kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45994,16   -8,36   -0.83%
  • EMAS1.136.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ini 10 Manfaat Buah Srikaya Bagi Kesehatan yang Tersembunyi


Kamis, 30 November 2023 / 14:30 WIB
Ini 10 Manfaat Buah Srikaya Bagi Kesehatan yang Tersembunyi
ILUSTRASI. Buah srikaya


Penulis: Ryan Suherlan

Manfaat Buah Srikaya - Banyak manfaat buah srikaya bagi kesehatan tubuh yang tersembunyi dan kerap luput dari perhatian. Selain itu, cara mengolah dan mengkonsumsi srikaya juga perlu diketahui untuk bisa mendapatkan manfaat srikaya secara maksimal.

Buah srikaya, atau sering disebut juga dengan nama lainnya seperti sugar-apple atau custard apple, adalah buah yang memiliki rasa manis dan aroma yang khas.

Selain lezat, buah ini juga mengandung berbagai nutrisi penting yang memberikan sejumlah manfaat kesehatan bagi tubuh.

Baca Juga: 9 Manfaat Toge Untuk Kesehatan Tubuh yang Luar Biasa, Yuk Catat!

Merangkum dari Healthline dan WebMD, berikut manfaat buah srikaya bagi kesehatan:

1. Kaya akan Nutrisi

Buah srikaya kaya akan nutrisi yang esensial untuk kesehatan tubuh. Buah ini mengandung vitamin C, vitamin B6, thiamin, riboflavin, niasin, dan folat. Selain itu, srikaya juga mengandung mineral seperti potassium, magnesium, dan tembaga yang mendukung berbagai fungsi tubuh.

Baca Juga: Daftar 10 Manfaat Jus Mangga Bagi Kesehatan yang Penting Diketahui

2. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Vitamin C yang terkandung dalam buah srikaya merupakan antioksidan alami yang membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Antioksidan ini berperan dalam melawan radikal bebas yang dapat menyebabkan kerusakan sel dan penyakit.

3. Menjaga Kesehatan Jantung

Buah srikaya mengandung serat, potassium, dan magnesium yang bermanfaat untuk kesehatan jantung. Serat membantu mengurangi kadar kolesterol dalam darah, sementara potassium dan magnesium membantu menjaga tekanan darah normal dan mengurangi risiko penyakit jantung.

Baca Juga: 7 Manfaat Mengkudu untuk Kesehatan Tubuh yang Jarang Diketahui, Catat Ya!

4. Mendukung Pencernaan yang Sehat

Serat dalam buah srikaya juga berperan penting dalam menjaga kesehatan sistem pencernaan. Serat membantu mencegah sembelit, meningkatkan pergerakan usus, dan mendukung pertumbuhan bakteri baik di dalam usus.

5. Menyediakan Energi

Buah srikaya mengandung karbohidrat yang dapat memberikan energi cepat. Ini membuatnya menjadi pilihan camilan yang baik untuk memberikan dorongan energi saat dibutuhkan.

Baca Juga: Ini 9 Manfaat Buah Sawo Bagi Kesehatan, Sudah Tahu?

6. Membantu Pengaturan Gula Darah

Kandungan serat dalam buah srikaya juga dapat membantu mengatur kadar gula darah. Ini bermanfaat bagi penderita diabetes atau orang yang ingin menjaga kadar gula darah tetap stabil.

7. Menyehatkan Kulit

Vitamin C yang tinggi dalam buah srikaya dapat membantu meningkatkan produksi kolagen, protein yang penting untuk kesehatan kulit. Hal ini dapat membantu menjaga kulit tetap kencang dan mencegah penuaan dini.

Baca Juga: Cek 10 Manfaat Buah Nangka untuk Kesehatan Tubuh yang Menakjubkan

8. Sumber Antioksidan

Buah srikaya mengandung antioksidan seperti vitamin C, vitamin A, dan senyawa lainnya yang membantu melawan radikal bebas. Radikal bebas dapat merusak sel-sel tubuh dan dihubungkan dengan berbagai penyakit degeneratif.

9. Mendukung Pertumbuhan dan Perkembangan

Kandungan folat dalam buah srikaya sangat penting untuk pertumbuhan dan perkembangan sel-sel tubuh, terutama selama kehamilan. Folat juga berperan dalam mencegah kelainan pada janin.

Baca Juga: 7 Manfaat Pepaya Untuk Kesehatan Tubuh yang Luar Biasa, Sudah Tahu?

10. Meningkatkan Kesehatan Mata

Buah srikaya mengandung vitamin A, yang penting untuk kesehatan mata. Vitamin A membantu menjaga kejernihan penglihatan dan mencegah masalah mata seperti rabun senja.

Dengan berbagai manfaat kesehatan yang dimilikinya, buah srikaya dapat dianggap sebagai pilihan yang baik untuk dimasukkan ke dalam pola makan sehari-hari. Namun, sebaiknya selalu konsultasikan dengan profesional kesehatan atau ahli gizi untuk memastikan bahwa konsumsi buah srikaya sesuai dengan kebutuhan dan kondisi kesehatan individu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×