kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ciri-Ciri Kolesterol Tinggi Di Usia Muda, Cek Cara Mengatasi Kolesterol Dengan Cepat


Sabtu, 29 April 2023 / 09:29 WIB
Ciri-Ciri Kolesterol Tinggi Di Usia Muda, Cek Cara Mengatasi Kolesterol Dengan Cepat
ILUSTRASI. Ciri-Ciri Kolesterol Tinggi Di Usia Muda, Cek Cara Mengatasi Kolesterol Dengan Cepat. Kontan/Alri kemas


Reporter: Adi Wikanto | Editor: Adi Wikanto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Simak ciri-ciri kolesterol di usia muda. Kenali juga cara mengatasi kolesterol tinggi dengan cepat.

Ciri-ciri kolesterol di usia muda penting untuk dipahami. Pasalnya, banyak anak muda yang memiliki kolesterol tinggi akibat pola makan tidak sehat.

Mengenali ciri-ciri kolesterol di usia muda bagus untuk mendapatkan pengobatan sejak dini. Jika dibiarkan, kolesterol akan terus menumpuk sehingga bisa menimbulkan berbagai penyakit berbahaya seperti jantung.

Dilansir dari Kompas.com, kolesterol tinggi adalah kondisi saat kolesterol atau zat lilin seperti lemak dalam darah melampaui batas normal, yaitu sekitar 200 mg/dL. Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) menuliskan, total kolesterol normal adalah sekitar 150 mg/dL, dengan rincian:

  • Kolesterol low-density lipoprotein (LDL) atau kolesterol jahat: sekitar 100 mg/dL
  • Kolesterol high-density lipoprotein (HDL) atau kolesterol baik: setidaknya 40 mg/dL pada pria dan 50 mg/dL pada wanita
  • Trigliserida: kurang dari 150 mg/dL.

Baca Juga: Cara Menurunkan Kolesterol Tinggi, Berapa Standar Normal Kolesterol Wanita & Pria?

Saat kolesterol tinggi, umumnya tidak menimbulkan gejala apa pun bagi kebanyakan orang. Ciri-ciri kolesterol biasanya baru mulai dirasakan saat kadar kolesterol tinggi telah menyebabkan masalah atau gangguan lain di dalam tubuh. Oleh karena itu, penting untuk memeriksakan secara rutin untuk mengetahui kadar kolesterol dalam darah.

Lantas, apa saja ciri-ciri kolesterol tinggi di usia muda?

Ciri-ciri kolesterol tinggi di usia muda

Seiring waktu, kolesterol tinggi dapat menyebabkan penumpukan plak di dalam pembuluh darah yang disebut sebagai aterosklerosis. Imbasnya, rongga pembuluh darah menjadi lebih sempit, sehingga aliran darah menjadi terhambat.

Dilansir dari laman Cleveland Clinic, orang dengan aterosklerosis berisiko lebih tinggi terkena berbagai masalah kesehatan, seperti penyakit jantung dan stroke. Sayangnya, seperti menurut Kementerian Kesehatan, ciri kolesterol tinggi baru dirasakan saat plak sudah terbentuk di dalam pembuluh darah.

Ciri-ciri kolesterol di usia muda antara lain:

1. Mudah mengantuk

Ciri-ciri kolesterol di usia muda yang pertama adalah mudah mengantuk. Seringnya menguap terjadi akibat pasokan oksigen ke otak berkurang. Apabila frekuensi menguap sudah tidak wajar, maka patut curiga sebagai tanda kolesterol tinggi. Sebab, menguap bisa dipicu menumpuknya kolesterol dalam pembuluh darah, sehingga pasokan oksigen menuju otak menjadi tidak optimal.

2. Kesemutan

Ciri-ciri kolesterol di usia muda yang kedua adalah sering kesemutan. Kerap merasakan kesemutan pada kaki, tangan, atau bagian tubuh tertentu merupakan salah satu gejala aliran darah tidak lancar. Kesemutan pertanda ada syaraf yang tidak mendapatkan darah secara optimal. Adapun penyebab tidak lancarnya aliran darah, salah satunya karena tumpukan plak.

3. Tengkuk atau pundak pegal

Ciri-ciri kolesterol di usia muda yang ketiga adalah tengkuk atau pundak pegal. Salah satu penyebab pegal pada bagian tubuh ini adalah kurangnya suplai oksigen. Kekurangan oksigen sendiri dapat terjadi akibat penumpukan kolesterol. Baca juga: Berbeda-beda, Ini Kadar Kolesterol dalam Setiap Bagian Daging Ayam

4. Nyeri di kaki

Ciri-ciri kolesterol di usia muda yang keempat adalah nyeri di kaki. Kondisi ini dikarenakan tersumbatnya aliran di pembuluh darah, sehingga aliran darah ke kaki menjadi terhambat. Nyeri kaki bisa menjadi gejala kolesterol tinggi.

5. Dada terasa nyeri

Ciri-ciri kolesterol di usia muda yang kelima adalah dada terasa nyeri. Kondisi ini terjadi karena adanya plak di dinding arteri atau pembuluh darah, sehingga jantung tidak mendapatkan pasokan darah yang cukup untuk melakukan tugasnya.

6.  Disfungsi ereksi

Ciri-ciri kolesterol di usia muda yang keenam adalah mengalami disfungsi ereksi. Plak yang terbentuk akibat kolesterol tinggi bukan hanya menyebabkan nyeri, tetap juga disfungsi ereksi. Disfungsi ereksi merupakan kondisi saat pria tidak bisa mempertahankan cukup ereksi untuk melakukan hubungan seksual. Adapun kondisi ini, dapat terjadi akibat aliran darah menuju penis terhambat oleh plak kolesterol.

7. Xanthelasma

Ciri-ciri kolesterol di usia muda yang ketujuh adalah mengalami xanthelasma. Xanthelasma adalah penyakit yang ditandai dengan plak berwarna kekuningan di sudut bagian kelopak atas mata. Plak kekuningan ini muncul berkat penumpukan kolesterol yang terdapat di bawah kulit.

8. Xanthoma

Ciri-ciri kolesterol di usia muda yang kedelapan adalah menderita Xanthoma. Xanthoma adalah kelainan kulit yang ditandai dengan munculnya tumpukan atau gumpalan lemak, seperti benjolan-benjolan kecil pada kulit. Muncul karena adanya plak kolesterol, kondisi ini terjadi di bagian tubuh mana pun, tetapi lebih sering di persendian, khususnya lutut dan siku.

Cara mengatasi kolesterol tinggi dengan cepat

Diberitakan Kontan.co.id sebelumnya, kolesterol adalah salah satu jenis lemak yang terdapat dalam. Saat jumlahnya terlalu banyak, kesehatan tubuh Anda bisa terganggu. Untuk menurunkan risiko berbagai jenis penyakit, cobalah untuk mengonsumsi obat kolesterol alami.

Beberapa jenis makanan yang Anda konsumsi dapat jadi penurun kolesterol alami. Dengan begitu, kemungkinan kolesterol menumpuk dan menimbulkan plak di pembuluh darah pun berkurang. Artinya, aliran darah menjadi lebih lancar.

Pembuluh darah juga bisa berfungsi secara lebih optimal untuk mengantar oksigen dan nutrisi penting ke seluruh bagian tubuh. Jumlah kolesterol yang lebih terkontrol mampu menurunkan risiko penyakit fatal, seperti serangan jantung, stroke, dan lain sebagainya.

Apel

Cara mengatasi kolesterol tinggi pertama yang perlu Anda coba adalah dengan mengonsumsi apel secara rutin. Mengutip dari Common Sense Home (commonsensehome.com), jumlah kolesterol jahat wanita berusia tua turun hingga 23%.

Sedangkan jumlah kolesterol baik atau HDl meningkat hingga 4%. Untuk mendapat hasil tersebut, Anda perlu mengonsumsi apel setiap hari selama enam bulan. Tak hanya menurunkan kolesterol jahat, apel juga mampu menurunkan berat badan hingga sekitar 1.5 kg.

Baca Juga: 8 Obat herbal untuk menurunkan kolesterol yang bahannya mudah didapatkan

Oatmeal

Selain apel, mengonsumsi oatmeal juga bisa jadi cara mengatasi kolesterol tinggi. Serat dalam oatmeal dapat menurunkan kolesterol dan menjaga sistem pencernaan Anda. Supaya manfaatnya lebih terasa, cobalah untuk mengkombinasikannya dengan makanan bergizi yang lain.

Teh Hijau

Jika Anda mencari obat herbal kolesterol, maka teh hijau adalah salah satu pilihannya. Sebuah penelitian menunjukkan, partisipan yang mengonsumsi enam gelas teh hijau setiap hari mengalami penurunan kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

Vitamin C

Cara mengatasi kolesterol tinggi juga bisa Anda lakukan dengan memperbanyak asupan vitamin c, lo. Jenis vitamin itu berperan sebagai antioksidan sehingga bisa mencegah inflamasi dalam tubuh. Ada banyak sumber vitamin C yang bisa Anda konsumsi.

Misalnya, jeruk, lemon, anggur, kiwi, nanas, dan lain sebagainya. Anda pun dapat mengonsumsi suplemen vitamin C. Namun, pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum mengonsumsi suplemen secara rutin, ya. Hal itu dilakukan untuk menghindari efek yang tidak diinginkan.

Baca Juga: Menderita kolesterol? Ini bahan alami yang efektif menurunkan kolesterol

Minyak Kelapa

Obat kolesterol alami lainnya yang dapat Anda coba adalah minyak kelapa. Melansir Common Sense Home, mengonsumsi 2 sdm minyak kelapa setiap hari mampu menurunkan kolesterol jahat, meningkatkan kolesterol baik, dan mengurangi lingkar pinggang.

Bawang Putih

Tidak hanya bahan-bahan di atas, bawang putih juga bisa Anda manfaatkan sebagai obat kolesterol alami. Kandungan antivirus, antibakteri, dan antijamur dalam bawang putih pun berguna untuk menurunkan tekanan darah Anda. Jadi, risiko penyakit jantung bisa berkurang.

Itulah berbagai ciri-ciri kolesterol tinggi di usia muda serta cara mengatasi kolesterol tinggi dengan cepat. Segera hubungi dokter jika kolesterol tak kunjung teratasi.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×