kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45925,20   -6,16   -0.66%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

11 Manfaat Kacang Almond untuk Ibu Hamil dan Kesehatan yang Sudah Terbukti


Kamis, 02 Februari 2023 / 11:23 WIB
11 Manfaat Kacang Almond untuk Ibu Hamil dan Kesehatan yang Sudah Terbukti
ILUSTRASI. Manfaat kacang almond untuk ibu hamil dan manfaat kacang almond untuk kesehatan.


Penulis: Virdita Ratriani

KONTAN.CO.ID - Selain menjadi camilan yang lezat, ternyata ada segudang manfaat kacang almond untuk ibu hamil maupun kesehatan. Kacang almond dapat dikonsumsi sendiri maupun dicampur dengan makanan lain seperti susu, mentega, maupun tepung. 

Kacang almond mulai populer sejak dibudidayakan di Amerika Serikat. Almond sendiri awalnya berasal dari Spanyol, lalu dibawa para pelaut Eropa ke Benua Amerika.

Dalam segenggam atau sekitar 28 kacang almond mengandung 3,5 gram serat, 6 gram protein, 14 gram lemak termasuk lemak tak jenuh tunggal, vitamin E, mangan, dan sejumlah nutrisi lainnya. Hal inilah yang membuat terdapat manfaat kacang almond untuk kesehatan maupun ibu hamil. 

Lantas, apa saja manfaat kacang almond untuk ibu hamil dan manfaat kacang almond untuk kesehatan? 

Baca Juga: Kenali 6 Vitamin Rambut yang Ampuh Merawat dan Menjaga Kesehatan Rambut

11 Manfaat kacang almond untuk kesehatan

Manfaat kacang almond untuk ibu hamil

Berikut ini manfaat almond bagi kesehatan seperti dikutip dari Healthline:

1. Sumber antioksidan

Manfaat almond salah satunya yakni sebagai sumber antioksidan, termasuk polifenol dalam kacang-kacangan, yang dapat melawan radikal bebas. Satu studi menemukan bahwa kacang almond dan kenari memiliki polifenol yang lebih besar untuk melawan radikal bebas daripada ikan.

Penelitian menunjukkan bahwa antioksidan dalam kenari dan almond dapat melindungi lemak halus di sel tubuh dari kerusakan akibat oksidasi.

Baca Juga: 5 Bahan Alami yang Efektif Menyamarkan Flek Hitam pada Wajah

2. Penurun berat badan

Selanjutnya, manfaat kacang almond juga bisa sebagai penurun berat badan. Meskipun dianggap sebagai makanan berkalori tinggi, penelitian menunjukkan bahwa kacang-kacangan dapat membantu menurunkan berat badan. 

Manfaat kacang almond secara konsisten terbukti meningkatkan penurunan berat badan. Dalam sebuah penelitian lain pada wanita yang kelebihan berat badan. 

Mereka yang makan almond kehilangan berat badan hampir tiga kali lebih banyak dan mengalami penurunan ukuran pinggang yang jauh lebih besar dibandingkan dengan kelompok yang tidak diberi asupan almond.

Baca Juga: 4 Jenis Makanan Pantangan Penderita Diabetes Agar Gula Darah Tidak Melonjak

3. Menurunkan kolesterol

Selanjutnya, manfaat kacang almond untuk kesehatan yakni dapat membantu menurunkan kolesterol. Kacang-kacangan seperti almond memiliki efek yang mengesankan pada penurunan kadar kolesterol dan trigliserida.

Manfaat kacang almond untuk kesehatan juga telah terbukti menurunkan kadar trigliserida pada orang yang mengalami obesitas dan penderita diabetes.

Kekuatan penurun kolesterol dari kacang-kacangan mungkin karena kandungan asam lemak tak jenuh tunggal dan tak jenuh ganda yang tinggi.

Kacang almond dan hazelnut juga tampaknya meningkatkan kolesterol HDL yang bersifat baik, sekaligus mengurangi kolesterol LDL atau kolesterol jahat dalam tubuh.

Baca Juga: Gurih dan Lezat! 4 Jenis Kacang Ini Bikin Kolesterol Keok

Manfaat kacang almond untuk kesehatan

4. Pengobatan diabetes

Kemudian, manfaat kacang almond untuk kesehatan juga bisa digunakan sebagai pengobatan diabetes. Diabetes tipe 2 adalah penyakit umum yang menyerang ratusan juta orang di seluruh dunia. Menariknya, kacang mungkin menjadi salah satu makanan terbaik bagi penderita diabetes tipe 2.

Pertama, manfaat almond yakni rendah karbohidrat dan tidak banyak meningkatkan kadar gula darah. Dengan demikian, mengganti menu makan karbohidrat tinggi dengan kacang-kacangan bisa efektif menurunkan kadar gula darah.

Studi menunjukkan bahwa manfaat kacang almond juga dapat menurunkan stres, tekanan darah, dan penyakit lain yang terkait dengan metabolisme tubuh.

Baca Juga: 10 Cara Mengatasi Migrain Secara Alami Tanpa Obat-obatan

5. Mengurangi peradangan

Manfaat kacang almond untuk kesehatan yakni dapat mengurangi peradangan. Kacang-kacangan adalah makanan yang memiliki sifat anti-inflamasi yang kuat. Peradangan adalah cara tubuh melindungi diri dari cedera, bakteri, dan patogen berbahaya lainnya.

Namun, peradangan kronis jangka panjang dapat menyebabkan kerusakan organ dan meningkatkan risiko penyakit. Penelitian menunjukkan bahwa makan kacang dapat mengurangi peradangan dan meningkatkan sistem anti penuaan.

Baca Juga: Selain Yogurt Yunani, Ini Yogurt yang Baik Dikonsumsi Penderita Diabetes

6. Bagus untuk pencernaan dan kesehatan usus

Selanjutnya, manfaat kacang almond untuk kesehatan adalah tinggi serat. Serat memberikan banyak manfaat bagi kesehatan. Meskipun tubuh tidak dapat mencerna serat, bakteri yang hidup di usus besar bisa mencerna serat yang masuk.

Banyak jenis serat yang berfungsi sebagai prebiotik atau makanan untuk bakteri usus yang sehat. Bakteri usus kemudian memfermentasi serat dan mengubahnya menjadi asam lemak yang bermanfaat.

Asam lemak ini memiliki manfaat yang baik, termasuk meningkatkan kesehatan usus dan mengurangi risiko diabetes dan obesitas. Selain itu, serat membantu merasa kenyang dan mengurangi jumlah kalori yang diserap dari makanan.

Baca Juga: Laki-Laki Wajib Tahu! Ini 5 Cara Ampuh Mencegah Kanker Prostat

7. Terhindar dari risiko serangan jantung dan stroke

Manfaat kacang almond sangat baik untuk kesehatan jantung. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kacang membantu menurunkan penyakit jantung dan risiko stroke karena bisa mengurangi kadar lemak jahat atau LDL.

Dalam sebuah studi, orang dengan kolesterol normal atau tinggi secara acak ditugaskan untuk mengonsumsi minyak zaitun atau kacang-kacangan dengan makanan berlemak tinggi.

Orang dalam kelompok kacang-kacangan memiliki fungsi arteri yang lebih baik  daripada kelompok minyak zaitun.

Baca Juga: Selain Yogurt Yunani, Ini Yogurt yang Baik Dikonsumsi Penderita Diabetes

Manfaat kacang almond untuk ibu hamil

8. Mendukung perkembangan otak

Kemudian manfaat kacang almond untuk ibu hamil adalah dapat mendukung perkembangan otak janin. Ada sebuah studi yang dilakukan Barcelona Institute for Global Health.

Penelitian tersebut mengungkapkan mengenai manfaat perempuan hamil yang mengonsumsi kacang pada trimester awal. Penelitian tersebut menunjukan bahwa mereka akan melahirkan anak-anak yang cenderung lebih cerdas.

Selain itu, anak akan lahir dengan daya ingat yang lebih baik. Memiliki lebih banyak keterampilan berpikir dan memiliki tingkat perhatian yang lebih tinggi.

Baca Juga: 5 Jus yang Dapat Membuat Refluks Asam Lambung Tersingkir, Lengkap dengan Resepnya

9. Memperkuat gigi dan tulang bayi 

Manfaat kacang almond ternyata sangat baik untuk bayi. Dirangkum dari laman Gramedia, kacang almond dapat memperkuat gigi dan tulang pada bayi lantaran mengandung sekitar 75 mg kalsium di dalam satu ons kacang almond. 

Kacang almond juga mengandung fosfor di dalamnya. Kandungan fosfor ini diketahui cukup tinggi di dalam kacang almond. Berkat kandungan inilah dapat memperkuat gigi dan tulang bayi. 

Baca Juga: Selain Yogurt Yunani, Ini Yogurt yang Baik Dikonsumsi Penderita Diabetes

10. Meningkatkan kesehatan mata, kulit dan melindungi sel tubuh

Selanjutnya, manfaat kacang almond untuk kesehatan yakni merupakan sumber vitamin E. Vitamin yang larut di dalam lemak ini berfungsi untuk melindungi sel tubuh.

Kandungan vitamin E didalam kacang almond disebut sebagai salah satu sumber vitamin E terbaik. Bahkan terbaik di dunia. 1 ons kacang almond akan menyediakan sebanyak 37% RDI.

Sel-sel tubuh akan terlindung dari kerusakan akibat radikal bebas. Oleh karena itu, manfaat kacang almond dapat melindungi sel-sel didalam tubuh. Selain itu, kacang almond juga akan meningkatkan kesehatan mata dan kesehatan kulit.

Baca Juga: Gaya Hidup Sehat Jadi Resolusi? Intip Solusi Kebutuhan Gaya Hidup Sehat dari ACE

11. Memberikan asupan zat besi

Salah satu kandungan yang dibutuhkan selama masa kehamilan adalah zat besi. Kacang almond memiliki kandungan zat besi di dalamnya. Sehingga, salah satu manfaat kacang almond untuk ibu hamil adalah mampu memberikan asupan zat besi. 

Di dalam 1 ons kacang almond, terdapat sekitar 1,1 mg zat besi. Ini akan memenuhi sebanyak 6% dari kebutuhan zat besi harian perempuan yang sedang hamil. Kebutuhan akan zat besi akan lebih tinggi lagi, terutama ketika trimester pertama.

Baca Juga: Gula Darah Bisa Naik! Ini 5 Camilan yang Buruk untuk Penderita Diabetes

Ketika hamil, ibu hamil akan membutuhkan sekitar dua kali jumlah zat besi. Hal ini karena ibu hamil akan menggunakan zat besi untuk membuat darah ekstra. Darah ekstra tersebut dibutuhkan oleh bayi.

Zat besi juga berfungsi untuk memindahkan oksigen. Oksigen dari paru-paru akan beredar ke seluruh tubuh, termasuk ke tubuh janin. Zat besi akan membantu proses pemindahan ini.

Itulah beberapa manfaat kacang almond untuk kesehatan serta manfaat kacang almond untuk ibu hamil. Manfaat kacang almond juga sangat baik sebagai makanan pendamping harian.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Terpopuler
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×