kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45994,16   -8,36   -0.83%
  • EMAS1.136.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Catat 10 Manfaat Kacang Almond Bagi Kesehatan Tubuh


Jumat, 01 Desember 2023 / 11:14 WIB
Catat 10 Manfaat Kacang Almond Bagi Kesehatan Tubuh
ILUSTRASI. Kacang almond


Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Terdapat beragam manfaat kacang almond bagi kesehatan yang cukup menarik perhatian diketahui. Selain itu, manfaat kacang almond juga telah teruji khasiatnya secara klinis.

Tidak hanya itu, cara mengolah dan mengkonsumsi kacang almond juga perlu diperhatikan untuk bisa mendapatkan manfaat kacang almond secara maksimal.

Kacang almond bukan hanya sekadar camilan enak, tetapi juga penuh dengan nutrisi yang memberikan berbagai manfaat bagi kesehatan tubuh.

Baca Juga: Kenali 7 Manfaat Jamur Tiram Bagi Kesehatan yang Menarik Perhatian

Merangkum dari PharmEasy, ini manfaat kacang almond bagi kesehatan:

1. Kaya akan Nutrisi Penting

Almond mengandung berbagai nutrisi penting seperti vitamin E, magnesium, kalsium, dan serat. Vitamin E berperan sebagai antioksidan yang melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas.

Baca Juga: Ini 10 Manfaat Bawang Merah Bagi Kesehatan yang Penting Diketahui

2. Mendukung Kesehatan Jantung

Kacang almond dikenal mengandung lemak sehat, termasuk asam lemak omega-3 dan omega-6. Lemak sehat ini dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kolesterol baik (HDL), mendukung kesehatan jantung secara keseluruhan.

3. Menurunkan Risiko Diabetes

Almond dapat membantu mengontrol kadar gula darah. Kandungan serat yang tinggi membantu mengatur penyerapan gula, sehingga dapat membantu mengurangi risiko diabetes tipe 2.

Baca Juga: 8 Manfaat Belimbing Wuluh Untuk Kesehatan Tubuh yang Luar Biasa, Catat Ya!

4. Menyediakan Energi yang Berkelanjutan

Kacang almond mengandung protein, lemak, dan serat yang membuatnya menjadi sumber energi yang baik. Konsumsi almond sebagai camilan dapat memberikan energi yang berkelanjutan tanpa meningkatkan kadar gula darah secara drastis.

5. Menjaga Berat Badan Ideal

Meskipun kacang almond memiliki kandungan lemak yang tinggi, namun lemak tersebut sebagian besar adalah lemak sehat. Kandungan serat yang tinggi juga dapat memberikan rasa kenyang lebih lama, membantu menjaga berat badan ideal.

Baca Juga: Kenali 8 Manfaat Buah Zaitun Bagi Kesehatan yang Tidak Terduga

6. Meningkatkan Kesehatan Otak

Kacang almond mengandung vitamin E dan antioksidan lainnya yang dapat melindungi sel-sel otak dari kerusakan oksidatif. Kandungan asam lemak omega-3 juga dapat mendukung fungsi otak yang optimal.

7. Meningkatkan Kesehatan Kulit

Vitamin E dalam almond memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan kulit. Antioksidan ini membantu melawan kerusakan akibat sinar UV dan menjaga kelembapan kulit.

Baca Juga: Ini 10 Manfaat Buah Srikaya Bagi Kesehatan yang Tersembunyi

8. Menyokong Kesehatan Tulang

Kandungan kalsium, magnesium, dan fosfor dalam kacang almond dapat mendukung kesehatan tulang dan mencegah risiko osteoporosis.

9. Meredakan Peradangan

Kacang almond mengandung antioksidan dan senyawa antiinflamasi yang dapat membantu meredakan peradangan dalam tubuh, yang merupakan faktor risiko berbagai penyakit kronis.

Baca Juga: 8 Manfaat Buah Rambutan Bagi Kesehatan, Tahu?

10. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Kandungan nutrisi yang beragam dalam kacang almond, termasuk vitamin dan mineral, dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh, membantu melawan infeksi dan penyakit.

Meskipun kacang almond memberikan sejumlah manfaat kesehatan, perlu diingat untuk mengonsumsinya dengan bijak dan seimbang sebagai bagian dari pola makan yang sehat. Sebaiknya pilih kacang almond tanpa gula tambahan atau pengawet untuk mendapatkan manfaat kesehatan maksimal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×