kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45994,16   -8,36   -0.83%
  • EMAS1.136.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kenali 7 Manfaat Jamur Tiram Bagi Kesehatan yang Menarik Perhatian


Kamis, 30 November 2023 / 14:42 WIB
Kenali 7 Manfaat Jamur Tiram Bagi Kesehatan yang Menarik Perhatian
ILUSTRASI. Jamur tiram


Penulis: Ryan Suherlan

Manfaat Jamur Tiram - Terdapat berbagai manfaat jamur tiram bagi kesehatan tubuh yang menarik perhatian diketahui. Selain itu, manfaat jamur tiram juga bisa didapatkan manfaat jamur tiram secara maksimal.

Jamur tiram (pleurotus ostreatus) merupakan salah satu jenis jamur yang populer dikonsumsi dan juga dikenal karena manfaat kesehatannya. 

Selain rasanya yang lezat, jamur tiram memiliki sejumlah nutrisi dan senyawa bioaktif yang dapat memberikan kontribusi positif bagi kesehatan tubuh.

Baca Juga: 9 Manfaat Toge Untuk Kesehatan Tubuh yang Luar Biasa, Yuk Catat!

Merangkum dari Healthline, berikut manfaat jamur tiram bagi kesehatan:

1. Kandungan Nutrisi Tinggi

Jamur tiram mengandung berbagai nutrisi penting seperti protein, serat, vitamin B kompleks, vitamin D, fosfor, zat besi, kalium, dan selenium. Nutrisi-nutrisi ini memiliki peran vital dalam menjaga kesehatan tubuh dan mendukung berbagai fungsi organ.

Baca Juga: Daftar 10 Manfaat Jus Mangga Bagi Kesehatan yang Penting Diketahui

2. Sumber Protein Nabati

Bagi individu yang menjalani pola makan nabati atau vegetarian, jamur tiram dapat menjadi sumber protein yang baik. Protein adalah nutrisi esensial yang diperlukan untuk membangun dan memperbaiki jaringan tubuh, serta menjaga keseimbangan hormonal.

3. Mendukung Kesehatan Jantung

Jamur tiram mengandung senyawa beta-glukan dan ergosterol, yang telah dikaitkan dengan penurunan kadar kolesterol. Konsumsi jamur tiram secara teratur dapat membantu menjaga kesehatan jantung dan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

Baca Juga: 7 Manfaat Mengkudu untuk Kesehatan Tubuh yang Jarang Diketahui, Catat Ya!

4. Penguat Sistem Kekebalan Tubuh

Beta-glukan, yang ditemukan dalam jamur tiram, memiliki sifat imunomodulator yang dapat meningkatkan respons kekebalan tubuh terhadap infeksi dan penyakit. Dengan memperkuat sistem kekebalan tubuh, tubuh lebih mampu melawan patogen dan menjaga kesehatan secara keseluruhan.

5. Antioksidan untuk Melawan Radikal Bebas

Jamur tiram kaya akan antioksidan, seperti selenium dan vitamin C, yang dapat melawan radikal bebas dalam tubuh. Radikal bebas dapat menyebabkan kerusakan sel dan dihubungkan dengan berbagai penyakit, termasuk kanker. Mengonsumsi makanan yang kaya antioksidan dapat membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan ini.

Baca Juga: Ini 9 Manfaat Buah Sawo Bagi Kesehatan, Sudah Tahu?

6. Mendukung Kesehatan Tulang

Vitamin D, yang terdapat dalam jumlah cukup dalam jamur tiram, diperlukan untuk penyerapan kalsium dan fosfor dalam tubuh. Nutrisi ini esensial untuk kesehatan tulang dan dapat membantu mencegah osteoporosis.

Baca Juga: Cek 10 Manfaat Buah Nangka untuk Kesehatan Tubuh yang Menakjubkan

7. Menyediakan Energi dengan Kalori Rendah

Jamur tiram adalah sumber energi yang baik, namun rendah kalori dan lemak. Oleh karena itu, mereka dapat menjadi pilihan makanan yang baik untuk mereka yang ingin menjaga berat badan atau mengurangi asupan kalori.

Dengan kandungan nutrisi yang tinggi dan sejumlah manfaat kesehatan yang terkait, jamur tiram dapat menjadi tambahan yang bermanfaat dalam pola makan sehat. Meskipun demikian, seperti dengan semua makanan, sebaiknya konsumsi jamur tiram sebagai bagian dari pola makan yang seimbang dan beragam. Konsultasikan dengan profesional kesehatan jika Anda memiliki kondisi kesehatan tertentu atau ragu-ragu tentang pengaruh jamur tiram pada kesehatan Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×