kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45928,35   -6,99   -0.75%
  • EMAS1.321.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Manfaat Kacang Almond untuk Kesehatan, Bantu Atasi Kolesterol Tinggi


Jumat, 19 Mei 2023 / 07:28 WIB
Manfaat Kacang Almond untuk Kesehatan, Bantu Atasi Kolesterol Tinggi
ILUSTRASI. Manfaat Kacang Almond untuk Kesehatan, Bantu Atasi Kolesterol Tinggi


Reporter: Adi Wikanto | Editor: Adi Wikanto

KONTAN.CO.ID - Jakarta. Simak manfaat kacang almond untuk kesehatan tubuh. Apa juga efek samping makan kacang almond terlalu banyak?

Manfaat kacang almond untuk kesehatan sangat besar. Jadikan kacang almond sebagai camilan sehari-hari karena memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh.

Diberitakan Kompas.com, kacang almond dikenal sebagai kacang premium karena harganya yang mahal dan rasanya yang nikmat. Namun, tahukah Anda bahwa kacang almond juga memiliki nilai gizi yang tinggi?

Kacang almond mengandung banyak serat, protein, lemak sehat, vitamin E, magnesium, fosfor, dan kalium. Nutrisi ini memainkan peran penting dalam banyak fungsi tubuh, seperti produksi energi, pertumbuhan sel, dan fungsi kekebalan tubuh.

Manfaat Kacang Almond untuk Kesehatan

Ada banyak alasan mengapa kacang almond bisa masuk kategori makanan bergizi tinggi. Berikut penjelasan dan manfaat kacang almond untuk kesehatan:

Baca Juga: Turunkan Kolesterol, Ini Sederet Manfaat Luar Biasa dari Kacang Almond bagi Kesehatan

1. Sumber lemak sehat

Manfaat kacang almond untuk kesehatan yang pertama adalah sebagai sumber lemak sehat. Almond kaya akan lemak tak jenuh tunggal dan tak jenuh ganda, yang dianggap sebagai lemak “sehat”. Nah, lemak ini baik untuk jantung Anda karena bisa menurunkan kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik. Jadi, jika Anda mencoba mengelola kolesterol, almond bisa menjadi pilihan makanan ringan yang baik dan praktis.

2. Rendah karbohidrat

Manfaat kacang almond untuk kesehatan yang kedua adalah membantu diet rendah karbo. Almond memiliki karbohidrat yang lebih sedikit dibandingkan dengan kacang lainnya dan menjadi pilihan makanan ringan yang baik untuk penderita diabetes.

Serat dalam almond juga membuat gula darah Anda lebih stabil, yang mengurangi risiko lonjakan gula darah.

3. Tinggi kalsium

Manfaat kacang almond untuk kesehatan yang ketiga adalah bagus untuk kesehatan tulang dan gigi. Hal ini karena kandungan kalsium di kacang almond sangat tinggi.

Terutama jika Anda memiliki alergi susu, segenggam almond dapat membantu menjaga keseimbangan diet Anda. Apalagi, kacang almond juga mengandung magnesium, seng, vitamin K dan mangan, yang juga dapat berkontribusi pada kesehatan tulang.

4. Kaya antioksidan

Manfaat kacang almond untuk kesehatan yang keempat adalah sumber antioksidan. Almond adalah sumber antioksidan yang baik, termasuk vitamin E dan flavonoid. Senyawa ini membantu melindungi sel dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas dan stres oksidatif.

Sebuah meta-analisis tahun 2022 menemukan bahwa makan sekitar 60 gram almond sehari membantu mengurangi peradangan dalam tubuh. Almond dikenal karena kandungan vitamin E-nya yang tinggi, yang merupakan antioksidan yang dapat membantu melindungi otak dari stres oksidatif dan peradangan.

Efek samping makan kacang almond terlalu banyak

Meski memiliki manfaat yang besar untuk kesehatan, makan kacang almond tidak boleh terlalu banyak. Makan kacang almond terlalu banyak bisa menimbulkan efek samping.

Dilansir dari website resmi Pemko Medan, berikut efek samping makan kacang almond terlalu banyak:

1. Interaksi Obat-Obatan

Efek samping makan kacang almond terlalu banyak yang pertama adalah menimbulkan interaksi obat-obatan. Hal ini karena kacang almond mengandung mangaan yang sangat tinggi.

Setiap 28 gram mengandung 0,6 mg mangaan. Pada kondisi normal, hal ini sangat bermanfaat karena tubuh Anda memerlukan 1,8-2,3 mg mangaan untuk membantu tubuh Anda berfungsi dengan baik. Tetapi saat Anda mengkonsumsi almond terlalu banyak justru akan memicu munculnya interaksi obat karena peningkatan kadar mangaan didalam darah. Jumlah mangaan yang tinggi didalam darah dapat berinteraksi dengan berbagai obat misalnya saja antasida, obat laxative, obat tekanan darah tinggi dan beberapa jenis antibiotika.

2. Overdosis vitamin E

Efek samping makan kacang almond terlalu banyak yang kedua adalah berpotensi kelebihan pasokan vitamin E. Hal ini karena kacang almond mengandung vitamin E yang tinggi.

Setiap 28 gram almond mengandung 7,4 mg vitamin E. Saat Anda terlalu banyak mengkonsumsi almond dan disertai makanan lain yang diperkaya vitamin E seperti bayam, sereal dan telur dapat meningkatkan resiko kelebihan vitamin E. Terlalu banyak vitamin E didalam tubuh dapat menyebabkan tubuh lemas, penglihatan kabur, nyeri kepala, diare dan buang gas.

Itulah manfaat kacang almond untuk kesehatan tubuh serta efek samping yang bisa ditimbulkan. Rutin makan kacang almon tapi jangan terlalu banyak agar bisa mendapatkan manfaat untuk kesehatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×