kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45991,60   -2,56   -0.26%
  • EMAS1.135.000 -0,09%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

8 Manfaat Belimbing Wuluh Untuk Kesehatan Tubuh yang Luar Biasa, Catat Ya!


Kamis, 30 November 2023 / 14:39 WIB
8 Manfaat Belimbing Wuluh Untuk Kesehatan Tubuh yang Luar Biasa, Catat Ya!


Penulis: Ryan Suherlan

Manfaat Belimbing Wuluh - Banyak manfaat belimbing wuluh untuk kesehatan tubuh yang luar biasa dan menarik diketahui. Tidak hanya itu, manfaat belimbing wuluh juga telah teruji secara klinis.

Belimbing wuluh (Averrhoa bilimbi) adalah buah tropis yang tumbuh di sebagian besar daerah tropis, termasuk Indonesia. 

Buah ini memiliki rasa yang asam dan sering digunakan dalam masakan sebagai bahan penyedap atau bumbu. Selain memberikan rasa segar pada masakan, belimbing wuluh juga dikenal memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan tubuh.

Baca Juga: 9 Manfaat Toge Untuk Kesehatan Tubuh yang Luar Biasa, Yuk Catat!

Merangkum dari Medical News Today, berikut manfaat belimbing wuluh untuk kesehatan:

1. Kaya akan Vitamin C

Belimbing wuluh merupakan sumber vitamin C yang baik. Vitamin C memiliki peran penting dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh, melawan radikal bebas, dan membantu proses penyembuhan luka. Konsumsi belimbing wuluh dapat membantu menjaga kesehatan kulit, gigi, dan gusi.

Baca Juga: Daftar 10 Manfaat Jus Mangga Bagi Kesehatan yang Penting Diketahui

2. Antioksidan Tinggi

Buah belimbing wuluh mengandung senyawa antioksidan seperti flavonoid dan polifenol. Antioksidan berperan dalam melawan efek negatif radikal bebas dalam tubuh, yang dapat membantu mengurangi risiko penyakit degeneratif, seperti kanker dan penyakit jantung.

3. Mengandung Asam Amino

Belimbing wuluh mengandung beberapa asam amino esensial yang dibutuhkan oleh tubuh. Asam amino adalah blok bangunan protein, yang diperlukan untuk pertumbuhan dan perbaikan sel-sel tubuh. Konsumsi belimbing wuluh dapat membantu memenuhi kebutuhan asam amino tubuh.

Baca Juga: 7 Manfaat Mengkudu untuk Kesehatan Tubuh yang Jarang Diketahui, Catat Ya!

4. Menurunkan Kadar Gula Darah

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa belimbing wuluh dapat membantu menurunkan kadar gula darah. Kandungan senyawa aktif dalam buah ini dapat berkontribusi dalam pengelolaan diabetes. Meskipun demikian, sebaiknya penderita diabetes berkonsultasi dengan profesional kesehatan sebelum mengonsumsi belimbing wuluh secara teratur.

5. Menjaga Kesehatan Jantung

Belimbing wuluh dapat mendukung kesehatan jantung karena kandungan seratnya yang tinggi. Serat membantu mengurangi kadar kolesterol dalam darah, sehingga mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke.

Baca Juga: Ini 9 Manfaat Buah Sawo Bagi Kesehatan, Sudah Tahu?

6. Meningkatkan Sistem Pencernaan

Serat yang terdapat dalam belimbing wuluh dapat membantu meningkatkan sistem pencernaan dan mencegah masalah pencernaan, seperti sembelit. Konsumsi serat juga dapat membantu menjaga berat badan yang sehat.

7. Sumber Nutrisi Penting

Belimbing wuluh mengandung sejumlah nutrisi penting, termasuk vitamin A, vitamin B kompleks, kalium, dan zat besi. Nutrisi ini mendukung berbagai fungsi tubuh, termasuk kesehatan mata, fungsi otak, dan pembentukan sel darah merah.

Baca Juga: Cek 10 Manfaat Buah Nangka untuk Kesehatan Tubuh yang Menakjubkan

8. Mengurangi Risiko Infeksi

Kandungan vitamin C dan senyawa antioksidan dalam belimbing wuluh dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh, sehingga mengurangi risiko infeksi dan penyakit.

Meskipun belimbing wuluh memiliki banyak manfaat kesehatan, penting untuk mengonsumsinya dengan bijak dan sebagai bagian dari pola makan yang seimbang. Jika Anda memiliki kondisi kesehatan tertentu atau sedang mengonsumsi obat-obatan, sebaiknya konsultasikan dengan profesional kesehatan sebelum menambahkan belimbing wuluh ke dalam diet harian Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Efficient Transportation Modeling (SCMETM) Supply Chain Management on Distribution Planning (SCMDP)

[X]
×