kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45908,54   -10,97   -1.19%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kenali 8 Manfaat Kacang Almond untuk Kesehatan yang Luar Biasa


Kamis, 02 November 2023 / 08:53 WIB
Kenali 8 Manfaat Kacang Almond untuk Kesehatan yang Luar Biasa
ILUSTRASI. Manfaat kacang almond untuk kesehatan.


Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Ada beragam manfaat kacang almond untuk kesehatan tubuh yang luar biasa dan menarik diketahui. Selain itu, manfaat kacang almond juga telah teruji secara klinis.

Kacang almond adalah salah satu jenis kacang-kacangan yang telah lama dikenal karena kandungan nutrisinya yang kaya dan manfaatnya bagi kesehatan tubuh. 

Kacang almond berasal dari pohon almond yang tumbuh di daerah Mediterania, Timur Tengah, dan California. Mereka seringkali disebut sebagai "kacang ajaib" karena sejumlah manfaat yang dapat diberikan kepada tubuh manusia.

Baca Juga: Simak 10 Manfaat Buah Aprikot untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

Melansir dari WebMD, berikut beberapa manfaat kacang almond untuk kesehatan di antaranya:

1. Sumber Nutrisi yang Kaya

Kacang almond adalah sumber nutrisi yang kaya, termasuk vitamin, mineral, protein, serat, dan lemak sehat. Mereka mengandung vitamin E, magnesium, kalsium, dan zat besi. Kandungan serat dalam kacang almond membantu dalam pencernaan yang sehat, sementara vitamin E adalah antioksidan yang melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas.

Baca Juga: Simak 10 Cara Mengatasi Tulang Belakang Sakit Secara Alami, Sudah Coba?

2. Menjaga Kesehatan Jantung

Kacang almond mengandung lemak sehat, termasuk asam lemak tak jenuh tunggal, yang dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung. Lemak sehat ini dapat meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) dan mengurangi kadar kolesterol jahat (LDL) dalam darah. Kacang almond juga mengandung arginin, sejenis asam amino yang dapat membantu menjaga elastisitas pembuluh darah dan tekanan darah yang sehat.

3. Menurunkan Risiko Diabetes

Konsumsi kacang almond secara teratur dapat membantu mengontrol kadar gula darah. Serat dan protein dalam kacang almond membantu menjaga kadar gula darah tetap stabil. Mereka juga membantu mengurangi resistensi insulin, yang merupakan faktor risiko untuk diabetes tipe 2.

Baca Juga: 10 Manfaat Buah Manggis Untuk Kesehatan yang Tidak Terduga

4. Meningkatkan Kesehatan Otak

Kacang almond mengandung riboflavin dan L-karnitin, yang penting untuk fungsi otak yang sehat. Asam lemak omega-3 yang terkandung dalam kacang almond juga dapat membantu dalam perkembangan otak dan memori yang baik. Mereka dapat membantu mengurangi risiko penyakit Alzheimer dan menjaga kognisi yang baik seiring bertambahnya usia.

5. Mendukung Penurunan Berat Badan

Meskipun kacang almond mengandung lemak, mereka dapat membantu dalam program penurunan berat badan. Lemak sehat dalam kacang almond memberikan rasa kenyang yang lebih lama, sehingga membantu mengurangi keinginan untuk makan camilan yang tidak sehat. Konsumsi kacang almond dengan bijak dapat membantu dalam mengontrol berat badan.

Baca Juga: Kenali 8 Manfaat Buah Kersen Untuk Kesehatan Tubuh, Sudah Tahu?

6. Menyediakan Energi yang Berkelanjutan

Kacang almond adalah sumber energi yang baik, terutama karena mengandung karbohidrat, protein, dan lemak sehat. Makan sejumlah kacang almond sebagai camilan dapat memberikan energi yang berkelanjutan selama hari.

7. Mendukung Kesehatan Kulit

Vitamin E dan antioksidan dalam kacang almond membantu menjaga kulit tetap sehat dan muda. Mereka melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar UV matahari dan polusi lingkungan. Anda bahkan dapat menggunakan minyak almond sebagai bahan alami dalam perawatan kulit.

Baca Juga: Simak 10 Manfaat Daun Talas Untuk Kesehatan yang Menarik Diketahui

8. Menjaga Kesehatan Tulang

Kacang almond mengandung kalsium, magnesium, dan fosfor, yang semuanya penting untuk kesehatan tulang. Konsumsi kacang almond secara teratur dapat membantu mencegah osteoporosis dan menjaga kepadatan tulang yang baik.

Dalam rangka mendapatkan manfaat maksimal dari kacang almond, disarankan untuk mengonsumsinya dalam porsi yang wajar, sekitar 1 hingga 1,5 ons (28-42 gram) sehari. Selalu pilih kacang almond yang belum dipanggang atau tanpa garam untuk manfaat kesehatan terbaik. Jadi, jika Anda ingin mendukung kesehatan tubuh Anda secara keseluruhan, pertimbangkan untuk memasukkan kacang almond ke dalam pola makan Anda.

Selanjutnya: Intip Kurs Dollar-Rupiah di BCA Hari Ini Kamis 2 November 2023, Nasabah Merapat

Menarik Dibaca: Tak Cuma Gadis Kretek, Tonton Juga 5 Film Populer Ario Bayu Ini

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Terpopuler
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×