5 Jus yang Dapat Membuat Refluks Asam Lambung Tersingkir, Lengkap dengan Resepnya

Kamis, 26 Januari 2023 | 08:20 WIB   Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie
5 Jus yang Dapat Membuat Refluks Asam Lambung Tersingkir, Lengkap dengan Resepnya


KONTAN.CO.ID - Refluks asam lambung merupakan suatu kondisi saat asam lambung naik ke kerongkongan atau esofagus.

Melansir Kompas.com, refluks asam lambung bisa terjadi ketika otot di bagian bawah kerongkongan (sfingter esofagus bagian bawah) yang bertindak sebagai pintu gerbang ke lambung menjadi lemah atau kendur. 

Pada kondisi normal, sfingter esofagus bagian bawah dapat kembali tertutup setelah dilewati makanan. Tapi, begitu ada masalah, kinerja katup ini bisa terganggu sehingga tidak tertutup sempurna atau terkadang terbuka. 

Ketika otot sfingter esofagus bagian bawah lemah atau tidak mengencang dengan benar, asam yang diproduksi di lambung dapat naik ke kerongkongan. 

Refluks asam lambung adalah kondisi medis umum yang dapat berkisar dari tingkat keparahan ringan hingga serius. Refluks asam lambung dapat menyebabkan heartburn dan gejala lain, seperti: 

- Batuk 
- Sakit tenggorokan 
- Rasa pahit di bagian belakang tenggorokan 
- Rasa asam di mulut

Baca Juga: 5 Vitamin yang Membuat Asam Urat Tak Berkutik, Apa Saja?

Mengutip The Juice Chief, Anda mungkin pernah mengalami gejala refluks asam pada suatu waktu. Akan tetapi, mungkin Anda tidak menyadari bahwa Anda memiliki kondisi ini. Masalah kesehatan ini juga dikenal sebagai GERD (Gastro Esophageal Reflux Disease) yang dapat berlangsung dalam jangka waktu yang lama.

Makan berlebihan, mengonsumsi makanan dalam jumlah besar, terlalu banyak mengonsumsi buah jeruk, makanan berlemak, dan minuman beralkohol termasuk kopi dan teh sering membuat Anda merasakan hiperasiditas. Tapi perasaan ini tidak berhenti di situ. Kehamilan, merokok, serta makanan dan obat lain juga dapat memicu kondisi medis ini.

Perubahan jenis asupan makanan bisa menjadi alternatif yang baik untuk mengatasi hal ini. Yang lainnya adalah memilih minuman yang lebih sehat yang mengandung lebih sedikit sifat asam seperti jus.

Berikut adalah 5 jus yang dapat membantu mengobati refluks asam lambung:

1. Jus Cranberry 

Buah cranberry sangat cocok untuk seluruh keluarga. Tambahkan jeruk dan lemon untuk mendapatkan rasa yang lebih enak agar lebih menarik bagi si kecil.

Bahan:

8 cangkir cranberry segar
8 gelas air
1/2 cangkir jus jeruk segar
1/2 cangkir jus lemon segar

Cara membuat:

Tambahkan cranberry dan air ke dalam panci besar. Didihkan lalu kecilkan api, tutup dan didihkan selama 25 menit. Tambahkan 2 jus jeruk yang sudah disiapkan ke dalam mangkuk. Aduk agar tercampur.

Saring jus yang sudah dibuat. Angkat dan tempatkan jus ke dalam gelas. Dinginkan jus dan sajikan.

Baca Juga: 3 Resep Membuat Jus Segar agar Asam Lambung Keok

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

Terbaru