kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45893,43   -4,59   -0.51%
  • EMAS1.333.000 0,53%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Apakah Nanas Bisa Menurunkan Kolesterol, Cek Obat Kolesterol Terbaik Alami Lain


Kamis, 05 Januari 2023 / 04:50 WIB
Apakah Nanas Bisa Menurunkan Kolesterol, Cek Obat Kolesterol Terbaik Alami Lain


Reporter: Adi Wikanto | Editor: Adi Wikanto

KONTAN.CO.ID - Jakarta. Apakah nanas bisa menurunkan kolesterol? Simak daftar obat kolesterol terbaik dari bahan alami lainnya berikut ini.

Banyak yang bertanya, apakah nanas bisa menurunkan kolesterol? Hal ini karena setelah makan daging merah, orang disarankan makan buah nanas untuk mencegah kolesterol naik.

Lalu, apakah nanas bisa menurunkan kolesterol tinggi?

Dilansir dari Kompas.com, HealthifyMe menyebutkan nanas adalah buah kaya serat yang bisa menurunkan kadar kolesterol dalam aliran darah secara alami. Nanas segar juga mengandung vitamin B6 yang bisa mendorong pembentukkan sel darah merah.

Grid.id juga menyebut, buah nanas bisa menurunkan kolesterol. Hal ini karena buah nanas memiliki kandungan zat bromelain yang berfungsi untuk mencerna protein dan mencegah kelebihan lemak dalam darah, sehingga dapat melancarkan sirkulasi darah dan kadar kolesterol.

Namun demikian, mengonsumsi nanas untuk tujuan menurunkan kolesterol tetap tidak boleh berlebih, karena dapat memberikan beberapa efek samping lainnya yang kurang baik untuk tubuh, seperti rasa gatal, alergi, dan kerusakan gigi.

Baca Juga: Apakah Durian Mengandung Kolesterol? Cek Makanan Penyebab Kolesterol Tinggi

Resep jus nanas untuk menurunkan kolesterol

Kompas.com mengulas ada resep terbaik jus nanas untuk menurunkan kolesterol tinggi. Resep jus nanas untuk menurunkan kolesterol tinggi ini bersumber dari  buku "Menu Sehat & Lezat Penurun Kadar Kolesterol" (2019) oleh Tuti Soenardi terbitan PT Gramedia Pustaka Utama.

Berikut resep jus nanas untuk menurunkan kolesterol:

Bahan

  • 250 gram nanas, potong
  • 50 gram sawi hijau
  • 2 sdm gula cair
  • Potongan es batu

Cara membuat jus nanas untuk menurunkan kolesterol adalah blender menjadi satu bahan jus, kecuali es batu. Tambahkan dengan potongan kecil es batu dan hidangkan.

Obat kolesterol terbaik dari bahan alami

Selain nanas, sejumlah bahan alami bisa menjadi obat kolesterol terbaik untuk dicoba. Diberitakan Kontan.co.id sebelumnya, berikut obat kolesterol terbaik dari bahan alami:

1. Bawang putih

Obat kolesterol terbaik dari bahan alami yang pertama adalah bawang putih. Mengutip dari E Times, bawang putih mengandung senyawa yang bernama allicin. Senyawa itulah yang berfungsi untuk menurunkan jumlah kolesterol LDL atau kolesterol jahat yang berbahaya untuk kesehatan tubuh.

Cara yang perlu Anda lakukan sangat mudah. Cukup kunyah beberapa siung bawang putih mentah di pagi dan malam hari. Seiring berjalannya waktu, jumlah kolesterol Anda akan menurun sehingga kondisi kesehatan bisa tetap terjaga.

Baca Juga: 5 Manfaat rambut jagung untuk kesehatan: menurunkan darah tinggi sampai asam urat

2. Ketumbar

Obat kolesterol terbaik dari bahan alami yang kedua adalah ketumbar. Jika Anda mencari obat kolesterol alami, tidak ada salahnya untuk mencoba ketumbar. Jenis rempah itu mengandung banyak nutrisi yang mampu mengontrol jumlah kolesterol. Mulai dari antioksidan, vitamin A, hingga vitamin C.

Anda perlu merebus 2 sdt ketumbar dalam air selama dua menit terlebih dahulu. Selanjutnya, saring dan minum air rebusan itu. Untuk mendapat hasil yang maksimal, Anda perlu minum air rebusan itu secara rutin.

3. Kunyit

Obat kolesterol terbaik dari bahan alami yang ketiga adalah kunyit. E Times merekomendasikan kunyit untuk menurunkan jumlah kolesterol dalam tubuh. Anda hanya perlu minum segelas air yang sudah dicampur dengan ½ sdt bubuk kunyit di pagi hari.

Nantinya, jumlah kolesterol akan berkurang sehingga risiko penyumbatan darah dan penyakit jantung bisa berkurang.

4. Cuka apel

Obat kolesterol terbaik dari bahan alami yang keempat adalah cuka apel. Cuka apel termasuk salah satu obat kolesterol yang cukup efektif. Cobalah untuk mengonsumsi segelas air hangat yang dicampur dengan 1 sdm cuka apel setiap hari. Seiring berjalannya waktu, jumlah kolesterol akan turun dan menjadi lebih stabil.

Itulah manfaat nanas untuk menurunkan kolesterol dan bahan alami lain yang bisa menjadi obat kolesterol. Obat kolesterol alami ini adalah obat alternatif yang tidak bisa menggantikan obat dokter. Hubungi dokter jika sakit berlanjut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Practical Business Acumen Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×