasilkan vitamin D. Dengan jumlah kolesterol cukup, vitamin D dalam tubuh bisa berjalan baik. "Pastikan kadar kolesterol dalam darah sudah cukup agar produksi vitamin D tidak terhambat," kata Putri.

Menurut dia, tubuh bisa mendapatkan sumber vitamin D alami saat terpapar sinar matahari. Selain itu, vitamin ini juga bisa didapatkan dari berbagai asupan yang mengandung protein.

2. Menjaga hormon seksual

Jumlah kolesterol berlebih akan berdampak pada ketidakseimbangan hormon seksual seseorang. "Salah satu manfaat kolesterol memang untuk hormon dari seksual kita agar terjaga dengan baik," ujar Putri.

Hal ini berlaku untuk laki-laki dan perempuan, yang juga didukung oleh produksi vitamin D dalam jumlah cukup. Bila kadar kolesterol tidak mencukupi atau berlebih, vitamin D akan terjebak dalam tubuh dan jumlahnya kian rendah, lalu berdampak pada hormon yang kacau.

Mengingat fungsi kolesterol dalam jumlah cukup sebenarnya penting untuk tubuh, Putri mewanti-wanti agar setiap orang menjaga ambang batas salah satu zat ini agar tetap normal.

​Cara menurunkan kolesterol dengan alami

Terdapat beberapa cara untuk menurunkan kolesterol tinggi. Sebagai contoh, penderita bisa memperbaiki pola makan dan rajin berolahraga secara teratur. 

Dirangkum dari pemberitaan Kompas.com, berikut cara menurunkan kolesterol tinggi dengan alami:

1. Bawang putih 

Dilansir dari Healthline, penelitian menunjukkan, mengonsumsi bawang putih selama 1 hingga 3 bulan dapat membantu menurunkan kadar kolesterol darah. 

Pasalnya, bawang putih dapat memperlambat perkembangan aterosklerosis yang menyebabkan kolesterol tinggi. 

Selain kadar kolesterol dalam darah, mengonsumsi bawang putih juga bisa menurunkan tekanan darah dalam tubuh. Bawang putih dapat dikonsumsi langsung atau dalam bentuk suplemen, seperti kapsul dan tablet.

2. Kacang hijau 

Makanan berupa kacang-kacangan juga dapat dikonsumsi untuk menurunkan kolesterol dalam tubuh. Sebanyak 26 penelitian menemukan, mengonsumsi satu porsi kacang hijau secara teratur bisa menurunkan kadar kolesterol jahat. 

Penelitian tersebut dikaitkan dengan risiko penyakit jantung yang disebabkan oleh kolesterol tinggi. Hasil penelitian itu menunjukkan, kacang hijau mampu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

3. Ikan 

Ikan merupakan makanan rendah lemak jenuh yang cocok untuk dikonsumsi saat mengontrol kadar kolesterol. Ikan kerap dikonsumsi bagi penderita kolesterol yang sedang melakukan diet. 

Soalnya, ikan mengandung asam lemak omega-3 yang bermanfaat untuk membantu mencegah penyakit kardiovaskular yang berhubungan dengan kolesterol tinggi. 

American Heart Association (AHA) merekomendasikan, agar penderita kolesterol tinggi mengonsumsi ikan untuk menurunkan kolesterol. 

4. Ramuan alami 

Dilansir dari Kontan.co.id, ada beberapa ramuan alami yang dapat dikonsumsi untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. 

Ramuan alami tersebut berdasarkan rekomendasi buku berjudul Ramuan Lengkap Herbal Taklukkan Penyakit karya Prof H. Hembing W. 

Berikut beberapa ramuan alami untuk menurunkan kolesterol tinggi: 

  • Lemon dan bawang putih 
  • Jahe dengan bawang putih 
  • Jahe dengan madu 
  • Wedang uwuh 
  • Sereh, jahe, dan gula merah 

Beberapa ramuan tersebut bisa dikonsumsi secara rutin untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Kabar baiknya, mengonsumsi minuman herbal sesuai takaran tidak memicu efek samping. 

Itulah beberapa cara alami untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

itulah manfaat kolesterol dan cara menurunkan kolesterol tinggi dengan alami. Selalu cek kadar kolesterol Anda secara rutin agar bisa diketahui jika terjadi kenaikan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×