kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Catat 8 Manfaat Kacang Almond Untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui


Jumat, 13 Oktober 2023 / 13:22 WIB
Catat 8 Manfaat Kacang Almond Untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui
ILUSTRASI. Manfaat kacang almond untuk kesehatan tubuh.


Penulis: Ryan Suherlan

Manfaat Kacang Almond - Ada sejumlah manfaat kacang almond untuk kesehatan tubuh yang jarang diketahui dan kerap luput dari perhatian. Tidak hanya itu, manfaat kacang almond untuk kesehatan juga telah teruji khasiatnya.

Kacang almond, yang berasal dari pohon almond Prunus dulcis, telah dikenal dan dikonsumsi oleh manusia selama ribuan tahun. 

Selain rasanya yang lezat, kacang almond juga terkenal karena manfaat kesehatan yang luar biasa.

Baca Juga: Kenali 8 Manfaat Ikan Salmon Untuk Kesehatan yang Luar Biasa

Merangkum dari PharmEasy, berikut beberapa manfaat kacang almond untuk kesehatan tubuh di antaranya:

1. Sumber Nutrisi yang Kaya

Kacang almond adalah sumber nutrisi yang kaya. Mereka mengandung vitamin dan mineral esensial, termasuk vitamin E, magnesium, kalsium, dan zat besi. Vitamin E adalah antioksidan kuat yang membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan oksidatif, sementara magnesium mendukung fungsi otot dan kesehatan jantung.

Baca Juga: 8 Manfaat Lobak Untuk Kesehatan Tubuh dan Khasiat yang Luar Biasa

2. Kandungan Lemak Sehat

Kacang almond mengandung lemak sehat, terutama asam oleat, yang merupakan jenis lemak tak jenuh tunggal. Lemak sehat ini baik untuk kesehatan jantung dan dapat membantu mengurangi kadar kolesterol LDL (kolesterol jahat) dalam tubuh.

3. Sumber Protein Nabati

Almond adalah sumber protein nabati yang baik. Protein adalah komponen penting dalam pembentukan sel-sel tubuh dan berperan dalam berbagai proses biokimia. Mencakup kacang almond dalam diet Anda dapat membantu memenuhi kebutuhan protein harian Anda, terutama jika Anda adalah seorang vegetarian.

Baca Juga: 7 Manfaat Paprika Untuk Kesehatan Tubuh yang Menakjubkan, Apa Saja?

4. Mendukung Kesehatan Jantung

Kacang almond dapat membantu mendukung kesehatan jantung. Kandungan lemak sehat, serat, dan antioksidan dalam almond dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung. Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa konsumsi kacang almond secara teratur dapat membantu menurunkan tekanan darah.

5. Manfaat bagi Kesehatan Otak

Kacang almond mengandung nutrien yang dikenal sebagai asam amino L-arginin, yang diyakini dapat meningkatkan aliran darah ke otak. Kandungan vitamin E dan antioksidan lainnya juga dapat membantu melindungi sel-sel otak dari kerusakan oksidatif, yang dapat berkontribusi pada penuaan otak dan masalah kognitif.

Baca Juga: Kenali 8 Manfaat Bawang Bombay Untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

6. Mendukung Pengelolaan Berat Badan

Meskipun kacang almond mengandung lemak, penelitian telah menunjukkan bahwa mereka dapat membantu dalam pengelolaan berat badan. Kandungan serat yang tinggi dan protein dapat memberikan rasa kenyang yang lebih lama, sehingga Anda cenderung makan lebih sedikit. Selain itu, lemak sehat dalam almond dapat membantu meningkatkan metabolisme.

7. Menurunkan Risiko Diabetes Tipe 2

Kacang almond memiliki indeks glikemik rendah, yang berarti mereka tidak menyebabkan lonjakan gula darah yang drastis setelah dikonsumsi. Konsumsi yang rutin dapat membantu menjaga kadar gula darah dalam batas yang sehat dan mungkin mengurangi risiko diabetes tipe 2.

Baca Juga: Apa itu Kutu Air? Simak 5 Obat Kutu Air Alami yang Ampuh Ini

8. Menyediakan Energi yang Berkelanjutan

Kacang almond adalah sumber energi yang baik karena mengandung karbohidrat, protein, dan lemak sehat. Makan sejumlah kecil almond sebagai camilan dapat memberikan energi yang berkelanjutan selama hari Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×