kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45923,49   -7,86   -0.84%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Cara Menurunkan Kolesterol dengan Cepat Tanpa Obat, Waspadai 3 Bahaya Kolesterol


Rabu, 24 Mei 2023 / 06:05 WIB
Cara Menurunkan Kolesterol dengan Cepat Tanpa Obat, Waspadai 3 Bahaya Kolesterol
ILUSTRASI. Cara Menurunkan Kolesterol dengan Cepat Tanpa Obat, Waspadai 3 Bahaya Kolesterol


Reporter: Adi Wikanto, Helvana Yulian | Editor: Adi Wikanto

KONTAN.CO.ID - Jakarta. Kenali cara menurunkan kolesterol dengan cepat tanpa obat. Apa saja bahaya kolesterol tinggi bagi kesehatan?

Cara menurunkan kolesterol dengan cepat tanpa obat penting untuk diketahui. Kadar kolesterol tinggi yang tidak terkendali dapat menyebabkan munculnya penyakit berbahaya, seperti stroke, serangan jantung, dan penyakit arteri perifer (PAD).

Cara menurunkan kolesterol dengan cepat tanpa obat bisa menjadi obat alternatif untuk mendukung pengobatan dari dokter. Oleh karena itu, Anda tetap harus mengikuti saran dokter dalam menurunkan kolesterol.

Lalu bagaimana cara menurunkan kolesterol dengan cepat tanpa obat?

Sebenarnya, kolesterol tidak selamanya buruk, karena sejatinya tubuh memerlukan zat tersebut untuk mendukung proses metabolisme, membangun sel-sel baru, membantu produksi vitamin D, dan membentuk hormon.

Baca Juga: Kemenkes Bocorkan 5 Buah yang Bisa Bikin Kolesterol Tinggi Rontok

Memang tidak ada keluhan khusus yang dapat menggambarkan tingginya kadar kolesterol dengan pasti. Meski begitu, dilansir dari Healthline, ada beberapa gejala kolesterol di usia muda yang perlu Anda ketahui, antara lain: 

1. Disfungsi ereksi

Gejala kolesterol di usia muda yang pertama adalah disfungsi ereksi. Penumpukan kolesterol bisa terjadi jika kadar kolesterol di dalam tubuh Anda tinggi. 

Penumpukan ini bisa menjadi salah satu penyebab dari disfungsi ereksi. Pasalnya, penumpukan kolesterol menciptakan plak di pembuluh darah arteri dan menghalangi aliran darah. 

2. Nyeri di bagian tengkuk

Gejala kolesterol di usia muda yang kedua adalah nyeri di bagian tengkuk. Nyatanya keluhan ini cukup sering dialami oleh orang yang mengalami kolesterol tinggi.

Hal ini dikaitkan dengan penumpukan plak di pembuluh darah pada area leher. Penumpukan plak ini dapat menghalangi aliran darah yang ada di leher dan menuju ke otak.

3. Rasa sakit pada rahang

Gejala kolesterol di usia muda yang ketiga adalah rasa sakit pada rahang. Menurut American Heart Association, hal ini merupakan gejala serangan jantung yang terjadi akibat kolesterol naik. 

Selain gejala serangan jantung, rasa sakit pada rahang juga bisa menjadi gejala dari penyakit jantung koroner, salah satu kondisi yang muncul akibat tingginya kadar kolesterol dalam darah.  

4. Mudah merasa lelah dan nyeri di kaki

Gejala kolesterol di usia muda yang keempat adalah mudah merasa lelah dan nyeri di kaki. Hal ini sering membuat penderita kolesterol tinggi menjadi lebih mudah merasa lelah.

Plak di pembuluh darah yang muncul sebagai dampak dari tingginya kadar kolesterol dalam darah dapat menyebabkan berkurangnya aliran darah ke jaringan tubuh.

Selain itu, jika penumpukan plak ini terjadi pada pembuluh darah di kaki, maka area kaki penderita dapat terasa berat, nyeri, bahkan terasa perih seperti terbakar.

5. Gangguan pencernaan

Gejala kolesterol di usia muda yang lainnya adalah gangguan pencernaan. Selain memicu rasa nyeri, kolesterol tinggi juga bisa mengacaukan sistem pencernaan. 

Tingginya kadar kolesterol dapat menciptakan ketidakseimbangan empedu, dan pada akhirnya menyebabkan munculnya batu empedu. 

6. Nyeri di bagian dada

Saat kadar kolesterol terlalu tinggi, penumpukan plak juga bisa terjadi di pembuluh darah jantung. Hal ini bisa mengganggu bahkan menghambat aliran darah menuju jantung.

Salah satu keluhan yang umumnya muncul akibat hal tersebut adalah nyeri di bagian dada. Bahkan jika sumbatannya total, hal ini bisa menyebabkan terjadinya serangan jantung.

7. Sakit kepala

Gejala kolesterol di usia muda yang selanjutnya adalah sakit kepala. Hal ini muncul sebagai tanda kolesterol naik adalah rasa sakit di kepala bagian belakang.  

Sakit kepala yang muncul bisa sangat mengganggu dan terasa berat, namun akan membaik setelah serangan kolesterol tinggi mereda. 

8. Kaki dan tangan mudah kesemutan

Tanda Anda mengidap kolesterol tinggi yang pertama adalah kaki dan tangan mudah kesemutan. Gejala ini timbul akibat kolesterol tinggi. 

Bahkan, terkadang kaki ini juga mengalami rasa nyeri, ngilu, atau kondisi yang tidak nyaman ketika digunakan berjalan atau digerakkan sekalipun.   

Kadar kolesterol yang berlebih dapat menyebabkan pembuluh darah arteri yang menyuplai darah ke area kaki Anda menyempit.  

Cara menurunkan kolesterol dengan cepat tanpa obat

Mencoba cara menurunkan kolesterol dengan cepat tanpa obat bisa menjadi pilihan tepat sebelum mengonsumsi obat penurun kolesterol.

Selain tidak menimbulkan efek samping, berbagai cara alami tersebut juga lebih bermanfaat terhadap kesehatan tubuh secara keseluruhan. 

Kolesterol sebenarnya bisa diturunkan melalui konsumsi obat kolesterol alami maupun yang diresepkan oleh dokter.

Namun, dokter umumnya akan menyarankan Anda untuk mencoba cara alami lebih dulu dibandingkan dengan langsung mengonsumsi obat.

Selain terbukti efektif, Cara menurunkan kolesterol dengan cepat tanpa obat juga dapat memberikan banyak manfaat bagi kesehatan. 

Melansir dari Health Focus, berikut adalah beberapa Cara menurunkan kolesterol dengan cepat tanpa obat yang bisa Anda coba, antara lain: 

1. Konsumsi makanan yang mengandung lemak sehat

Cara menurunkan kolesterol dengan cepat tanpa obat yang pertama adalah mengonsumsi makanan yang mengandung lemak sehat. 

Guna memenuhi kebutuhan lemak, Anda disarankan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung lemak sehat, seperti telur atau alpukat.

Selain itu, Anda juga disarankan untuk mengonsumsi ikan yang kaya akan asam lemak omega-3 seperti ikan salmon, sarden, dan makarel.

Beragam makanan tersebut diketahui dapat meningkatkan kadar kolesterol baik dalam tubuh.

2. Konsumsi makanan yang kaya omega-3

Cara menurunkan kolesterol dengan cepat tanpa obat yang kedua adalah mengonsumsi makanan yang kaya omega-3. 

Makanan dengan kandungan tinggi omega-3 merupakan jenis makanan yang disarankan bagi pengidap kolesterol tinggi.

Pasalnya, makanan kaya omega-3 dapat membantu turunkan kolesterol dan trigliserida dalam darah.

Beberapa pilihan makanan kaya omega-3 yang disarankan adalah ikan salmon, makerel, tuna, sarden, kacang kenari, dan biji chia.

3. Perbanyak asupan makanan berserat

Konsumsi makanan berserat juga dapat menurunkan kolesterol secara alami. Serat dapat mengikat lemak, sehingga mampu mengurangi penyerapan kolesterol di dalam usus.

Dengan begitu, kolesterol darah pun berkurang. Untuk memenuhi kebutuhan serat ini, Anda dapat mengonsumsi makanan seperti gandum, buah-buahan, kacang-kacangan, dan sayuran.

4. Mengontrol berat badan

Cara menurunkan kolesterol dengan cepat tanpa obat yang keempat adalah mengontrol berat badan. Menjaga berat badan ideal juga merupakan kunci untuk menurunkan kolesterol tinggi.

Sebab, orang dengan berat badan berlebih rentan mengalami peningkatan kolesterol dalam tubuh. Oleh karena itu, terapkan diet sehat untuk menurunkan dan menjaga berat badan ideal.

5. Olahraga teratur

Selain menjaga berat badan dengan menjalani diet sehat, penting juga untuk berolahraga teratur setiap harinya.

Hal ini tak hanya membuat tubuh menjadi bugar, tetapi juga membantu penurunan kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik di dalam tubuh.

6. Batasi makanan yang mengandung lemak jahat

Untuk menurunkan kolesterol secara alami, sebaiknya hindari konsumsi makanan yang mengandung lemak jahat, yaitu lemak jenuh dan lemak trans.

Ini karena kedua jenis lemak ini dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh.

Beberapa jenis makanan yang mengandung lemak jenuh dan lemak trans meliputi makanan cepat saji, gorengan, makanan manis, dan roti-rotian yang dipanggang.

7. Perbanyak konsumsi sayur dan buah

Cara menurunkan kolesterol dengan cepat tanpa obat yang selanjutnya adalah perbanyak konsumsi sayur dan buah. 

Memperbanyak konsumsi sayur dan buah adalah salah satu cara terbaik untuk mempercepat penurunan kadar kolesterol dalam tubuh.

Kandungan serat dalam sayur dan buah bisa menurunkan kolesterol jahat (LDL). Jumlah konsumsi sayur dan buah yang disarankan untuk menurunkan kolesterol adalah sekitar 500 gram setiap harinya.

8. Mengonsumsi suplemen

Sebuah penelitian menyebutkan bahwa suplemen minyak ikan yang kaya akan asam lemak omega-3 dipercaya mampu menurunkan kolesterol dan meningkatkan kesehatan jantung Anda.

Kolesterol memiliki fungsi penting dalam tubuh, tetapi kolesterol juga bisa menyebabkan tersumbatnya pembuluh darah dan penyakit jantung saat kadarnya tidak terkontrol.

Oleh karena itu, kadar kolesterol darah perlu dikendalikan dengan gaya hidup sehat supaya tetap dalam batas yang normal.

Bila Anda telah menerapkan berbagai Cara menurunkan kolesterol dengan cepat tanpa obat tetapi kadar kolesterol tidak kunjung turun, sebaiknya konsultasikan ke dokter.

Bahaya kolesterol tinggi

Batas kadar kolesterol normal adalah 200 miligram per desiliter. Saat jumlahnya lebih besar daripada ini, Anda perlu mencermati komposisi kolesterol tersebut dan mulai mengontrolnya dengan berkonsultasi ke dokter.

Pasalnya, ada banyak bahaya kolesterol tinggi untuk kesehatan. Diberitakan Kompas.com, Dokter Spesialis Gizi Klinik, dr. Putri Sakti, M. Gizi, Sp. GK, AIFO-K, CBCFF menjelaskan, penyakit kolesterol tinggi adalah salah satu masalah kesehatan yang dikenal sebagai silent killer atau silent disease. "Karena pada awal-awal, kolesterol itu tidak bergejala sehingga membuat kita suka abai. Otomatis, orang baru pergi periksa saat sudah ada gejalanya," kata Putri, saat berbincang di Halal Bihalal dan Health Talkshow Nutrive Benecol, Selasa (16/5/2023).

Menurut dia, gejala kolesterol tinggi biasanya disebabkan oleh penumpukkan lemak di pembuluh darah. Gangguan kesehatan ini apabila tidak segera ditangani bisa berdampak buruk pada tubuh.

Berikut beberapa bahaya kolesterol tinggi untuk kesehatan:

  • Membuat leher terasa kaku

Bahaya kolesterol tinggi yang pertama adalah dapat menyebabkan gejala sakit kelapa hingga leher yang terasa kaku. Pasalnya, kolesterol tinggi membuat lemak menumpuk di pembuluh darah, sehingga sulit untuk memompa pembuluh darah dan menyebarkannya ke seluruh tubuh. "Jadi dampaknya timbul kaku di leher dan pundak, padahal enggak makan yang asin-asin," kata Putri.

  • Faktor penyebab penyakit jantung dan pembuluh darah

Bahaya kolesterol tinggi yang paling fatal dan sering dialami penderitanya adalah menjadi faktor penyebab penyakit penyakit jantung dan pembuluh darah atau kardiovaskular. Menurut Putri, lokasi pembuluh darah yang tersebar di seluruh tubuh membuat kolesterol berdampak pada sindrom metabolik, salah satunya jantung. "Bisa juga terkena penyakit kardiovaskular lain, misalnya ke daerah otak yang menyebabkan stroke," ujar Putri.

  • Menyebabkan gangguan kesuburan

Bahaya kolesterol tinggi yang ketiga adalah mengganggu kesuburan. Kolesterol diperlukan untuk produksi hormon pada laki-laki maupun perempuan. Jumlahnya harus pas, tidak boleh kurang maupun berlebihan. "Tingginya kadar kolesterol bisa membuat gangguan kesuburan dan menyebabkan wanita susah hamil," jelas Putri.

Mengingat ada banyak bahaya kolesterol tinggi pada kesehatan, Putri mewanti-wanti setiap orang tidak menyepelekan masalah kesehatan ini. Penyakit ini bisa dikontrol dengan perubahan gaya hidup lebih sehat, menjaga pola makan, hingga bantuan obat.

Itulah cara menurunkan kolesterol dengan cepat tanpa obat serta bahaya kolesterol tinggi untuk kesehatan. Jaga kolesterol Anda agar tetap normal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×